» » » » » Resep Kue Gulung Kurma untuk Menu Berbuka Puasa

Buah kurma diolah menjadi kue, jadi penasaran bagaimana rasanya ya? Karena buah kurma maka identik dengan sajian ramadhan ya? Benar, kue gulung kurma ini bisa menjadi salah satu sajian yang bisa dipilih untuk menu berbuka puasa. Siapa mau belajar membuat kue ini?


Resep kue gulung kurma ini bisa dijadikan salah satu sajian untuk berbuka puasa. Untuk mengembalikan energi setelah seharian berpuasa memang banyak yang memanfaatkan sajian manis. Salah satu yang bisa dipilih adalah kue gulung.

Kalau belum pernah membuatnya tidak perlu takut. Kita akan belajar dan mencobanya bersama dengan panduan resep yang kita bahas ini. Bahan - bahannya apa saja, bagaimana cara membuatnya, nanti akan dipandu lebih jauh. 

A. Bahan-bahan 

Dilihat dari namanya, kue yang satu ini tentu akan menggunakan bahan dasar buah kurma. Seberapa banyak? Buah kurma yang kita butuhkan sekitar 100 gram. Selain itu kita juga membutuhkan selai nanas, susu cair dan juga gula.

Ada juga bahan lain seperti tepung terigu, tepung maizena dan juga telur. Apa saja bahan - bahan selengkapnya dan berapa takarannya? Lebih baik mulai kita siapkan sesuai daftar di bawah ini.

  • 100gram kurma, buang biji dan ratakan. 
  • 150gram selai nanas. 
  • 60 mililiter susu cair. 
  • 100 gram gula 
  • 50 gram tepung terigu. 
  • 15 gram tepung maizena. 
  • 3 butir telur. 
  • 1/2 sendok teh baking powder 
  • 1/2 sendok teh pasta pandan 
Tidak susah dong untuk menyiapkan semua bahan di atas? Bagi yang ingin membuat kue ini silahkan siapkan langsung semua bahan tersebut. Agar lebih mudah silahkan siapkan sesuai dengan takaran yang nanti dibutuhkan.

B. Cara membuat kue gulung kurma

Apakah ribet cara membuat kue ini? Tidak sih, tidak terlalu ribet kok. Lagi pula kan ada panduannya jadi tidak perlu khawatir. Rekan-rekan remaja putri yang baru mulai belajar membuat kue juga tidak perlu takut. Mari dicoba bersama-sama dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Pertama-tama, tepung terigu dan tepung maizena dicampurkan, ayak dan sisihkan. 
  2. Kocok telur, gula pasir, baking powder sampai mengembang. 
  3. Masukan campuran tepung, aduk perlahan, tambahkan susu sedikit demi sedikit. Aduk-aduk sampai rata. 
  4. Masukan pasta pandan, aduk hingga rata. 
  5. Tuang adonan ke dalam cetakan loyang persegi dengan kertas roti, olesi dengan margarin. 
  6. Kukus sampai matang lalu keluarkan dari cetakan. 
  7. Oles permukaan kue dengan selai nanas sampai halus. Masukan kurma secara acak dan gulung sampai padat. 
  8. Potong kue, hias sesuai selera. 
  9. Kue Gulung Kurma siap disajikan. 
Tidak sulit bukan? Ya, kalau baru pertama mungkin agak sulit tapi kalau diikuti langkah di atas tentu saja mudah. Silahkan dicoba resep kue kurma di atas. Masalah hasil bisa dievaluasi nanti setelah selesai.

Satu dua kali mungkin hasilnya kurang memenuhi harapan. Tapi jangan khawatir, kalau sudah dicoba nanti akan paham mana yang kurang pas dan mana yang sudah bagus. Silahkan dikembangkan ya. Jangan lupa beberapa resep lain sudah menanti.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post