» » » Menu Spesial Cumi Cah Kangkung dari Jambi

Resep Masakan Cumi Cah Kangkung - Sobat kalau memasak cumi biasanya dimasak bagaimana, pernah masak cumi dengan campuran kangkung? Iya, seperti pada salah satu masakan dari daerah Jambi berikut. Masakan cumi juga bisa kita kreasikan dengan campuran kangkung. Bagaimanakah rasanya, sebaiknya sobat mencoba menyajikannya sendiri di rumah.

Sesuai dengan namanya, masakan khas Jambi ini memang terbuat dari bahan dasar cumi yang diberi sedikit bahan tambahan yaitu kangkung. Jenis masakan tumis ini dapat kita jadikan pilihan variasi saat kita ingin menyajikan menu cumi atau menu kangkung. Rasa cumi yang khas dan rasa kangkung yang gurih akan menyatu dalam menu ini apalagi dengan pilihan bumbu yang khusus.

Jadi, misalnya begini, anda memiliki sayuran kangkung dan bingung akan dimasak apa maka anda bisa memilih mencoba menu ini. Begitu juga jika anda bingung hendak memasak cumi dengan resep apa hari ini. Dengan mencoba resep baru maka anda bisa membuat selera makan keluarga anda bertambah. Ada beberapa pilihan menu yang bisa anda coba, misalnya sebagai berikut!

1) Tumis kangkung cumi
2) Resep tumis kangkung cumi asin
3) Cara memasak cah kangkung cumi
4) Cah kangkung cumi saus tiram
5) Cah kangkung cumi asin
6) Tumis kangkung campur cumi
7) Resep cah kangkung tauco
8) Cumi goreng tepung

Beberapa variasi di atas bisa menjadi pilihan anda jika anda kekurangan resep yang ingin dicoba selain resep yang ini. Lalu, bagaimana dengan rasa dari masakan tersebut? Masalah rasa tentu saja enak, dan yang terpenting tentu anda bisa menyesuaikan rasa tersebut dengan selera anda. Membuat masakan ini juga tidak begitu sulit, anda bisa mencobanya sendiri.

Bahan dan Bumbu Cumi Cah Kangkung

Pertama-tama, sebelum berbicara mengenai memasak maka lebih dulu kita bahas mengenai bahan dan juga bumbu masak yang dibutuhkan. Untuk menu ini bahan utamanya adalah cumi segar. Selain itu ada juga tambahan sedikit kangkung sebagai pemanis. Sedangkan untuk bumbu kita menggunakan beberapa bumbu antara lain kecap, margarin, minyak wijen dan beberapa bumbu dasar lainnya.

Jika anda ingin mencoba resep ini maka siapkan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menu ini sesuai yang tertera pada daftar di bawah. Daftar tersebut juga sudah memuat takaran bahan dan bumbu yang dibutuhkan. Daftar bahan dan bumbunya sebagai berikut!



Bahan Dasar dan Bumbu

Cumi segar
Bawang, haluskan
Kangkung, siangi
Margarin
Kecap ikan
Minyak wijen
Air
Garam

500 gr
3 siung
2 ikat
2 sdm
1 sdm
1 sdt
100 ml
1/2 sdt



Menu Spesial Cumi Cah Kangkung dari Jambi
Bahan Dasar Menu Spesial Cumi Cah Kangkung
dari daerah Jambi

Bahan yang tidak sulit untuk disiapkan dan bumbu yang tidak terlalu banyak tentunya akan memudahkan kita yang belum pernah memasak masakan daerah Jambi tersebut. Kalau sudah siap jangan lupa baca uraian selanjutnya untuk cara memasak sajian nusantara ini.

Cara Membuat Cumi Cah Kangkung dari Jambi

Tidak sulit, jadi anda tidak perlu takut jika ingin mencoba resep baru berikut. Setelah bahan-bahan yang dibutuhkan tersedia dan bumbunya juga sudah cukup kita akan langsung memulai menyiapkan menu spesial ini. Cara membuatnya silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Bersihkan cumi, potong-potong, gurat-gurat bagian dalamnya. 
  • Panaskan margarin, tumis bawang putih sampai harum.
  • Masukkan cumi, kecap ikan, minyak wijen, air, dan garam, aduk rata.
  • Masukkan kangkung, masak sebentar.
  • Angkat dan sajikan selagi hangat.

Pada saat pertama menyajikan masakan ini kami menggunakan resep aslinya dengan tujuan agar kami dapat merasakan cita rasa daerah Jambi yang di bawa dalam masakan ini. Selanjutnya seperti juga yang kami lakukan, sobat dapat sedikit berkreasi dengan resep yang ada untuk menghasilkan rasa akhir yang sesuai dengan lidah masing-masing.

Masih banyak resep-resep daerah lain yang akan terus diperbaharui pada blog ini jadi pastikan sobat juga mencoba menu-menu daerah Jambi lain yang tak kalah seru dan lezat. Sampai disini, sampai bertemu pada kreasi berikutnya.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post