» » » Mencicipi Resep Bakwan Khas Daerah Surabaya

Mencicipi Resep Bakwan Khas Daerah Surabaya. Bakwan merupakan makanan ringan yang sudah sangat terkenal dan banyak digemari untuk itu kali ini saya mengajak sobat semua untuk mencicipi resep bakwan khas daerah Surabaya sebagai salah satu pilihan cemilan di sore hari.

Ilustrasi

Bakwan khas Surabaya ini merupakan salah satu jenis bakwan yang dibuat dengan bahan yang berbeda dengan bakwan pada umumnya. Resep bakwan ini menggunakan daging sapi sebagai bahan utama dalam pembuatannya. 

Karena bahan tersebutlah masakan daerah yang satu ini begitu terasa spesial dan khas di lidah banyak orang. Jika sobat penasaran mari ikuti saya untuk mencicipi resep dari Surabaya tersebut dengan membuat menu ini sendiri di rumah.

A. Bahan dan bumbu 

Selain bahan utama yang sudah saya sebutkan sebelumnya dalam pembuatan masakan ini masih ada bahan-bahan lain yang juga spesial seperti misalnya mie basah dan juga bakso sapi. Untuk bahan-bahan dan juga bumbu selengkapnya mari siapkan seperti di bawah ini.


Bahan-Bahan

Daging sapi
Daun bawang, diiris halus
Seledri, diiris halus
Kulit pangsit (siap beli)
Mie basah
Bakso sapi
Kaldu ayam
Garam dan merica

:
:
:
:
:
:
:
:
200 gr
1 batang
1 batang
8 lembar
200 gr
6 buah
2 gelas
secukupnya


Bumbu Halus

Bawang merah
Bawang putih
Daun bawang, iris halus
Seledri, diiris-iris halus

:
:
:
:
6 butir
3 siung
1 batang
1 batang


Wajib deh ikutan mencoba menu yang satu ini. Apalagi kalau belum pernah mencicipi sebelumnya. Nah, Silahkan disiapkan dulu yang ada di daftar di atas ya. Setelah itu untuk prosesnya bisa langsung ke bawah. Ada panduannya kok.

B. Cara membuat resep bakwan Surabaya 

Agar cepat matang yuk langsung saja kita siapkan semuanya dan mulai memasak menu spesial teman ngopi dan minum teh tersebut dengan panduan langkah-langkah yang akan disertakan berikut.
  • Buat adonan daging (isi): Cincang sampai halus daging sapi bersama bawang merah, bawang putih, daun bawang dan daun seledri. 
  • Beri garam dan merica secukupnya lalu aduk agar merata. 
  • Ambil selembar kulit pangsit, taruh 1/2 sendok makan adonan daging isi diatasnya lalu bungkus dan rapatkan kulitnya ke atas. 
  • Lakukan hingga adonan daging dan kulit pangsit terpakai seluruhnya. 
  • Kemudian goreng bakwan dalam minyak pangas yang cukup sampai matang dan kecoklatan. 
  • Rebus baso sapi bersama kaldu ayam, beri garam dan merica secukupnya. 
  • Sebentar kemudian masukkan mie basah dan bakwan yang telah digoreng tadi. 
  • Hidangkan panas-panas dengan irisan daun bawang, seledri, dan taburkan bawang goreng serta sambal botol. 
Sekarang dengan selesainya masakan yang kita buat kita dapat mencicipi nikmatnya resep spesial Surabaya tersebut bersama keluarga tercinta. Biasanya resep bakwan tersebut paling sedap kalau disajikan dengan pecel spesial

Jangan lupa untuk mencoba menu dan juga jajanan daerah lain yang pastinya nikmat dan lezat. Terimakasih telah bergabung bersama saya, selamat menikmati. Semoga apa yang dibahas bisa menjadi tambahan referensi.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post