» » » Menu Masakan Khas Daerah Jawa Timur Terlezat

Aneka Menu Masakan Jawa Timur Terlezat – untuk penggemar masakan nusantara pasti sudah tahu bahwa di Jawa Timur juga banyak terdapat berbagai masakan lezat dan enak. Maka dari itu, berburu kuliner enak memang tidak hanya di daerah sendiri atau di luar negeri saja, dari daerah lain pun banyak di jumpai berbagai masakan yang tak kalah dari segi rasa.

Meski kebanyakan dari kita akan mencoba untuk membuat sendiri berbagai masakan yang disukai namun berkunjung ke daerah asal akan memberikan kita kesempatan untuk menikmat kuliner asli dari daerah tersebut. 

Salah satu tujuan wisata kuliner yang banyak digemari oleh pecinta masakan adalah daerah Jawa Timur. Daerah ini memiliki banyak masakan-masakan dengan cita rasa yang khas dan layak untuk kita coba.

Nah, di bawah ini ada beberapa menu yang wajib anda coba ketika kita datang ke Jawa Timur. Beberapa masakan berikut telah dikenal di banyak daerah karena itu akan rugi jika kita tidak ikut merasakan sensasi kelezatan masakan tradisional Jawa Timur tersebut.

A. Masakan Soto Kediri

Salah satu yang menjadi primadona masakan di Kediri adalah sotonya. Pernah mencicipi soto khas daerah tersebut? Ya, rasa dari Soto Kediri ini tentu berbeda dengan soto lainnya. Rasa yang khas dari masakan daerah ini membuat Soto Kediri ini begitu nikmat ketika di santap langsung di daerahnya. Jika kita berkunjung ke kota ini maka jangan sampai lupa untuk mencicipi lezatnya sajian khas daerah yang satu ini.

Soto ini merupakan salah satu jenis soto dengan kuah yang cukup kental dengan bahan dan bumbu. Rasanya begitu lekat di lidah dan khas sekali. Yang membuat rasa dari masakan ini spesial adalah terdapat pada penggunaan ayam kampung sebagai bahan utama.


Untuk menghasilkan cita rasa yang gurih soto ini menggunakan santan kental dengan paduan bumbu rempah umum. Selain itu soto ini juga menggunakan telur rebus, tauge dan beberapa bahan lain. Jika tidak dapat berkunjung ke Kediri dan ingin mencoba masakan ini kita bisa menyajikannya sendiri dengan panduan resep soto kediri yang sudah disiapkan.

B. Masakan Bakso Malang

Berkunjung ke Malang tidak boleh lupa untuk mencoba masakan yang satu ini. Ya, Bakso Malang adalah salah satu sajian kuliner yang sudah cukup terkenal dimana-mana karena rasanya. Bakso ini berbeda dengan bakso lainnya karena pangsit yang selalu berada pada semangkuk bakso ini selalu membuat perut kita ingin menikmati bakso malang yang segar dan nikmat khas kota Malang tersebut.

Letak keunikan dan cita rasa yang berbeda dari bakso ini memang terletak pada penggunaan kulit pangsit yang krispi dan kremes.


Tentu saja adanya pangsit tersebut benar-benar membuat rasa soto ini begitu spesial. Di berbagai wilayah lain di Indonesia pun sudah banyak yang jual masakan daerah ini karena memang bakso malang sudah tersohor. 

C. Ayam Panggang Bumbu Rujak

Dilihat dari namanya mungkin kita akan langsung tertarik dan penasaran untuk mencoba masakan Jawa Timur ini. Ayam yang dipanggang dengan bumbu rujak yang meresap ke dalam ayam. Bisa dibayangkan bagaimana lezatnya.

Cita rasa khas membuat para pengunjung dan penggemar kuliner ayam bisa ketagihan dan tidak melewatkan kuliner khas Jawa Timur ini. Masakan ini pasti akan memberikan kesan tersendiri apalagi bagi kita yang memang hobi dengan jenis masakan ayam panggang.

Rasa masakan ini begitu kental dan meresap membuat sajian tersebut memang cukup layak untuk kita coba saat berkunjung ke jawa.


Namun begitu jika tidak sempat jalan-jalan tentu kita bisa belajar menyiapkan menu tersebut di rumah. Caranya yaitu dengan mempelajari panduan memasaknya melalui resep ayam panggang bumbu rujak yang sudah disiapkan.

C. Masakan Tahu Kuah Lamongan

Kuliner khas Lamongan ini cukup unik jika dilihat dari namanya, kombinasi antara tahu, daging dan kuah kaldu yang segar membuat kuliner khas jawa timur, Lamongan ini sangat banyak digemari para kuliner nusantara.


Jika berkunjung ke kota Lamongan maka jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba tahu kuah tersebut, enak kok. Pastinya yang namanya berwisata kuliner kan bisa mencicipi berbagai menu khas yang memiliki cita rasa daerah, benar tidak?

D. Masakan Rawon

Masakan berkuah yang sedap, segar dan nikmat menjadi salah satu pilihan para kuliner nusantara yang sedang berkunjung di Jawa Timur. Kombinasi tauge, sayuran hijau, telur, daging dan kuah terasa pas dan nikmat ketika disantap saat hangat. Tentu ini menjadi salah satu kuliner yang tidak boleh dilewatkan oleh para pecinta kuliner nusantara.

Dari sekian banyak masakan di atas mana yang paling di sukai? Tentu saja akansangat tergantung pada selera amsing-masing. Yang jelas jika kita tidak sedang berkunjung ke sana. Kita hanya ingin menikmati sensai berbagai kuliner nusantara di atas.

menu masakan jawa timur terlezat

Maka dari itu kita bisa menyajikan sendiri dengan cara belajar Resep Masakan Jawa Timur yang ada di sini. Sudah ada banyak resep untuk masakan-masakan khas yang berasal dari daerah Jawa Timur, jadi jika berminat kita bisa langsung mencoba menyajikannya di rumah. Tunggu apalagi?

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post