» » » Resep Pancake Durian

Musim durian, jangan sampai lupa untuk membuat jenis kue yang satu ini. Kue yang satu ini memiliki cita rasa yang khas dan sangat cocok untuk kita yang gemar dengan buah durian. Apalagi sebagai teman santai bersama keluarga di rumah. 


Pancake durian ini juga bisa dijadikan salah satu alternatif untuk menu-menu berbuka loh. Apalagi kue yang satu ini sederhana dan cukup mudah dibuat. Rasanya yang mantap tentu juga bisa menjadi pilihan.

Karena proses pembuatannya yang cukup mudah maka rekan remaja putri yang sedang belajar membuat kue juga bisa memilih resep ini. Bahan-bahannya tidak terlalu banyak dan pembuatannya juga tidak sulit. Mau coba?

A. Bahan - bahan

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue ini ada dua macam. Yang pertama bahan kulit pancake dan yang kedua bahan isian. Bahan kulit antara lain menggunakan tepung terigu, susu cair dan juga tepung sagu. Ada juga margarin dan juga telur.

Untuk bahan isian kita akan menggunakan buah durian, krim kental dan juga gula tepung. Selain itu ada tambahan garamnya juga sedikit. Lebih jelas silahkan siapkan semua bahan yang dibutuhkan seperti pada daftar berikut!

Bahan Kulit Pancake 

  • 1 butir kuning telur 
  • 150gr tepung terigu, gunakan tepung terigu protein sedang 
  • 400ml susu cair
  • 1 sdm margarin, dilelehkan 
  • 1 sdm tepung sagu
  • 1/2 sdt garam
  • 15gr gula tepung
  • 10 tetes pewarna kuning tua

Bahan Isian 

  • 700gr daging durian
  • 1/4 sdt garam
  • 100ml krim kental, dikocok sampai mengembang 
  • 2 sdm gula tepung

Tidak banyak kan? Kalau mau coba membuat kue ini silahkan disiapkan dulu semua bahan di atas ya. Kalau sudah siap semua nanti prosesnya bisa mengikuti panduan dibagian bawah. Jangan lupa untuk menyiapkan bahan - bahan tersebut sesuai kebutuhan.

B. Cara membuat pancake durian 

Bagaimana caranya? Kalau melihat dari tampilannya sih sepertinya sulit? Jangan berkata sulit dulu kalau belum mencobanya. Tidak perlu bingung dan takut. Meski terlihat sulit tapi bukan berarti tidak bisa kan? Agar lebih mudah, silahkan ikuti proses pengolahannya seperti dijelaskan di bawah ini.

Kulit pancake 
  1. Tepung sagu, tepung terigu, gula tepung, dan garam di aduk hingga rata. 
  2. Masukan susu cair, margarin cair, kuning telur serta pewarna kuning tua. Aduk-aduk rata lagi. 
  3. Masukan 1 sendok sayur adonan kedalam wajan datar kecil berdiameter 12cm yang telah dipanaskan diatas api kecil terlebih dulu. 
  4. Lakukan sampai semua adonan habis. 

Isi pancake
  1. Krim kental, gula tepung, garam, bersama durian dikocok hingga rata. 
  2. Ambil 1 lmbar kulit dadar yang sudah dibuat tadi. 
  3. Beri isian pada tengah kulit. Dilipat sisi kanan juga kirinya dan dibentuk persegi. 
  4. Sajikan masih dingin lebih nikmat. 

Mudah dan sederhana sebenarnya kan? Ya, kalau kita belum pernah mencoba sendiri kadang memang sudah takut dulu. Tidak apa-apa yang penting sudah ada resep pancake durian untuk panduan di rumah. 

Oh iya, selain kue spesial ini masih ada banyak lagi kue-kue lain yang tak kalah seru nih. Bahkan diantaranya belum pernah di coba loh. Silahkan dicoba juga ya. Pilih dibagian bawah mana menu yang akan dicoba di rumah. Selamat berkuliner di rumah!

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post