» » » Sambal Aceh yang Mudah dan Mantap

Resep Sambal Aceh Yang Mudah dan Mantap - Orang kita kalau sama yang namanya sambal pasti jago-jago makanya tidak heran kalau di daerah-daerah ada resep sambal khas yang memiliki cita rasa spesial sesuai asalnya. Tak ada sambal-nya maka tak mantap, begitulah kalau sudah terbiasa dengan sambal pedas.

Bagaimana dengan anda, apakah anda juga salah satu yang biasa menyantap makanan dengan sambal? Admin sendiri merupakan salah satu yang tak bisa lepas dan jauh-jauh dari yang namanya sambel cabe rawit ini.

Banyak sekali masakan yang pada akhirnya harus berlumur sambal saat masuk mulut. Memuaskan rasa penasaran dengan berbagai resep lokal khususnya aneka sambal nusantara maka hari ini akan kita coba buat sebuah resep sambal khas daerah yang berasal dari daerah Aceh.

Untuk anda semua penggemar sambal, jangan sampai melewatkan panduan masak pada pembahasan kali ini karena apa yang akan kita siapkan ini akan membuat hidangan yang tersaji menjadi lebih ramai dan lebih mantap. Mau ikutan membuat sambal Aceh?

A. Bahan dan Bumbu 

Tentu cabe atau cabai adalah bahan utama dalam pembuatan satu masakan pelengkap ini, tapi bagaimana dengan bahan lainnya, apa saja? Tidak perlu bertanya-tanya, disini akan dibahas lengkap mulai dari informasi seputar bahan pembuatan sambal sampai pada proses memasaknya.

Kalau anda sudah sedari tadi ingin ikutan dan belajar Cara Membuat Sambal Aceh ini maka silahkan catat bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal spesial ini. Bahan-bahannya sesuai pada daftar di bawah ini.

Bahan - bahan
250 gr Cabe Rawit hijau
100 gr gula pasir
30 ml cuka (saya memakai cuka apel) atau secukupnya
100 gr bawang putih
100 ml air
100 ml kecap asin

Tenang, anda bisa melakukan modifikasi terhadap bahan di atas tentunya jika anda sudah mencoba resep asli-nya terlebih dahulu. Kreasi akan menghasilkan sebuah menu masakan yang lebih lekat di hati dan lidah anda sekalian, anda bisa ingat itu.

B. Cara Memasak Sambal Aceh

Untuk membuat masakan pendamping ini, seperti juga dalam pembuatan sambal lainnya tidaklah sulit. Kita tinggal menghaluskan bahannya dan memasaknya. Tapi, jika anda ingin membuat sambal yang mantap abis, coba ikuti langkah-langkah untuk memasak sambal aceh berikut ini.

  1. Blender cabe rawit dan bawang putih dengan air, sampai halus
  2. Masak bersama-sama semua bahan dan cabe giling dengan api sedang sampai mendidih, kemudian lanjutkan memasak dengan (aduk sekali-sekali) api kecil selama beberapa sekurangnya 15 menit agar saus cabe ini lebih tahan lama.
  3. Dinginkan saus cabe masukkan dalam botol atau wadah lain, simpan dalam kulkas, siap digunakan bila diperlukan
Sangat mudah, tidak jauh beda dengan membuat sambal dari daerah lain bukan? Meski begitu anda bisa mencoba membuat sambal ini sebagai variasi sambal yang sering anda hidangkan untuk keluarga anda di rumah.

Sambal ini bisa anda sajikan sebagai pelengkap berbagai menu kesukaan, mulai dari masakan berkuah yang rasanya tidak terlalu pedas sampai pada menu ikan panggang atau bakar. Semua tergantung dengan selera anda masing-masing.

Jika sudah selesai dengan Resep Sambal Aceh Mantap ini maka sekarang giliran anda untuk menyiapkan juga menu inti yang akan disajikan. Jika belum ada ide masakan yang akan disajikan silahkan lihat beberapa rekomendasi masakan hari ini di bagian bawah atau samping kanan website ini.


Anda bisa memilih menu masakan sehari-hari dari daerah lain atau anda bisa juga mencoba berbagai resep masakan spesial yang belum pernah anda coba. Itu saja, semoga ide masakan dan berbagai resep yang ada disini bisa menjadi tambahan referensi bagi dapur anda. 

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post