» » » » Masakan Jawa, Ayam Suwir Pedas

Resep Masakan Jawa, Ayam Suwir Pedas – resep masakan Jawa memang sudah banyak di kenal dan diakui kelezatannya, begitu juga dengan jenis masakan berbahan dasar ayam yang satu ini. Cita rasa khas yang melekat dalam masakan ini memang sudah seperti candu yang membuat kita selalu ingin menyantapnya.

Wajar memang karena ayam suwir pedas ini memang sudah terkenal dari rasanya. Tentu saja semua rahasianya ada dalam rajikan bumbu yang sempurna dengan proses memasak yang ditangani ahlinya, cita rasa kental masakan seperti itu sudah pasti hanya ada dari daerah asalnya saja.

Sesuai dengan namanya, ayam suwir ini merupakan sebuah masakan yang menggunakan bahan dasar daging ayam yang di suwir kecil. Masakan ini menggunakan santan dan berbagai bumbu rempah lain sehingga rasanya begitu khas.

Yang membuat masakan ini lebih lezat adalah adanya terasi sebagai tambahan bumbu yang digunakan. Lalu bagaimana jika kita tidak atau belum berkesempatan datang ke daerah asalnya dan ingin ikut menikmati dan merasakan lezat masakan tradisional ini? 

Satu-satunya solusi adalah dengan belajar memasak sendiri menu masakan tersebut. Caranya bagaimana, yaitu dengan belajar resep masakan jawa ayam suwir pedas yang akan kita bagikan di bawah ini. Mau ikutan mencoba Resep Ayam Suwir tersebut?

A. Bahan dan bumbu

Sebelum mencoba memasak masakan ini kita bahas sedikit masalah bahan dan juga bumbu yang digunakan. Masakan ayam suwir ini menggunakan daging ayam yaitu daging dada ayam yang direbus lalu di suwir.

Selain daging tersebut tidak ada tambahan bahan lain kecuali bahan-bahan rempah untuk bumbu seperti misalnya santan, daun jeruk, serai, daun salam dan sebagainya.

Untuk bumbu-nya sendiri yaitu bumbu halus, masakan ini menggunakan cabai merah, bawang, dan juga gula jawa. Selain itu masakan ini juga menggunakan kencur dan juga tambahan satu sendok teh terasi.

Bumbu yang dihaluskan memang tidak terlalu banyak karena pada bahannya sendiri sudah banyak bumbu yang ditambahkan. Itulah sedikit mengenai bahan dan bumbunya, sekarang mari kita siapkan bahan dan bumbu yang dibutuhkan sesuai daftar berikut.

Bahan yang dibutuhkan
  • 2 buah dada ayam, rebus matang, di suwir kasar
  • 350 ml santan kental dari 1 butir kelapa
  • 5 lembar daun jeruk segar
  • 2 batang serai memarkan
  • 1 cm lengkuas memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sdm air asem jawa
  • 1 sdt garam dan 1/2 sdt merica bubuk
  • 4 sdm minyak goreng
Bumbu yang di haluskan 
  • 10 buah cabai merah
  • 10 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 sdm gula jwa, sisir
  • 2 cm kencur
  • 1 sdt terasi matang

Kalau ingin mencoba memasak masakan ini tidak perlu takut dan khawatir, karena bahan serta bumbu yang digunakan cukup mudah untuk disiapkan. Bahannya hanya satu, bumbunya didominasi dengan bumbu rempah yang sudah biasa kita gunakan dalam masakan kita sehari-hari. Jadi tidak perlu ribet dan susah menyiapkan segala sesuatunya.

B. Cara memasak ayam suwir
Sama seperti cara memasak masakan ayam lainnya, untuk membuat masakan ayam suwir ini tidak sulit bahkan untuk kita yang belum pernah membuatnya sekalipun. Pertama kita siapkan ayam suwir terlebih dahulu. Setelah itu kita tumis bumbu halus. Setelah tumisan harum lalu kita masukkan santan dan berbagai bahan serta bumbu yang sudah disiapkan sebelumnya. Tinggal di masak sampai bumbu mengering dan siap disajikan. Lebih jelasnya, berikut langkah memasak ayam suwir pedas tersebut!
  1. Rebus ayam terlebih dahulu hingga matang dan kemudian suwir – suwir halus.
  2. Kemudian panaskan minyak goreng, tumis bumbu yang dihaluskan sampai mengeluarkan bau harum.
  3. Masukkan santan, ayam suwir, daun jeruk, serai, lengkuas, salam, air asam, garam dan merica.
  4. Masak hingga bumbu mengering, angkat. Sajikan sebagai pelengkap nasi bungkus.

Dengan belajar Menu masakan Jawa Tengah ini maka kita berkesempatan menyajikan sendiri sebuah masakan tradisional enak untuk seluruh keluarga tercinta di rumah. Bisa untuk kejutan di hari spesial, benar tidak?

Resep Ayam Suwir Pedas

Dengan tamabahan satu variasi masakan ini maka mudah-mudahan seluruh keluarga akan lebih lahap lagi dalam menyantap setiap hidangan yang kita sajikan. Maka dari itu jangan lupa untuk mencatat alamat situs ini untuk mendapatkan berbagai menu lezat lain yang bisa kita coba di rumah.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post