» » » Resep Sayur Tumis Pepaya Muda

Sayur Tumis Pepaya Muda - Pepaya (jawa: gandol) adalah salah satu jenis tanaman buah yang juga masuk kategori sayuran. Pepaya biasanya bisa dijadikan sayur tumis. Khususnya buah pepaya yang masih muda. Yang ingin ide untuk sayur tumis, sayur gandol mungkin bisa jadi alternatif untuk disajikan.

Tumis pepaya bisa disajikan dengan beberapa kombinasi bahan. Salah satunya bisa juga dikombinasikan dengan udang. Dengan campuran udang tentunya sayur tumis bisa memiliki cita rasa yang khas dan berbeda dari lainnya.

Pepaya muda biasanya banyak tersedia di pasar tradisional, atau di supermarket. Yang tinggal di kampung mungkin tidak perlu membeli sayuran ini. Biasanya di kampung banyak yang menanam pepaya sebagai bahan sayuran.

Hari ini, secara khusus kami mengajak anda berkreasi dengan buah pepaya muda. Kita akan memasak sayur pepaya muda dan udang. Kita buat yang enak ya supaya bisa menjadi kejutan. Yang mau ikutan silahkan langsung merapat.

A) Bahan dan bumbu

Bahan utama untuk sayur ini adalah pepaya. Kita pilih yang muda, yang lebih lembut tekstur dagingnya. Selain bahan utama tersebut kita siapkan juga bahan campurannya ya. Kita menggunakan campuran udang segar.

Kira-kira perbandingan udangnya separuh atau satu pertiga juga boleh. Bisa disesuaikan saja agar tidak sulit untuk mencobanya. Selain dua bahan tersebut kita juga menggunakan bumbu rempah yang lumayan lengkap. Apa saja, mari langsung kita siapkan sesuai daftar.

500 gr pepaya muda, dipotong korek api
250 gr udang, kupas dan belah tengah 
8 siung bawang merah, rajang tipis
2 siung bawang putih, rajang tipis
5 buah cabe merah, potong miring
5 buah cabe hijau, potong miring
5 buah cabe rawit, potong miring
2 potong tipis lengkuas
1 sdt gula
3 sdm minyak goreng untuk menumis
150 ml air 
Garam secukupnya

Bisa dilihat, kita menggunakan beberapa jenis cabe yang berbeda. Cabai merah dan hijau dipilih untuk memberikan warna yang menarik pada masakan yang kita buat ini.

Untuk rasa pedas kita akan mengandalkan cabe rawitnya. Pokoknya disiapkan dulu bahan dan bumbu di atas ya. Nanti kalau sudah selesai masak kita bisa melihat dan merasakan bagaimana hasil kreasi sayur tumis ini.

B) Cara Memasak Sayur Tumis Pepaya Muda

Ah, kalau masalah sayur tumis sih tidak akan repot dan pusing ya. Paling kita perlu memperhatikan bahan dan bumbu apa saja yang dibutuhkan. Soalnya kalau bumbu kan mempengaruhi rasa akhir masakan tersebut.

Kalau memasak atau membuat tumis pepaya ini tidak sulit. Ya ditumis saja. Dioseng-oseng. Dari pada bingung atau penasaran lebih baik langsung kita praktek saja membuat menu sayur tersebut. Langkahnya sebagai berikut.


  1. Tumis bawang merah, bawang putih, lengkuas dan semua cabe sampai harum
  2. Masukkan pepaya, aduk rata, masukkan air, masak sampai mendidih
  3. Sekarang pepaya menjadi hampir masak, masukkan udang, gula dan garam, aduk lagi sampai matang
  4. Sajikan dengan nasi panas,

Selesai juga. Tidak ribet ya? Kalau hanya memasak sayur memang tidak terlalu sulit. Inti langkah atau prosesnya sudah bisa ditebak. Beda kalau kita mengolah ikan atau daging. 

Resep Sayur Tumis Pepaya Muda

Untuk kreasi selanjutnya anda bisa menggunakan resep sayur tumis pepaya ini sebagai dasar. Seperti saja sebutkan di awal masalah perbandingan bahan yang diolah. Selain itu kita bisa juga mengkombinasikan pepaya ini dengan jenis bahan sayuran lain.

Terserah, bisa disesuaikan dengan selera. Mudah-mudahan resep kali ini bisa menjadi tambahan refrensi untuk dapur cantik kita. Jangan lupa silahkan coba juga beberapa menu sayur tumis lain yang tak kalah seru.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post