» » » Ayam Cincane, Kuliner Khas Samarinda

Hari ini kita akan mencoba sebuah resep baru yang cukup terkenal di daerah asalnya yaitu ayam cincane. Masakan ayam cincane ini merupakan salah satu menu spesial dalam acara tertentu di daerah Samarinda Kalimantan Timur. Agar tidak penasaran kita akan mengulas cara membuat masakan ayam tersebut.

Biasanya, kuliner ini dijadikan hidangan utama ketika masyarakat Samarinda menyelanggarakan pesta pernikahan atau acara menyambut tamu kehormatan. Ketika sedang berwisata kuliner ke kota Samarinda, menu ayam khas ini dapat dijumpai di beberapa kedai ataupun rumah makan.


Daging ayam kampung yang disajikan bersama bumbu berwarna kemerahan menjadi ciri khas tersendiri dari menu tersebut. Seperti apa kira-kira rasanya? Mungkin bisa ditebak kalau kita tahu berbagai rempah yang digunakan.

Tapi kita bukan untuk main tebak-tebakan ya. Kita ingin menyajikan sebuah menu masakan yang memiliki cita rasa khusus. Harapannya kita bisa merasakan sensasi wisata kuliner dengan resep masakan tersebut. 

A. Bahan dan Bumbu

Untuk dapat mencicipi rasa dari kuliner Samarinda ini tentunya kita harus datang langsung ke daerah asalnya atau kita dapat mencoba memasak menu khas daerah tersebut di dapur kita masing-masing. Jika berniat mencoba masakan ini mari langsung siapkan bahan dan bumbu yang dibutuhkan seperti pada daftar berikut!


Bahan Dasar

Ayam kampung, potong 4 bagian
Minyak
Jahe
Lengkuas
Daun salam
Serai, memarkan
Gula merah
Garam
Santan

1 ekor
3 sdm
3 cm
3 cm
2 lbr
2 btg
2 sdm
1 sdt
500 ml


Bahan Bumbu

Cabai merah
Bawang merah
Bawang putih
Terasi

12 bh
6 bh
4 siung
1 sdt



Kalau sudah siap dengan bahan dan bumbu-bumbu yang akan dipakai untuk memasak ayam cincane maka kita dapat langsung menuju dapur sehat kita dan mulai berkreasi dengan resep masakan Samarinda tersebut.

B. Cara Membuat Ayam Cincane Khas Samarinda

Kenikmatan kuliner ini dapat anda temukan mulai dari cicipan pertama. Daging ayam kampung dinilai terasa lebih gurih jika dibandingkan dengan daging ayam potong. Kuliner ini semakin terasa nikmat, ketika daging ayamnya bercampur dengan bumbu Cincane. Penasaran, langsung kita coba masak menu tersebut dengan panduan sebagai berikut:

  • Panaskan minyak, tumis bumbu yang sudah dihaluskan, daun salam dan serai, masak hingga harum dan matang.
  • Masukkan ayam, masak hingga ayam berubah warna, lalu tambahkan gula merah, dan garam, tuang santan, masak hingga santan mengering.
  • Masukkan ayam dalam pinggan tahan panas, panggang dalam oven panas 200 derajat Celcius, selama 30 menit. 
  • Angkat, hidangkan.

Di kota Samarinda, seporsi Ayam Cincane umumnya dihidangkan bersama dengan sepiring nasi putih. Sebagai pelengkap hidangan, menu ini dihidangkan bersama dengan sambal yang terbuat dari cabe merah, cabe rawit, tomat merah, serta garam.

Kuliner Khas Samarinda

Untuk menambah kenikmatan rasa, di dalam sambal itu juga diberi sedikit perasan air jeruk nipis. Itulah tadi resep masakan ayam cincane dari daerah Samarinda. Mudah-mudahan saja menu ayam ini bisa berkesan di lidah keluarga dan orang terkasih. Selamat mencoba ya.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post