» » » » Resep Rendang Jengkol yang Mantap

Resep Masakan Rendang Jengkol Yang Mantap - banyak yang tidak suka dengan aromanya, jengkol memang terbukti memiliki aroma khas yang tidak disukai baik saat belum di masak maupun saat telah diolah dan dikonsumsi. Meski memiliki aroma khas seperti itu namun siapa sangka bahwa sebenarnya banyak sekali masyarakat yang doyan dengan sayur jengkol.

Nah, kalau biasanya kita mencoba berbagai masakan khas daerah yang berbau daging maka kali ini jengkol akan kita oleh menjadi sajian menu yang akan membuat keluarga kita ketagihan. Lalu mau diapakan buah jengkol ini, mau diolah seperti apa? Dari pada anda penasaran anda bisa langsung siapkan buku resep atau buku catatannya untuk mencatat Resep Rendang Jengkol yang akan diberikan.

Untuk yang belum tahu, jengkol (jering) adalah salah satu buah dari tumbuhan khas wilayah asia. Buah yang termasuk jenis polong-polongan ini sebenarnya sudah diketahui dapat mencegah penyakit diabetes dan baik untuk jantung.

Buah jengkol ini bisa dibilang hampir sama dengan petai dalam hal aromanya. Bedanya kalau jengkol ini aroma khas-nya akan terasa lebih dahsyat jika sudah dikonsumsi dalam tubuh misalnya dari keringat dan urine menjadi sangat khas.

Meski memiliki karakteristik aroma yang mengganggu namun banyak masyarakat yang ternyata suka dan sering mengkonsumsi jengkol baik itu untuk lalapan maupun untuk diolah sebagai bahan masakan. Hal ini terbukti dengan banyaknya pencarian mengenai beberapa informasi sebagai berikut:

- resep bumbu rendang jengkol
- resep semur jengkol sunda
- resep semur jengkol betawi
- resep rendang daging
- resep rendang jengkol pedas
- resep rendang jengkol padang
- resep rendang jengkol betawi
- resep rendang jengkol download

Pada masyarakat Indonesia, buah jengkol ini yang paling umum dikonsumsi dengan 3 cara. Yang pertama yaitu sebagai bahan lalapan (dimakan mentah). Banyak juga yang suka kok. Mungkin anda juga suka.

Selain lalap, jengkol juga bisa dibuat masakan berkuah. Bisa dibuat rendang, bisa dibuat santan biasa dan seterusnya. Kalau yang tidak suka menu berkuah pun masih ada pilihan. Jengkol bisa juga diolah menjadi sambal tumis. Lengkap deh.

Untuk penggemar jengkol di seluruh nusantara kali ini resep yang akan kita gunakan adalah resep rendah untuk mengolah jengkol tersebut. Kalau anda ingin ikutan belajar membuat masakan rendang jengkol mantap anda bisa mengikuti panduan berikut.

A. Bahan dan Bumbu Masakan

Untuk rendang dengan bahan dasar buah jengkol ini kita akan menyiapkan tiga jenis bahan yaitu yang pertama bahan dasar, kedua bumbu halus dan ketiga adalah bahan dan bumbu tambahan. Untuk yang ingin mencoba membuat masakan khas daerah yang satu ini bisa mulai mencatat bahan-bahan tersebut sesuai pada daftar berikut.

Bahan dasar
500 gr jengkol

Untuk bahan dasar kita bisa memilih buah jengkol yang sudah cukup tua, untuk bentuk, agar lebih menarik anda bisa memilih buah yang lebih pipih.

Bumbu yang dihaluskan 
50 gr cabe merah
75 gr bawang merah
3 siung bawang putih
4 biji kemiri
2 cm lengkuas muda
2 cm jahe

Untuk rasa pedas, anda bisa juga menyesuaikannya dengan menambah atau mengurangi jumlah cabe yang digunakan. Tetapi jika baru pertama mencoba memasaknya anda bisa mengikuti takaran yang ada pada resep ini agar lebih mudah.

Bahan-bahan lain
5 lembar jeruk purut, rajang halus
2 lembar daun salam
1 tangkai sereh, memarkan
100 santan kental
300 ml santan encer atau air
garam secukupnya

B. Cara Membuat Rendang Jengkol

Jika anda berasal dari daerah maka untuk membuat masakan ini pasti tidak sulit dan sebenarnya mungkin anda tidak perlu belajar dengan resep lain. Kalau anda sebelumnya belum pernah memasak masakan rendang ini maka anda bisa mengikuti panduan yang ada.

Untuk memasak rendang jengkol yang mantap ini anda bisa langsung dengan menyiapkan semua bahan-bahannya dan mengikuti cara memasak dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Rebus jengkol sampai lunak, kupas dan belah
  2. Memarkan belahan jengkol dan cuci kembali (pukul-pukul bagian tengah belahan jengkol yang telah di rebus)
  3. Tumis bumbu sampai harum, tambahkan bumbu lainnya kemudian masukkan jengkol dan santan encer atau air, masak sampai santan tinggal setengah.
  4. Masukkan santan kental, lanjutkan memasak sampai jengkol lembut dan santan agak mengering atau kering tergantung selera anda.
  5. Angkat dan sajikan

Cukup mudah bukan? Pasti anda sekali coba langsung bisa menghasilkan sebuah menu rendang yang mantap abis. Jika anda sudah mencoba resep jengkol ini selanjutnya anda bisa berkreasi dan melakukan penyesuaian pada bahan dan bumbu yang digunakan.

Resep Masakan Rendang Jengkol Yang Mantap

Satu yang pasti bahwa untuk mendapatkan hasil masakan yang sangat disukai maka pastikan anda memasak dengan penuh cinta. Bumbu rahasia ini terbukti ampuh memberikan nyawa dan sensasi rasa yang berbeda bagi setiap masakan yang anda hasilkan. Itu saja, selamat mencoba!

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post