» » Ikan Bakar Manokwari Masakan Khas Papua

Kalau Cuma menu ikan bakar biasa sudah bosan makanya kita coba resep ikan bakar Manokwari masakan khas Papua yuk. Resep-resep dari daerah lain pastinya akan menjadi sajian yang menarik bukan? Kalau mau ikutan nyoba, kita langsung saja menuju penjelasan cara membuat masakan ini.

Menu ikan bakar Manokwari ini merupakan menu yang terbuat dari bahan dasar ikan tongkol. Ya sesuai dengan namanya, ikan ini akan diolah dengan cara dibakar atau dipanggang. Bahan dan bumbu lainnya tidak banyak tetapi tentu saja rasanya akan lain dengan masakan ikan bakar lainnya.

Kalau melihat dari bumbunya, rasa masakan ini sepertinya biasa-biasa saja tetapi kalau kita terbiasa menyantap ikan mas bakar atau ikan lain dan belum pernah mencoba ikan tongkol bakar pastinya rasa dilidah akan memiliki sensasi yang berbeda. Kalau belum pernah nyoba bakar ikan ini pasti tidak tahu bagaimana lezatnya. Yaudah tidak perlu panjang dan lebar nanti keburu lapernya hilang, langsung saja siapin bahan dan bumbunya agar kita bisa segera menyiapkan hidangan dari Manokwari ini.



Bahan Dasar

Ikan tongkol
Air jeruk lemon
Garam

1 ekor (450 gram)
1 sdm
½ sdm


Bahan Bumbu Tumbuk

Bawang merah
Cabai rawit merah
Garam
Gula pasir

8 butir
8 butir
½ sdt
¼ sdt


Karena baru nyoba jadi kita siapkan saja satu ekor ikan tongkol sesuai pada daftar bahan dan bumbu yang ada di atas supaya cepat matang dan siap disantap. Karena bahan dan bumbunya sudah siap kita langsung saja menyiapkan masakan ini.

Untuk memasak ikan bakar khas papua pertama tama yang harus kita lakukan adalah menyiapkan bahan dan bumbunya. Setelah itu, bersihkan bahan dasar ikan dan bahan lain serta bumbu yang akan digunakan. Selanjutnya silahkan ikuti langkah membuatnya sebagai berikut:

  • Lumuri ikan tongkol dengan air jeruk lemon dan garam. 
  • Diamkan ±15 menit.
  • Bakar ikan tongkol sambil dibolak-balik sampai matang.
  • Angkat dan sajikan tongkol dengan taburan bumbu tumbuk.

Mudah dan cepat bukan untuk membuat menu ikan bakar kali ini, namanya juga ikan bakar jadi ya cara memasaknya tidak ribet dan memakan waktu yang lama. Kalau sudah siap langsung hidangkan saat masih hangat ya supaya rasanya lebih mantap. Jangan lupa dengan taburan bumbu tumbuk yang sudah disiapkan sebelumnya.

Kalau sudah jangan lupa untuk mencoba resep ikan lainnya yang juga tak kalah nikmat untuk disantap bersama orang-orang tercinta di rumah. Pastikan untuk kembali lagi besok karena masih ada banyak resep spesial lain yang akan dibagikan hanya di blog masakan khas daerah yang satu ini.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post