» » » Resep Praktis Sambal Goreng Tempe

Butuh resep sederhana dan praktis? Resep sambal goreng tempe mungkin bisa jadi salah satu pilihan untuk bunda dan rekan remaja putri semua. Resep yang satu ini simpel dan mudah dibuat. Jadi cocok untuk waktu memasak yang terbatas.

Ilustrasi

Olahan tempe memang bisa menjadi salah satu alternatif menu mudah. Bahan dasar tempe mudah disiapkan dan tidak mahal. Oleh karena itu menu - menu olahan seperti ini cocok sekali untuk yang buru-buru. Bisa juga untuk pilihan sajian sederhana saat berbuka puasa.

Menu sambal tempe yang ini bisa dikombinasikan dengan tambahan bahan lain. Untuk memperkaya rasa dan juga menambah nilai gizi. Tambahan yang digunakan kali ini adalah udang. Jadi dua bahan utama yang digunakan adalah tempe dan udang.

A. Bahan - bahan

Sesuai namanya dan sudah disebutkan di atas, bahan utama masakan ini adalah tempe dan udang. Tempe kita gunakan sebanyak 350 gram. Untuk udangnya kita membutuhkan sebanyak sekitar 200 gram. Jadi lebih banyak tempe-nya ya.

Selain bahan utama tentu ada bumbu - bumbu. Untuk bumbunya kita menggunakan rempah yang biasa dipakai bumbu masak. Diantaranya yaitu ada bawang, cabai dan juga merica. Dan juga ditambah kecap manis dan garam. Jika suka bisa juga ditambahkan penyedap.

Bahan yang diperlukan: 
350 gram tempe 
200 gram udang basah/sesuai selera
1 gelas santan kental 

Bumbu yang diperlukan: 
6 butir bawang merah 
3 siung bawang putih 
3 buah cabai merah 
1/2 sendok teh merica bubuk 
kecap manis secukupnya 
garam secukupnya 

Namanya juga resep sederhana jadi ya bahan-bahan yang digunakan juga bisa dengan mudah disiapkan ya. Untuk yang mau mencoba menu ini silahkan siapkan dulu semua bahan - bahan yang dibutuhkan. Setelah itu silahkan ikuti prosesnya berikut!

B. Cara memasak

Tadi sudah disebutkan bahwa menu ini praktis dan mudah disiapkan. Jadi tidak akan menyita banyak waktu. Cara membuatnya pun mudah. Pasti rekan remaja putri yang baru belajar masak juga bisa dengan mudah menyiapkan sendiri.

  1. Tempe dipotong memanjang, goreng. Udang basah dibersihkan, goreng setengah matang. 
  2. Bawang merah, bawang putih, cabai merah, diiris tipis. 
  3. Tumis bumbu yang telah diiris. 
  4. Masukkan santan, kecap manis, aduk sampai rata, tunggu sampai mendidih.
  5. Masukkan tempe goreng, udang, merica, garam, aduk sampai rata. 
  6. Tunggu sampai bumbu meresap. Angkat dan sajikan
Tidak sulit. Rasanya juga mantap. Kalau bicara rasa tentu saja bisa disesuaikan dengan selera. Misalnya dalam menggunakan cabai. Atau dalam menggunakan tambahan penyedap. Pada resep sambal goreng tempe di atas kita tidak menggunakan penyedap ya.

Tapi kalau suka anda bisa menambahkan sendiri. Pokoknya, intinya kalau memasak itu adalah proses menghasilkan rasa yang sesuai selera. Selera kan tidak bisa dipaksakan. Misalnya ada yang suka pedas. Ada yang suka manis dan sebagainya. Silahkan disesuaikan ya. 

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post