» » Coba Resep Ayam Goreng Kalasan Yogyakarta

Meski memasak menu sama tetapi kalau bumbunya berbeda tentunya rasa yang dihasilkan akan berbeda makanya kali ini kita coba resep ayam goreng kalasan Yogyakarta untuk alternatif menu masakan ayam goreng yang berbeda rasanya.

Masakan ayam goreng dari Jogja ini menggunakan ayam buras sebagai bahan dasarnya. Untuk bahan campuran lain digunakan jeruk nipis dan juga air kelapa. Selain itu, bumbu rempah seperti bawang, lengkuas dan juga merica dipakai sebagai bahan bumbu untuk menghasilkan rasa masakan yang nikmat. Seperti menu ayam goreng lainnya untuk memasak makanan ini tidak sulit yaitu pertama proses membumbui daging dan kedua proses penggorengan.

Bahan dan Bumbu Ayam Goreng Kalasan

Selain bahan dan bumbu yang sudah saya sebutkan di atas ada bahan dan bumbu-bumbu lain yang digunakan dalam masakan ini. Bahan dan bumbu tersebut disertakan lengkap dengan takarannya sebagai berikut.


Bahan Dasar

ayam buras, potong 4 bagian
air jeruk nipis
bawang putih
air kelapa
gula Jawa, sisir
kecap manis
daun salam
minyak goreng         

1 ekor
2 sdm
1 sdt
500 ml
50 gr
2 sdm
1 lembar
secukupnya


Bahan Dasar

bawang merah
bawang putih
lengkuas
merica butiran
garam

8 butir
4 siung
1 cm
½ sdt
1 sdt


Jika menginginkan rasa masakan yang sesuai selera kita dapat mengkreasikan bahan dan bumbu masakan ayam goreng ala Jogja tersebut sesuai dengan keinginan kita agar rasa yang dihasilkan sesuai dengan selera masing-masing. Atau kita dapat menggunakan bahan dan bumbu serta takaran yang telah diberikan di atas untuk mencoba rasa yang dihasilkan dari masakan khas Yogyakarta tersebut.

Cara Membuat Resep Ayam Goreng Kalasan Yogyakarta

Memang untuk membuat resep ayam goreng dimana-mana caranya tidaklah sulit, hanya beberapa langkah yang harus dilakukan sebelum kita dapat menghidangkannya. Untuk membuat masakan ini cara yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut.

  • Lumuri ayam dengan air jeruk nipis dan bawang putih hingga rata. 
  • Diamkan selama kurang lebih 1 jam.
  • Didihkan air kelapa bersama bumbu halus, daun salam, gula dan kecap manis.
  • Masukkan ayam, masak hingga kuah habis dan ayam lunak. 
  • Angkat dan tiriskan ayam hingga dingin.
  • Goreng dalam minyak panas dan banyak hingga kering.
  • Angkat, sajikan saat hangat

Kalau biasanya kita membuat ayam goreng tanpa menggunakan santan maka pada menu ini kita menggunakan santan dalam membumbui daging yang akan digoreng. Karena itulah menurut kami rasa dari ayam goreng kalasan ini lebih gurih jika dibanding dengan ayam goreng yang tidak menggunakan santan.

Sobat yang berasal dari daerah Yogyakarta mungkin sudah tidak terlalu heran dengan masakan ini namun bagi yang berasal dari luar Jogja maka menu yang satu ini dapat menjadi alternatif hidangan yang dapat dicoba. Untuk menu-menu Jogja lainnya silahkan lihat melalui label yang ada. Sekian, selamat mencoba.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post