» » » Gulai Rebung Asam dari Bengkulu

Sajian Unik Gulai Rebung Asam dari Bengkulu - untuk sebagian orang, rebung merupakan salah satu bahan yang banyak digunakan sebagai bahan makanan. Salah satu masakan dari rebung yaitu gulai rebung yang akan kita bahas pada kreasi masakan kali ini. 

Bagi anda yang ingin menyajikan bahan rebung dalam masakan yang berbeda mari kita ikuti kreasi masakan khas daerah yang akan memberikan resep membuat masakan tersebut. Pemanfaatan rebung untuk bahan sayuran memang sudah dikenal lama.

Ada banyak variasi. Bisa dibuat sayur tumis dan bisa juga dimasak dengan kuah santan yang kental. Lalu, untuk masakan dari Bengkulu ini seperti apa ya? 

Untuk menu ini ada rebung segar yang akan diolah. Rebung tersebut akan dikombinasikan dengan bahan tambahan yaitu ikan bawal atau ikan kakap. Kedua bahan tersebut dimasak menggunakan bumbu rempah. 

Penasaran bukan? Menu ini bisa jadi pilihan untuk disajikan di rumah. Untuk rekan remaja putri, resep rebung ini juga bisa dijadikan bahan belajar memasak yang tidak terlalu sulit. Yuk yang mau ikutan!

A. Bahan dan Bumbu 

Bahan yang digunakan dalam sajian unik ini adalah sesuai dengan namanya yaitu umbi rebung yang masih muda. Selain rebung, masakan ini juga menggunakan ikan bawal atau kakap sebagai bahan tambahan. 

Bumbu yang digunakan tidak berbeda jauh dari masakan dari Bengkulu lainnya yaitu bumbu-bumbu rempah yang sudah banyak dikenal. Untuk bahan dan bumbu dapat kita siapkan seperti tertera pada daftar bahan dan bumbu masakan gulai rebung berikut ini.



Bahan Dasar

Rebung, potong korek api
Ikan bawal/kakap atau lainnya
Santan dari 1 btr kelapa
Jahe, memarkan
Lengkuas, memarkan
Daun salam
Serai
Daun bawang, potong 1 cm
Asam kandis
Petai

½ kg
½ kg
1 ltr
2 cm
2 cm
3 lbr
1 btg
2 btg
3 btr
1 papan


Bumbu Halus

Bawang putih
Bawang merah
Cabai keriting
Kunyit
Garam

3 siung
3 bh
7 bh
2 cm
1 sdm



Meski saya pribadi kurang menikmati masakan dengan petai, namun pada masakan yang satu ini petai memberikan aroma, rasa dan sensasi yang unik sayang untuk kita lewatkan. Karenanya banyak dari kita yang akan mencoba menyajikannya dengan panduan yang akan diberikan.

B. Cara Membuat Gulai Rebung Asam

Tidaklah sulit untuk dapat menyajikan sajian unik khas Bengkulu ini melalui dapur masing-masing. Yakin kita dapat memasaknya tanpa kendala yang berarti dengan panduan cara membuat yang sudah disiapkan berikut.

  • Rebus santan sambil diaduk hingga mendidih.
  • Masukkan bumbu halus dan bumbu yang dimemarkan.
  • Tambahkan ikan, masak sambil diaduk.
  • Masukkan rebung masam dan petai.
  • Setelah matang tambahkan daun bawang, aduk sebentar.
  • Angkat dan hidangkan.

Jika anda juga biasa menggunakan umbi rebung sebagai bahan makanan maka tidak ada salahnya mencoba resep gulai rebung sam dari Bengkulu ini sebagai resep alternatif ketika kita hendak menyuguhkan hidangan dari bahan dasar rebung. 


Dengan demikian, keluarga tercinta yang memang sangat menikmati masakan dari rebung ini akan lebih bersemangat lagi dalam menyantap menu rebung yang diolah dengan resep yang berbeda tentunya. Sampai disini saja ulasan kali ini, selamat mencoba!

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post