» » » Cara Membuat Tongseng Kambing Khas dari Solo

Bagaimana Membuat Tongseng Kambing Khas Solo - Kali ini kita akan mengupas secara lengkap mengenai bagaimana membuat tongseng kambing khas Solo agar kita dapat mencobanya di rumah. Pada pembahasan akan kita ketahui apa saja bahan dan bumbu serta cara memasaknya dan jika diperlukan saran penyajian untuk masakan khas Solo tersebut.

Kalau anda adalah penggemar gulai maka saya rasa anda juga tidak asing dengan salah satu masakan dari Solo ini. Tongseng adalah salah satu masakan sejenis gulai dengan bumbu yang lebih pedas dan manis. Masakan khas ini dibuat dengan kuah yang kental dan tambahan kol serta tomat. Masakan tongseng dikenal merupakan masakan yang berasal dari daerah Solo Jawa Tengah.

Pokoknya, kalau berbicara mengenai menu makanan banyak yang tidak akan tahan untuk mencobanya, apalagi menu tersebut bukan berasal dari daerah sendiri. Daging kambing, kalau anda sangat suka dengan daging kambing mungkin patut mencoba resep ini.

Menu yang menggunakan bahan dasar daging kambing ini dipadukan dengan bahan lain serta bumbu rempah yang cukup lengkap. Cita rasa yang dihasilkan tentu saja memiliki khas tersendiri. Dari pada penasaran, kenapa tidak mencoba berkreasi di rumah dengan resep ini?

A. Bahan dan Bumbu Tongseng Kambing 

Masakan daerah memang memiliki keunikan tersendiri dari bahan-bahan dan bumbu yang digunakan. Selain itu masakan-masakan tersebut juga menjadi unik karena rasanya memang mewakili atau sesuai dengan daerah masing-masing sehingga jika orang dari daerah lain yang mencobanya akan merasakan sensasi rasa masakan yang berbeda. Hal ini tidak berbeda dengan masakan tongseng yang akan kita bahas.

Selain daging kambing tidak banyak bahan dan bumbu lain yang diperlukan untuk masakan daerah ini. Bahan-bahan masakan umum digunakan dalam masakan ini dengan takaran yang menjadikannya memiliki rasa khas. Bahan dan bumbu-bumbu tersebut seperti dalam daftar berikut!


Bahan-Bahan

Daging kambing, potong dadu besar
Kol, buang tulangnya, potong kasar
Cabai merah, iris tipis
Cabai rawit, atau sesuai selera, iris tipis
Tomat, potong kasar
Jahe, memarkan
Lengkuas, memarkan
Bawang putih, iris tipis
Bawang merah, iris tipis
Daun jeruk.
Kecap manis
Air
Minyak goreng
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
: : :

500 gram
200 gram
3 buah
4 buah
2 buah
1 cm
1 cm
1 siung
3 butir
2 lembar
5 sendok makan
1.5 liter
Secukupnya

Bumbu Yang Dihaluskan

Bawang putih
Bawang merah
Merica bubuk
Kunyit bubuk
Garam
Gula pasir
Jeruk nipis
Pelengkap

:
:
:
:
:
:
:
:
3 siung
5 butir
1 1/2 sendok teh
1/2 sendok teh
Secukupnya
Secukupnya
Secukupnya
Secukupnya

Untuk mendapatkan rasa yang sesuai dengan selera, kita dapat melakukan kreasi dengan bahan dan bumbu-bumbu yang ada dalam daftar tersebut. Dengan demikian, selain mencoba resep daerah kita juga dapat menciptakan variasi masakan baru untuk keluarga tercinta.


Menu yang satu ini nantinya kan bisa saja dijadikan salah satu alternatif untuk acara tertentu di rumah. Maksudnya, agar ada kejutan dan menu yang kita sajikan tidak itu-itu saja, kenapa tidak? Oleh karena itu, tidak rugi kalau kita mencoba membuatnya, benar tidak?

B. Cara Membuat Tongseng Kambing Khas Solo

Yang harus kita lakukan untuk membuat masakan ini adalah seperti yang tertera pada langkah-langkah mengenai bagaimana memasak masakan ini. Caranya yaitu:
  • Panaskan 2 sendok makan minyak, tumis bumbu halus, jahe, lengkuas dan daun jeruk hingga harum.
  • Masukkan daging kambing, masak hingga berubah warna.
  • Tuang air, masak hingga daging lunak.
  • Panaskan 2 sendok makan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Tambahkan kecap manis, cabai rawit, tomat dan kol, aduk rata. 
  • Tambahkan rebusan daging, didihkan kembali. 
  • Angkat. Sajikan hangat dengan pelengkapnya untuk 4 porsi 

Dalam membuat masakan ini disarankan untuk memilih daging kambing yang masih muda agar daging tersebut cepat lunak saat dimasak. Selain itu, untuk tomat pilihlah tomat yang tua namun masih keras sehingga saat dimasak tidak hancur. Atau anda juga dapat menyajikan dan mengkreasikan masakan ini sesuai dengan minat dan selera anda masing-masing.

Jangan lupa untuk menantikan masakan Solo lainnya hanya di blog ini. Semoga pembahasan mengenai "Bagaimana Membuat Tongseng Kambing Khas Solo" ini dapat berguna dan menambah referensi resep nusantara yang dapat kita sajikan.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post