» » » » » Kurma Mede Lapis Cokelat, Resep Buka Puasa

Menjelang bulan puasa harus mulai mempersiapkan diri. Khususnya untuk para ibu dan kaum remaja putri yang bertanggung jawab dengan segala hidangan yang akan disajikan di meja makan. Berbagai resep mulai dibuka. Termasuk juga resep makanan untuk menu berbuka puasa.


Kita juga tak mau ketinggalan dong. Kita tentu mulai memilah - milah apa yang trend di tahun ini. Masakan, minuman, kudapan berbagai macam sajian harus mulai dipikirkan. Persiapan seperti ini bagus untuk dilakukan. Agar tidak gagap. Tapi tidak dilakukan juga tidak apa-apa.

Kalau berpuasa, apapun tentu akan terasa nikmat. Apalagi kalau kita menjalaninya dengan khusuk. Untuk keluarga dan orang tercinta, kita berikan yang terbaik. Sajian untuk berbuka puasa pun demikian. Kita siapkan yang enak, lezat, bergizi dan tentunya mantap untuk dinikmati.

Kali ini kita akan mengajak ibu-ibu dan rekan remaja putri untuk mencoba satu jenis kue dengan bahan dasar kurma. Kurma mede lapis coklat, itu namanya. Cocok untuk dijadikan pilihan menu berbuka puasa. Ada yang mau?

A. Bahan yang dibutuhkan

Untuk membuat jenis kue yang satu ini tidak banyak yang dibutuhkan. Bahan utamanya yaitu kurma. Kita gunakan sebanyak tiga puluh biji saja. Ada juga kadang mede utuh. Sekitar 50 gram yang kita butuhkan. Lalu apa lagi, silahkan siapkan semua bahannya sebagai berikut.
  • 30 biji kurma
  • 150gr dark cooking chocolate leleh
  • 50gr  kacang mede utuh
  • 30gr white cooking chocolate leleh
Tidak banyak dan tidak ribet bukan? Rasanya mantap tapi bahan yang dibutuhkan sedikit. Tentu bisa dicoba di rumah. Secara garis besar ada tiga jenis bahan yang diperlukan. Ada kurma, yang kedua ada coklat dan kemudian ada kacang mede. Segera disiapkan ya!

B. Cara membuat 

Bentuknya bagus, tampilannya menarik lalu apakah proses pembuatannya sulit? Bagi yang belum pernah mencoba mungkin sedikit sulit. Tapi, sulit bukan berarti tidak bisa. Apalagi ini untuk sajian spesial yang tentunya dinantikan.

Yang belum pernah mencoba tidak perlu takut. Untuk membuat kue kurma yang satu ini tidaklah sulit. Pertama silahkan siapkan semua bahan yang dibutuhkan. Setelah itu silahkan ikuti langkah-langkah pembuatannya sebagai berikut.


  1. Pertama-tama, kacang mede dipanggang sampai warnanya berubah hingga sedikit kecoklatan. Kemudian angkat lalu dinginkan.
  2. Kemudian potong salah satu sisi bagian kurma, ingat jangan sampe putus. Biji kurmanya buang, lalu masukkan 1 biji kacang mede kedalamnya.
  3. Selanjutnya, kurma yang sudah diisi dengan kacang mede tadi dicelupkan dalam dark cooking chocolate yang sudah dilelehkan terlebih dulu, lalu angkat.
  4. Sekarang susun diatas baki serta kasih jarak sampai tak ada yang saling menempel, setelah itu dinginkan sampai mengeras cokelatnya.
  5. Nah sesudah mengeras, anda bisa hias memakai white cooking chocolate yang sudah dilelehkan.
  6. Sekarang dinginkan lagi sampai cokelatnya mengeras.
  7. Kurma mede lapis cokelat pun siap disajikan. 

Satu atau dua kali mungkin hasilnya tidak akan maksimal. Tapi tidak apa-apa. Mumpung masih ada kesempatan. Kalau dicoba sekarang kan nanti bisa disajikan di bulan puasa atau mungkin untuk sajian hari raya idul fitri. Benar tidak?

Maka dari itu selagi masih ada banyak kesempatan kita bisa mulai belajar. Akhir pekan, saat banyak keluarga yang ada di rumah mungkin waktu yang tepat untuk menyajikan hidangan spesial. Tidak usah banyak-banyak, sedikit saja dulu dan dilihat hasilnya seperti apa.

Karena tidak sulit pasti berhasil dong. Ya sudah, silahkan disiapkan dulu semua yang dibutuhkan. Nanti kalau sudah selesai dengan kue kurma yang ini bisa mencoba kue-kue lezat lain yang semua resepnya gratis. Hanya di sini ya!

    About Resep Masakan

    Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
    «
    Next
    Newer Post
    »
    Previous
    Older Post