» » » Bubur Ayam Telur Asin Enak dan Mudah Dibuat

Bosan dengan sajian telur yang itu- itu aja sekarang waktunya kita bereksperimen dengan makanan berbahan telur yaitu bubur ayam telur asin. Yang pastinya enak banget untuk dinikmati di pagi hari tentunya untuk sarapan. Timbang penasaran langsung kita coba buat yukss. Anda bisa mengikuti panduan langkah-langkahnya sesuai pada uraian yang akan diberikan.

Menu bubur ayam memang menjadi salah satu menu sarapan yang banyak di nikmati, bisa anda lihat di berbagai kota besar biasanya jika pagi hari banyak dijual bubur ayam. Lalu apa yang istimewa dari menu bubur yang satu ini? Ya, seperti terlihat dari judulnya, variasi masakan ini menjadi istimewa dengan paduan telur asin sebagai bahan tambahan. Lebih dari itu masakan ini tidak jauh berbeda dengan aneka bubur lainnya.

Bahan Bubur Ayam Telur Asin Enak

Persiapan awal tentu akan menyiapkan seputar peralatan dapur yang akan digunakan. Kalau masalah peralatan ini tidak ada persiapan khusus selain menyiapkan semua perabotan yang benar-benar bersih. Sudah tahu semua kan alat untuk membuat bubur?

Setelah masalah peralatan dapur, untuk pertama-tama kita siapkan bahan-bahan dasarnya terlebih dahulu  supaya mempermudah kita dalam membuatnya. Bahan-bahan yang kita gunakan dalam membuat bubur telur asin ini tidak susah-susah amat kok seperti yang tertulis dibawah ini:

Untuk Bubur
250 gr beras
1 ltr air + 1 ltr air atau lebih tergantung berasnya
2 sdt garam
2 sdm minyak
1 cm jahe yang dimemarkan

Untuk isi
250 gr daging paha ayam, cincang kasar
3 siung bawang putih, cincang halus
2 - 3 sdm kecap asin
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt minyak wijen
3 sdm minyak goreng untuk menumis
2 butir telur asin, rebus dan dan potong dadu

Pelengkap 
Bawang merah goreng  
Bawang putih goreng
Daun bawang
Sambal

Untuk bahan dan bumbu tidak ada persiapan khusus, hanya satu hal yang perlu diperhatikan yaitu dalam pemilihan daging ayam yang akan digunakan. Anda harus memastikan untuk menggunakan daging yang segar, selain itu anda bisa menggunakan daging ayam kampung yang rasanya lebih gurih. Bahan-bahan yang harus disiapkan di atas bisa anda cari di pasar tradisional atau pun tempat lain yang menyediakan berbagai bahan bumbu masakan. 

Cara Membuat Bubur Ayam Telur Asin 

Kalau bahan- bahan diatas sudah disiapkan semua sekarang waktunya pembuatan, teman- teman yang pertama kita lakukan adalah:
  1. Rendam beras dengan 1 L air, garam dan minyak selama minimal 4 jam atau lebih baik 1 malam, agar hasil lebih lembut dan memasak dengan waktu lebih cepat
  2. kemudian kita Masak beras bersama rendaman airnya tambah jahe dengan api sedang, aduk terus sampai air mulai berkurang, 
  3. Sementara itu, tumis bawang putih sampai harum, masukkan ayam cincang, aduk-aduk masukkan merica dan kecap asin, lanjutkan memasak sampai ayam matang, masukkan minyak wijen. Aduk dan matikan api. Sisihkan
  4. Tambahkan 1 L air, lanjutkan memasak sampai beras menjadi lembut dan didapat kekentalan yang diinginkan. Tambahkah air panas jika masih terlalu kental 
  5. Masukkan ayam aduk rata, masukkan telur asin potong aduk lagi dan segera sajikan selagi panas, taburi bahan pelengkap jika suka. 
Bubur Ayam Telur Asin Enak dan Mudah Dibuat

Sekian kiranya informasi yang dapat saya sampaikan mengenai resep cara membuat bubur telur asin ketimbang anda penasaran silahkan anda dapat mencobanya sendiri di rumah dan jangan lupa jelajah terus resep-resep masakan yang lain, berbeda dan terbaru untuk tiap harinya tentunya hanya disini. Sekian terimakasih sampai jumpa.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post