» » » » Resep Es Pisang Ijo

Ada yang ingin tahu bagaimana cara membuat es pisang ijo? Wah, dengar kata "es" langsung semangat nih. Maklum, cuaca panas tentu akan sangat nikmat jika minum yang dingin. Yang jadi pilihan tentu aneka es. Yang ini juga bisa jadi solusi, untuk yang mencari minuman segar.


Konon, minuman yang satu ini merupakan salah satu minuman khas yang ada di kota Makasar.  Mungkin ada yang belum pernah mendengar namanya ya. Makanya kita secara khusus kita akan mencoba resep tersebut.

Sesuai dengan namanya, jenis minuman yang satu ini merupakan jenis minuman yang menggunakan bahan dasar buah pisang. Biasanya, yang paling umum dan yang disarankan adalah jenis pisang raja. Pisang sendiri kan memang merupakan salah satu jenis buah yang kaya kandungan. 

Selain disajikan saat cuaca panas, minuman es pisang ijo ini tentu akan cocok juga untuk sajikan ketika berpuasa di bulan ramadhan. Makanya, kan sebentar lagi bulan puasa, kita bisa mencoba resep ini untuk tambahan koleksi. 

A. Bahan-bahan

Sesuai dengan namanya, seperti yang sudah disebutkan di awal, minuman ini menggunakan bahan dasar pisang. Disini kita akan menggunakan enam buah pisang raja sebagai bahan utama. Selain pisang raja, kita juga membutuhkan tepung beras sebanyak 150 gram.

Ada juga santan, ada sirup warna, ada sagu dan juga ada tepung terigu. Selain bahan tersebut kita juga membutuhkan bahan lainnya. Untuk sausnya kita membutuhkan daun suji, daun pandan dan tentunya gula pasir. Lebih jelas silahkan siapkan sesuai daftar berikut!

Bahan utama
  • 6 buah pisang raja yang sudah matang
  • sirup warna merah (bisa rasa cocopandan, rose, atau yang lain)
  • es serut kasar secukupnya
  • 150 gr tepung beras
  • 80 ml gula pasir
  • 10 lbr daun pandan
  • 10 lbr daun suji
  • 50 gr sagu
  • 5 gr terigu
  • 200 ml santan
  • Garam secukupnya

Bahan Saus 
  • 10 lbr daun suji
  • 10 lbr daun pandan
  • 80 ml gula pasir
Sudah disiapkan bahan - bahan di atas? Kalau belum silahkan disiapkan dulu ya. Kalau masalah proses pembuatannya tidak sulit kok. Yang penting disiapkan dulu ya. Setelah itu baru ikuti panduannya di bagian bawah.

B. Cara membuat

Sulit tidak untuk membuat sajian ini? Pastinya tidak dong. Kita kan akan dipandu menggunakan resep ini. Dari bahan - bahan yang dibutuhkan sudah dijelaskan diawal. Untuk langkah atau proses pembuatannya bisa langsung mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan berikut!

  1. Kukus pisang raja sampai matang, angkat dan sisihkan
  2. Haluskan/blender daun pandan dan daun suji dengan 50 ml air. Saring airnya kemudian sisihkan 
  3. Campur tepung beras, tepung sagu, terigu, gula pasir, santan serta air daun pandan dan daun suji, aduk dan uleni sampai tercampur rata dan licin 
  4. Taruh pisang raja kukus di atas adonan kulit yang tadi di buat, tutup seluruh permukaan pisang raja kukus dengan menggunakan adonan kulit. 
  5. Kukus kembali pisang raja yang sudah terbungkus dengan adonan kulit sampai adonan kulit berwarna hijau tua 

Untuk saus es:
  1. Daun pandan yang telah diiris dengan 100 ml air campurkan kemudian diblender dan saring airnya 
  2. Campurkan air pandan dengan gula pasir dan tepung beras. 
  3. Parang diatas api kecil sambil diaduk-aduk sampai kental. 
  4. Angkat dan biarkan sampai hangat.
Yang namanya membuat es ya kurang lebih sama prosesnya. Dengan panduan resep di atas tentunya ibu - ibu dan rekan remaja putri yang ingin membuat minuman es pisang ijo di rumah tidak akan kesulitan.

Kalau sudah dicoba sekali atau dua kali nanti bisa dijadikan koleksi. Untuk buka puasa tuh, lumayan. Kan bisa diselang-seling dengan berbagai sajian yang biasa dibuat. Jadi kan tidak akan membuat bosan. Benar tidak? Ya sudah, silahkan dicoba dulu ya!

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post