» » » » Resep Kue Bolu Pisang

Mendekati musim puasa dan lebaran seperti ini banyak sekali persiapan yang bisa dilakukan. Apalagi kalau bicara mengenai bulan puasa. Banyak masakan yang harus disajikan. Bukan hanya masakan, jenis kue untuk kudapan pun demikian. Misalnya, untuk teman berbuka puasa bisa dipilih kue bolu pisang yang akan kita bahas sekarang. 


Sajian yang dipilih tidak hanya harus sehat tetapi yang enak dan lezat dan tentunya mengundang selera. Kue bolu yang satu ini merupakan satu variasi yang bisa dipilih. Karena menggunakan salah satu buah kaya manfaat yaitu pisang.

Bisa untuk sajian berbuka. Bisa juga untuk persiapan kue lebaran. Resepnya mudah kok. Tidak rumit dan pastinya bisa dicoba sendiri di rumah. Ada yang mau ikutan mencoba membuat kue bolu dari pisang ini?

A. Bahan kue bolu pisang

Yang mau ikutan segera merapat ya. Kita akan berikan resep kue bolu pisang ini untuk persiapan hidangan yang bisa dipilih. Kalau mau coba, apa saja yang harus disiapkan. Bahan kue ini apa saja? Supaya tidak ribet silahkan siapkan terlebih dahulu bahan kuenya di bawah ini.
  • 6 butir telur ambil kuningnya 
  • 125 gram gula pasir 
  • 1 sendok teh vanili 
  • garam secukupnya 
  • 6 buah pisang raja (kupas, haluskan) 
  • 75 gram tepung terigu 
  • 25 gram tepung maizena 
  • 1 sendok teh baking powder (tepung terigu, maizena dan baking powder diayak jadi satu) 
  • 150 cc santan 
  • 125 gram mentega (didihkan dengan santan) 
  • 75 gram kismis (belah dua) 
Ada telur,gula putih, vanili, garam dan juga tepung terigu. Bahan utama buah yang dipilih adalah buah pisang raja. Selain itu kita juga membutuhkan tepung maizena, baking powder, santan dan mentega.

Ada lagi 75 gram kismis yang kita butuhkan. Untuk yang ingin mencoba resep kue panggang ini silahkan disiapkan semua sesuai daftar di atas ya. Setelah itu nanti ikuti panduan proses pembuatannya dibagian bawah.

B. Cara membuat kue bolu pisang

Sulit tidak? Sama sekali tidak sulit. Tidak seperti membuat kue lebaran lain yang cetar. Yang ini tidak akan membuat kita stres deh. Paling kalau kurang pas bisa bantat dan kurang lembut. Yang penting coba saja dulu ya. Langkahnya sebagai berikut.
  1. Kocok telur, gula, vanili dan garam sampai kental dan berwarna putih 
  2. Masukkan pisang secara bergantian dengan tepung terigu dan santan yang telah dididihkan dengan margarin sedikit demi sedikit. Sambil aduk perlahan dan rata, masukkan kismis, aduk rata. 
  3. Olesi cetakan berdiameter 5 cm dengan mentega, dan isi dengan adonan, ratakan. 
  4. Panggang dalam oven panas, sampai matang, keluarkan dari cetakan, setelah dingin, hidangkan.
Ternyata mudah bukan? Iyalah, yang namanya membuat bolu ya tidak sesulit yang dibayangkan. Walaupun belum pernah mencobanya sama sekali asal mau belajar ya pasti bisa. Sekali dua kali hasil kue bolu pisang ini pasti akan memuaskan.

Nanti kalau sudah mahir dan paham tentu resep ini bisa dikreasikan dengan bahan lain sesuai kebutuhan. Kreatif aja, tidak ada salahnya kok mencoba sesuatu yang baru.

Yang penting semua bahannya sehat, diolah dengan cara yang higienis. Benar tidak? Ya sudah, silahkan dilanjut sampai selesai ya. Jangan lupa setelah itu coba juga kue lainnya! Ada banyak pilihan dibagian bawah.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post