» » » » Resep Mie Bendo Goreng Kecap Khas Bantul

Mie Bendo, siapa yang tidak ingin mencicipi masakan mie yang enak? Masakan yang satu ini merupakan salah satu masakan yang cukup lezat dan banyak disukai. Nah, jika anda ingin mencoba menghidangkan sendiri menu tersebut maka anda harus mengikuti ulasan masakan khas Yogyajarta kali ini.

Karena, kita akan membahas bagaimana cara membuat masakan mie spesial tersebut secara detail dan jelas. Resep bendo goreng ini tidak kalah menantang jika dibandingkan dengan menu sambal goreng krecek yang sudah kita coba sebelumnya. Ingin merasakan gurihnya? Langsung kita masak saja yuk dengan panduan yang disiapkan di bawah ini.

Menu masakan mie bendo goreng ini merupakan salah satu variasi masakan mie yang khas dari daerah. Masakan ini memiliki cita rasa yang cukup lekat, lezat dan unik di lidah.

Bagi yang berasal dari daerah Bantul tentu saja sudah tidak asing dengan menu tersebut namun bagi yang lain tentu tidak boleh ketinggalan untuk mencobanya. Seperti apakah menu masakan tersebut? Tapi sebelum itu jangan lupa juga untuk melihat-lihat beberapa masakan lain seperti di bawah ini.

1) Mie goreng kecap bango
2) Mie goreng kecap manis
3) Resep mie goreng kecap
4) Resep mie goreng kecap pedas
5) Bumbu mie goreng kecap
6) Kreasi bento mie goreng
7) Kreasi mie goreng indomie

Masakan mie ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kreasi atau variasi masakan mie lain. Namun begitu, bahan dan bumbu yang digunakan dalam masakan ini lumayan lengkap sehingga mampu memberikan cita rasa yang lekat di lidah penikmat-nya.

Masakan ini menggunakan bahan dasar mie bendo kering dengan berbagai kombinasi dan bahan lainnya. Secara umum, untuk membuat masakan ini tidak sulit. Proses pengolahannya hampir sama dengan membuat mie lain.

A. Bahan-Bahan

Untuk menu olahan mie, masakan dari Bantul ini memiliki bahan dan bumbu yang cukup beragam mulai dari bahan dasar sampai bahan pelengkap atau bahan tambahannya. Nah, sebelum kita menuju dapur untuk memasak menu ini mari siapkan langsung bahan-bahan serta bumbu yang kita butuhkan seperti di bawah ini.
  • 150 gr mi bendo kering
  • 2 sdm minyak untuk menumis
  • 2 sdm irisan daun bawang
  • 3 siung bawang putih dicincang
  • 50 gr udang kupas diiris-iris
  • 50 gr daging ayam diiris-iris
  • 100 gr kol diiris-iris
  • 2 btr telur ayam, dibuat orak-arik
  • 1 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 3 sdm kecap manis
  • 1 sdt kecap asin

Bisa kita lihat, untuk membuat menu masakan khas daerah tersebut selain menggunakan mie bendo kita juga membutuhkan bahan tambahan lain. Bahan tambahan tersebut yaitu udang, daging ayam dan juga telur ayam. Dari sini maka wajar jika rasa masakan ini cukup lengkap.

Untuk bumbunya sendiri tidak banyak, yaitu antara lain menggunakan merica, daun bawang dan juga kecap. Bagaimana, sudah siap untuk mencoba membuat masakan tersebut? Siapkan bahan dan bumbunya dan ikuti langkah memasaknya di bawah ya.

    B. Cara Membuat Mie Bendo Goreng Kecap

    Di atas telah dikatakan bahwa untuk membuat masakan ini tidaklah sulit. Untuk yang belum pernah mencobanya sekalipun kita pasti bisa setelah satu dua kali mempelajarinya. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk cara membuat mie bendo kecap dari daerah bantul tersebut. Jangan lupa dibaca dulu ya biar tidak bingung saat mempraktekkan resep ini.
    1. Mie bendo direbus, beri 2 sdt minyak agar mi tidak lengket, rebus sampai mi berubah warna menjadi bening seperti sohun, angkat tiriskan, rendam dalam air dingin sebentar, angkat, tiriskan, sisihkan.
    2. Tumis dengan minyak daun bawang, bawang putih, udang dan ayam, masukkan kol, tumis sampai layu, diberi garam, merica, kecap manis, dan kecap asin, aduk rata, tuangi dengan 50 ml air, masak hingga mendidih
    3. Setelah mendidih masukkan mi bendo, aduk rata, angkat.
    4. Hidangkan segera untuk 2 porsi (1 porsi : 507 kalori) (Sumber: Kompas Minggu)

    Bagaimana, tidak sulit bukan untuk membuat menu masakan aneka mie tersebut? Ya, memang tidak sulit, anda bisa mencoba memasak menu ini jika suka. Lumayan, tambahan resep seperti ini bisa dijadikan referensi sekaligus koleksi resep rumahan yang bisa anda sajikan untuk keluarga tercinta.


    Sementara waktu itu dulu menu spesial kita kali ini. Lain waktu kita sambung dengan menu khas Jogja lain yang tak kalah menantang untuk dicoba. jangan lupa untuk terus berkunjung ke blog masakan khas daerah ini agar tidak ketinggalan resep-resep unik, nikmat, lezat dan terkenal yang dibahas disini.

    About Resep Masakan

    Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
    «
    Next
    Newer Post
    »
    Previous
    Older Post