» » » Masakan Rumpu Rampe Khas Daerah NTT

Bagi yang suka dengan masakan dengan bahan dasar bunga pepaya, jantung pisang dan daun umi harus mengikuti penjelasan resep masakan rumpu rampe khas daerah yang akan disampaikan. Disini, kita juga akan membahas lengkap mengenai bahan dan bumbu serta cara memasak atau membuat menu spesial NTT tersebut.

Perlu diketahui, masakan rumpu rampe adalah salah satu masakan khas daerah Nusa Tenggara Timur yang sudah banyak dikenal dikalangan pecinta kuliner nusantara. Masakan yang satu ini menyajikan beberapa bahan masakan dengan kombinasi dan campuran yang tak biasa dijumpai.

Untuk melepas keingintahuan kita mengenai bagaimana rasa resep masakan NTT ini pada update kali ini akan kita coba sajikan bagaimana cara memasak masakan ini lengkap dengan daftar bahan dan bumbu yang digunakan serta langkah-langlahnya. 

Jika berminat anda juga dapat melihat-lihat terlebih dahulu beberapa resep NTT sebelumnya seperti Membuat Sambal Lu’at dan Sambal Belimbing NTT, dan juga Lezatnya Sambal Ikan Teri Khas NTT.

A. Bahan dan Bumbu Rumpu Rampe

Seperti penjelasan dimuka, menu ini menggunakan daun pepaya sebagai bahan dasarnya. Untuk bahan-bahan lain silahkan siapkan seperti yang tertera pada daftar berikut bumbu-bumbu yang digunakan.


Bahan dan Bumbu

Bunga pepaya
Jantung pisang
Daun ubi
Buah pepaya muda
Udang rebon sangrai
Tomat ukuran sedang iris tipis
Cabe merah iris tipis
Cabe rawit iris tipis
Bawang merah, iris
Bawang putih, iris
Minyak goreng untuk menumis
Garam
Penyedap
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
500 gram
500 gram
500 gram
500 gram
100 gram
5 buah
10 buah
10 buah
5 siung
5 siung
5 sdm
Secukupnya
Secukupnya


Yang kurang suka dengan pedas dapat mengurangi komposisi cabai yang digunakan dan menggunakan cabai sesuai dengan takaran dan selera masing-masing. Dengan demikian lidah kita tidak akan terasa kaget menikmati masakan ini.

B. Cara Membuat Resep Masakan Rumpu Rampe Khas Daerah

Agar cepat tersaji di meja makan baik untuk makan malam, atau sarapan pagi mari langsung kita siapkan masakan ini dengan panduan cara membuatnya sebagai berikut.

  • Didihkan 3 liter air + 1 sdm garam + 2 sdm minyak goreng
  • Masukan bunga pepaya, daun ubi dan jantung pisang, sampai empuk
  • Masukkan juga buah pepaya terakhir saja karena lebih cepat empuk
  • Angkat dan tiriskan rebusan sayur tadi
  • Panaskan minyak goreng untuk menumis
  • Masukan irisan bawang merah dan putih
  • Setela harum dan kuning, masukan irisan tomat dan cabe merah
  • Masukan udang rebon sangrai
  • Kemudian masukan sayuran
  • Jangan lupa tambahkan garam dan penyedap sesuai selera
  • Angkat dan sajikan

Sebagai tambahan, jika tidak suka atau tidak memungkinkan untuk menggunakan udang rebon maka kita dapat menggantinya dengan terasi. Tapi perlu diingat bahwa dengan mengganti sebagian atau keseluruhan bahan tentunya akan mempengaruhi rasa akhir masakan yang dihasilkan. 

Resep Masakan Rumpu Rampe Khas Daerah

Jika menghendaki rasa sesuai seperti dari daerah aslinya maka bisa dicoba dengan takaran yang disarankan, namun kreasi menjadi privasi untuk menghidangkan berbagai resep sesuai selera.

Jangan lupa untuk terus menjadikan blog ini sebagai sumber inspirasi dalam mencari berbagai informasi resep dan menu masakan asli khas daerah di Indonesia. Terima kasih sudah berkenan mencoba masakan ini bersama-sama, selamat menikmati!

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post