» » » » Resep Gulai Kemba’ang, Masakan Tradisional Bengkulu

Masakan tradisional Bengkulu yang akan kita coba kali ini adalah resep gulai kemba’ang. Gulai yang asli dari daerah Bengkulu ini merupakan menu gulai dengan bahan utama iga sapi. Jadi bagi yang suka dengan masakan seperti ini mari kita coba memasaknya dengan panduan cara memasak yang akan dijelaskan disini.

Masakan ini rasanya sangat lezat dan nikmat, maka dari itu saya mengajak anda semua untuk ikut mencoba memasaknya di rumah.

Di keluarga saya, olahan dengan bahan dasar iga sapi seperti ini menjadi makanan kesukaan. Bahkan suami saya begitu lahap saat menyantap menu ini. Tentu saja hal pertama yang menjadi alasan adalah karena rasanya yang mantap.

Rasa dari gulai ini memang begitu kental dan khas bumbu yang digunakan. Daging pada iga sapi terasa begitu lembut dan bumbunya begitu meresap. Makanya, saya sering menyajikan gulai dengan resep gulai kemba'ang tersebut.

Bahn dan juga bumbu masak yang digunakan tidak begitu sulit untuk disiapkan. Bahan utama hanya terdiri dari iga sapi dan campuran berbagai bumbu rempah. Untuk bumbu halusnya juga menggnakan bumbu rempah khas Indonesia seperti misalnya bawang, lengkuas, kunyit dan juga jahe. Untuk memasak makanan ini juga tidak sulit.

Pertama kita tinggal siapkan bahan dan bumbunya, kemudian iga direbus terlebih dahulu. Setelah itu bumbu halus ditumis dan bahan dimasukkan lalu dimasak sampai matang. Pokoknya tidak sulit, bahkan untuk yang sedang belajar memasak sekalipun.

A. Bahan dan bumbu Gulai Kemba’ang

Seperti yang sudah saya sebutkan, bahan utama gulai spesial ini adalah iga sapi. Bahan lain tentunya berupa bahan bumbu rempah yang akan membuat masakan daerah ini menjadi istimewa. Bahan-bahan tersebut yaitu sebagai berikut:

Bahan dasar
  • 500 gram iga sapi, dipotong-potong
  • 2 lembar daun salam
  • 400 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 1 ikat (200 gram) daun pakis, disiangi
  • 5 lembar (100 gram) daun talas, direbus, diiris kasar
  • 2 sendok teh garam
  • 3 buah asam kandis
  • 3/4 sendok teh gula pasir
  • 100 gram kelapa parut, disangrai, dihaluskan
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis
Bahan bumbu halus
  • 8 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 4 buah cabai merah
  • 2 cm lengkuas
  • 2 cm kunyit
  • 2 cm jahe
  • 3/4 sendok teh ketumbar

Dalam membuat masakan ini kita juga menggunakan kelapa parut yang sudah disangrai. Selain itu ada juga daun talas yang direbus, asam kandis dan juga santan. Secara umum bahan dan bumbu tidak sulit untuk disiapkan.

Jadi jika ingin belajar memasaknya tidak perlu takut. Terlebih lagi jika menggunakan panduan yang ada pada resep gulai kemba'ang yang di bahas disini. 

Setelah siap dengan semua bahan dan bumbu maka kita bisa memasaknya menggunakan langkah-langkah yang akan diterangkan di bagian bawah. Yang terpenting, dalam membuat makanan ini sebaiknya diperhatikan benar penggunaan bahan iga sapi-nya. Pastikan iga sapi yang dimasak benar-benar masih segar dan kualitasnya baik.

    B. Cara Membuat Gulai Kemba’ang

    Gulai yang merupakan masakan spesial Bengkulu ini dapat kita buat dengan cara yang tidak sulit alias mudah. Cara membuat gulai kemba’ang ini yaitu seperti dijelaskan di bawah ini:

    1. Rebus iga sapi dengan 800 ml air sampai empuk. Saring 600 ml air kaldunya. Didihkan lagi
    2. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus dan daun salam sampai harum. Tuang ke rebusan iga.
    3. Tuang santan. Masak sampai mendidih dan matang.
    4. Masukkan daun pakis, daun talas, garam, asam kandis, gula pasir, dan kelapa sangrai. 
    5. Masak sampai matang. 
    6. Angkat dan hidangkan untuk 5 porsi

    Tidak sulit bukan untuk membuat makanan ini? Gulai Kemba’ang yang merupakan Masakan Tradisional Bengkulu ini memang banyak sekali digemari dan sudah banyak juga yang mencoba menu khas daerah Bengkulu tersebut. 

    Resep Gulai Kemba’ang, Masakan Tradisional Bengkulu
    Masakan Gulai Kemba'ang
    Supaya tidak ketinggalan maka silahkan sobat ikut mencoba menu khas ini bersama-sama. Siapa tahu bisa menjadi menu andalan untuk moment spesial di rumah. Selain itu anda juga bisa mencoba resep khas daerah lainnya. Silahkan dipilih saja ya.

    About Resep Masakan

    Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
    «
    Next
    Newer Post
    »
    Previous
    Older Post