» » » Daging Masak Hitam Khas Jambi

Resep Masakan Daging Masak Hitam Khas Jambi - Berbagai resep yang sudah dicoba tidak lengkap rasanya jika belum mencoba menu dari Jambi ini. Namanya daging masak hitam. Merupakan salah satu warisan kuliner nusantara yaitu dari daerah Jambi. 

Masakan ini terbuat dari bahan dasar daging sapi has luar. Sudah banyak dikenal, sudah banyak diminati dan tentunya sudah banyak yang mengerti cara membuatnya. Tapi belum semua, masih ada yang belum mencicipi kelezatan masakan ini.

Bagi kita yang belum pernah mencoba resep dari Jambi ini tentunya penasaran dengan jenis sajian yang satu ini. Namanya memang menggoda dan menarik perhatikan sebagian pecinta kuliner untuk mencicipinya. 

Pecinta kuliner nusantara yang penasaran sebaiknya jangan lewatkan informasi mengenai bagaimana membuat masakan tersebut. Mau ikutan berkreasi dan belajar memasak? Mari bersama gunakan resep ini di dapur kita.

A. Bahan dan Bumbu

Untuk yang ingin mencoba masakan ini dirumah atau untuk yang ingin berkreasi dengan resep ini berikut sudah disiapkan daftar bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam masakan ini. Silahkan siapkan langsung semuanya seperti terlihat di daftar.



Bahan Dasar dan Bumbu

Daging sapi has luar, potong-potong
Kelapa parut, sangrai, haluskan
Air
Bawang merah, iris tipis
Bawang putih, iris tipis
Jahe, parut
Minyak untuk menumis

500 gram
100 gram
900 ml
5 butir s
3 siung
2 cm
3 sm


Bumbu Halus

Kayu manis
Cengkih
Ketumbar
Merica butiran putih
Jintan, sangrai
Adas, sangrai
Pala bubuk
Pekak bubuk
Kecap manis
Kecap asin

2 cm
2 butir
1 sdt
½ sdt
½ sdt
¼ sdt
½ sdt
¼ sdt
5 sdt
4 sdt


Sekilas dilihat dari bahan dan bumbu yang digunakan, masakan ini tentunya memiliki rasa yang lezat dan layak untuk kita coba. Tidak perlu basa basi lagi langsung kita coba memasaknya dengan panduan yang ada.

B. Cara Membuat Daging Masak Hitam

Setelah siap dengan semua bahan dan bumbu yang dibutuhkan serta alat memasak yang akan digunakan kita dapat langsung memulai menyiapkan sajian ini. Untuk memasak masakan silahkan ikuti langkah-langkahnya sesuai dengan yang dijelaskan pada bagian bawah berikut ini.

  • Panaskan minyak, tumis bumbu halus, bawang merah, bawang putih, dan jahe sampai harum. 
  • Masukkan daging, aduk-aduk sampai daging berubah warna.
  • Masukkan kecap manis, kecap asin aduk rata. 
  • Tuangkan air, aduk rata, rebus sampai daging empuk.
  • Masukkan kelapa sangrai halus, aduk dan didihkan sekali lagi sampai semua bahan matang dan harum. 
  • Angkat, siap disajikan.

Dengan panduan cara memasak seperti ini saya rasa tidak ada yang sulit untuk menyajikan suatu hidangan lezat yang diidamkan. Bagi sobat yang belum terbiasa atau katakanlah tidak jago memasak maka dapat langsung mempraktekkan resep daging masak hitam di atas untuk memulainya. 


Jangan lupa untuk mencoba resep khas Jambi lainnya. Anda bisa berkreasi dengan menu-menu pilihan yang menarik. Ada banyak jenis masakan khas daerah yang bisa dihidangkan untuk keluarga di rumah. Itu saja, selamat mencoba!

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post