» » Resep Masakan Sambal Goreng Hati

Hati juga merupakan salah satu jenis bahan masakan yang banyak digemari. Jeroan hati ini paling banyak diolah menjadi masakan pedas dengan paduan rasa yang kuat. Salah satu yang biasa kita temui untuk masakan bahan dasar hati adalah masakan sambal goreng hati.

Masakan ini bisa menjadi menu pelengkap pendamping nasi. Karena banyak yang suka dengan masakan seperti ini maka hari ini kita akan menyajikan sebuah olahan hati menjadi sebuah masakan yang cukup bisa disukai oleh keluarga kita di rumah.

Sambal hati ini biasanya yang paling sering kita buat adalah dengan memadukan bahan jeroan dalam satu masakan. Contohnya kita membuat sambal jeroan dengan bahan jeroan misalnya hati sapi, usus dan lain sebagainya. Berbeda dengan masakan yang akan kita buat kali ini dimana Resep Sambal Goreng Hati ini sesuai namanya hanya akan menggunakan jeroan hati sebagai bahan dasarnya.

Tentu saja bukan itu saja yang akan kita gunakan. Dalam masakan sambal ini kita juga akan menggunakan bahan tambahan lain yaitu menggunakan jamur merang. Sudah pernah memasak hati sapi dengan jamur merang? Kalau belum berarti anda harus ikut mencoba bersama-sama membuat masakan khas yang satu ini menggunakan panduan yang akan segera dibahas.

Bagi yang belum pernah mencoba memasak ini tidak perlu takut karena masakan ini membuatnya tidak sulit. Pada prinsipnya hanya kita tumis atau sama seperti kita buat tumisan dengan bumbu yang sedikit pedas. Supaya tidak penasaran dan hanya bertanya-tanya saja mari kita coba langsung untuk memasak sambal hati berikut.

A. Bahan dan Bumbu Sambal Goreng Hati

Di atas telah di singgung bahwa masakan ini hanya menggunakan dua bahan utama yaitu hati sapi segar dan jamur merang. Untuk masakan ini kita akan mencoba memasak 600 gram hati sapi dengan tambahan 350 gram jamur kerang. Supaya cepat mari kita siapkan langsung bahan dan juga berbagai bumbu sambal yang kita butuhkan sesuai pada daftar di bawah ini.

Bahan yang diperlukan:
  • 600 gram hati sapi
  • 350 gram jamur merang
Bumbu yang diperlukan:
  • 2 buah paprika hijau (belah dua)
  • 6 buah cabai merah
  • 10 buah bawang merah
  • minyak goreng dan garam secukupnya
  • kecap manis secukupnya

B. Cara Membuat Masakan Sambal Goreng Hati

Di atas kita sudah siapkan bahan dan juga bumbunya. Karena artikel ini adalah panduan sesuai judulnya maka kita akan membahas juga bagaimana membuat atau memasak sambal ati tersebut. Resep Masakan Sambal Goreng Hati bisa kita ikuti sebagai panduan untuk kita yang baru saja belajar masak dan atau untuk kita yang ingin mendapatkan referensi menu atau resep tambahan untuk kebutuhan sajian sehari-hari.

Bagaimana cara memasak masakan ini? Pertama tentu kita siapkan semua bahan dan bumbu yang dibutuhkan. Setelah semuanya siap langkah selanjutnya adalah membersihkan bahan dan bumbu tersebut. Setelah itu kita rebus 600 gram hati sapi tersebut sampai matang. Setelah matang kita potong kotak, jangan terlalu besar atau bisa juga dipotong sesuai selera. 

Setelah itu bumbu kita haluskan kemudian kita tumis sampai harum. Setelah bumbu siap selanjutnya kita masukkan hati yang sudah kita rebus tadi. Terakhir kita tinggal aduk dan menambahkan beberapa bumbu masak lainnya.


Cukup mudah bukan, bahkan untuk kita yang belum pernah mencoba memasak masakan ini pun pasti tidak akan mengalami kesulitan yang berarti. Supaya tidak bingung kita bisa mengikuti panduan langkah demi langkah di bawah ini.
  1. Rebus hati potong kotak-kotak.
  2. Bawang merah, bawang putih dan cabai merah dihaluskan, tumis sampai harum.
  3. Masukkan hati, garam, kecap manis, paprika hijau, aduk sampai rata, tunggu sampai matang angkat.

Dengan mencoba membuat masakan ini tentu saja kita memiliki tambahan menu lagi yang bisa kita sajikan untuk keluarga di rumah. Setelah satu dua kali mencoba masakan ini tentu kita bisa berkreasi dan melakukan sedikit penyesuaian dari Resep Masakan Sambal Goreng Hati ini untuk dapat menghasilkan sebuah masakan yang lebih sesuai dengan selera lidah kita masing-masing. Itu saja, jangan lupa coba juga beberapa resep lain di bagian bawah.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post