» » » » Opor Sayur Asam Cincang Khas Bengkulu

Cara Memasak Opor Sayur Asam Cincang Khas Bengkulu - Masakan opor memang bukan salah satu masakan yang begitu disukai oleh admin, meskipun demikian opor sayur asam cincang khas Bengkulu tetap bisa dijadikan alternatif menu kejutan bagi keluarga tercinta di rumah.

Pada kesempatan ini kita akan mencoba bersama-sama untuk memasak opor sayur yang menjadi salah satu ciri khas masakan dari daerah Bengkulu. Kalau anda sudah pernah mencoba silahkan dilewati saja.

Masakan ini merupakan masakan yang terbuat dari banyak rempah bumbu sehingga kaya akan rasa. Tentu bagi kita yang hobi dengan jenis masakan berkuah bisa menjadi pilihan istimewa. Kan bisa dijadikan selingan.

Tidak sulit kok untuk bisa merasakan sensasi masakan ini. Tidak jauh berbeda dengan proses memasak yang biasa dilakukan. Untuk mengetahui bagaimana rasa masakan ini silahkan ikut mencobanya.

A. Bahan Dasar dan Bumbu Opor Sayur Asam Cincang

Dada ayam, wortel dan juga buncis merupakan bahan yang digunakan dalam masakan opor satu ini. Selain itu masakan ini tentunya juga menggunakan santan kelapa dan bumbu rempah. Bahan dan bumbu selengkapnya seperti berikut!


Bahan Dasar

Minyak goreng
Daun salam
Lengkuas
Serai, bagian putihnya, memarkan
Dada ayam, cincang
Wortel, potong panjang 2 cm
Santan encer dari ½ butir kelapa
Santan kental dari ½ butir kelapa
Buncis, potong 2 cm
Bawang goreng
Garam
Gula

3 sdm
3 lembar
4 cm
1 batang
300 gr
1 buah
500 ml
200 ml
50 gr
1 sdm
Secukupnya
Secukupnya


Bahan Bumbu

Bawang merah
Bawang putih
Ketumbar, sangrai
Jinten
Bubuk pala
Kemiri
Jahe
Merica butir

5 butir
3 siung
1 sdm
½ sendok teh
¼ sendok teh
4 butir
2 cm
½ sendok teh



Coba dicek lagi, apakah semua bahan dan bumbu-bumbu yang kita butuhkan untuk memasak masakan khas daerah Bengkulu tersebut sudah tersedia semua. Kalau belum segera lengkapi karena setelah ini kita akan langsung mulai menyiapkan menu spesial tersebut untuk orang tercinta kita.

B. Cara Memasak Opor Sayur Asam Cincang

Langsung saja kita mulai memasak menu kali ini dengan panduan cara membuatnya yang akan dipaparkan dibawah ini. Pastikan kita mengikuti langkah demi langkah dengan seksama dan teliti agar rasa akhir masakan ini tidak berbeda jauh dengan buatan orang Bengkulu asli. Cara memasaknya sebagai berikut!

  • Panaskan minyak, tumis bumbu halus daun salam, lengkuas, serai hingga harum.
  • Masukkan ayam cincang, aduk hingga ayam berubah warna.
  • Tambahkan wortel dan tuangi santan encer. 
  • Masak hingga mendidih sambil diberi garam dan gula.
  • Masukkan santan kental dan buncis, masak sambil diaduk hingga seluruh bahan matang.
  • Angkat, taburi bawang goreng, hidangkan. 
Cara Memasak Opor Sayur Asam Cincang Khas Bengkulu

Kalau sudah selesai segera hidangkan selagi hangat agar lebih nikmat. Sekedar mengingatkan saja, jangan lupa untuk mencoba masakan dari daerah ini yang lain yang juga sudah dibahas dalam blog masakan khas daerah ini. Agar lebih mantap pastikan sobat semua mencatat alamat blog ini untuk mendapatkan resep asli daerah lain yang dibahas. Sampai disini, selamat mencoba!

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post