» » » » Resep Es Teler Segar

Kelihatannya sederhana. Tapi kalau belum pernah membuat sendiri ada loh yang akhirnya bingung. Karena itu, kita bahas juga resep es teler yang segar berikut ini. Banyak yang sudah pernah minum es teler tapi belum pernah sama sekali membuatnya sendiri. Penting loh, apalagi bulan puasa. 


Es teler merupakan salah satu minuman khas dari Indonesia. Manis, gurih dan pastinya segar. Sangat cocok untuk dinikmati saat cuaca panas. Apalagi ketika musim bulan puasa. Cocok untuk berbuka. Setuju kan?

Iyalah. Makanya, dari pada harus tergantung pada penjual lebih baik kita belajar juga. Sesekali menyiapkannya sendiri di rumah kan lebih seru. Apalagi kalau dibuat sendiri kan lebih terjamin. Terjamin kebersihannya, jadi tidak takut dan was-was.

Menyantap sajian yang dibuat dengan tangan sendiri lebih baik loh. Untuk kesehatan dan untuk keuangan. Kalau masak atau buat sendiri pasti kita tidak akan ceroboh. Meski hanya membuat es sekalipun.

Selain itu, kalau di rumah kan resepnya juga bisa dikreasikan. Misalnya dengan menyesuaikan bahan yang akan digunakan dengan bahan yang tersedia. Hal seperti ini justru akan membuat kita bisa menikmati makanan yang lebih bervariasi.

Lalu, bagaimana cara membuatnya sih? Apa saja yang dibutuhkan untuk membuat es ini? Dari pada pensaran lebih baik langsung kita siapkan catatan. Kita coba bersama resep minuman segar ini bersama-sama. Yuk mulai!

A. Bahan - bahan

Mulai dari bahannya dulu ya? Kalau bicara mengenai bahan, kita membutuhkan beberapa bahan utama. Mulai dari buah alpukat kemudian nangka dan juga kelapa muda. Selain itu kita juga butuh buah kolang kaling.

Selain bahan tersebut ada juga bahan untuk sirupnya. Untuk sirupnya kita pakai gula dan juga air kelapa. Lebih jelas silahkan siapkan langsung bahan-bahannya sesuai daftar di bawah ini.

Bahan
1 buah avokad/alpukat, keruk dagingnya
10 biji nangka, iris tipis
1 buah kelapa muda, keruk dagingnya
15 biji kolang-kaling manis, iris tipis
500 ml sirup gula
Es serut secukupnya
susu kental manis secukupnya

Bahan sirup gula : (masak hingga mengental)
100 gram gula pasir
400 ml air kelapa (atau air biasa)

Hanya itu kok. Tidak sulit kan untuk menyiapkannya? Nah, bagi yang mau membuat es teler di rumah silahkan gunakan resep ini saja. Silahkan siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Setelah itu prosesnya seperti dijelaskan di bawah.

B. Cara membuat

Gampang, sekali belajar saja pasti akan bisa kok. Yang agak lama mungkin menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Kalau sudah selesai langsung bisa dimulai untuk membuat es segar ini. Langkahnya bagaimana, ikuti di bawah ini.

  1. Taruh dalam gelas, kelapa muda, avokad, nangka, dan kolang-kaling. tuangi sirup gula dan kucuri susu kental manis.
  2. Sajikan bersama es serut.
Minuman es paling mantap tentu disajikan saat panas, atau dalam kondisi gerah. Untuk es teler segar ini juga cocok untuk salah satu sajian berbuka. Untuk teman kudapan. Silahkan dicoba langsung ya. Resep es lainnya bisa dipilih dibagian akhir pembahasan ini. 

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post