» » » Masakan Gulai Tunjang Khas Palembang

Cara Membuat Gulai Tunjang Khas Palembang - masih dengan masakah khas Palembang. Kita akan mencoba resep gulai tunjang. Resep masakan gule ini terbuat dari bahan dasar daging sapi yang tentunya banyak gizinya. Ingin tahu bagaimana membuat menu ini, mari kita ikuti penjelasannya berikut.

Kita semua tahu bahwa daging sapi banyak mengandung gizi yang dibutuhkan tubuh. Daging ini mengandung energi sebesar 207 kilokalori, protein 18,8 gram, lemak 14 gram, kalsium 11 miligram, fosfor 170 miligram, dan zat besi 3 miligram.

Selain kandungan tersebut daging sapi yang akan digunakan sebagai bahan dasar gulai tanjung ini mengandung vitamin A sebanyak 30 IU, dan vitamin B1 0,08 miligram pada setiap 100 gram Daging Sapi.

Zat besi pada daging sapi bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh, mempengaruhi semangat belajar anak dan juga sebagai benteng bagi tubuh kita karena zat besi bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Sedangkan protein sangat penting karena bisa membantu perkembangan otak pada anak. Selain itu protein juga bisa membantu tubuh Anda untuk membentuk jaringan baru pada otot-otot Anda. Kandungan gizi lainnnya pada daging sapi adalah selenium. Selenium sangat dibutuhkan untuk membentuk zat antioksidan dan meningkatkan imunitas anak.

Lebih jauh lagi, vitamin B kompleks pada daging sapi membantu kerja sistem saraf otak sehingga mampu membantu menjaga konsentrasi dan meningkatkan daya ingat. Sedangkan omega 3 membantu fungsi jantung, sistem saraf pusat dan hati.

Membuat Masakan Gulai Tunjang Khas Palembang
Bahan Dasar Gulai Tunjang
Dari beberapa informasi nilai gizi tersebut jelas sekali daging sapi ini akan menjadi modal sehat bagi masakan gulai tanjung yang akan kita sajikan. Bagaimana dengan rasa masakan ini? Kalau lezat, pasti. Tapi tentu ada ciri khas rasa yang mewakili daerah asalnya ya. Yuk kita coba.

A. Bahan dan Bumbu Masak

Selain daging dari kaki sapi tentunya ada bahan-bahan lain yang digunakan untuk memasak menu khas tersebut. Bahan-bahan itu selengkapnya terdiri dari bahan dasar dan juga bahan bumbu seperti berikut.

Bahan Dasar
  • 1 buah kaki sapi/kerbau
  • 4 gelas santan dari satu butir kelapa
  • 1 lembar daun kunyit
  • 2 lembar daun jeruk purut
  • 2 buah asam kandis
  • 1 batang serai
Bahan Bumbu yang dihaluskan
  • 1 ons cabe merah
  • 10 buah bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 6 buah kemiri
  • 1 cm kunyit
  • 2 cm lengkuas
  • garam secukupnya

Kalau dilihat dari rempah yang digunakan sepertinya biasa saja. Namun begitu, kombinasi rempah bumbu yang diolah tentu akan memiliki keunikan tersendiri. Ibu - ibu dan rekan remaja putri yang ingin mencicipi, silahkan coba masak di rumah ya.

B. Cara Membuat Gulai Tunjang Khas Palembang

Untuk memasak menu ini langkah-langkahnya tidak sulit apalagi jika ada panduan cara membuatnya. Yang ingin ikutan mencoba resep ini langsung kita coba dengan panduan cara membuatnya berikut.
  1. Pertama-tama bersihkan kaki sapi, potong-potong, dan rebus sampai empuk.
  2. Keluarkan tulang-tulangnya lalu potong-potong kikil tersebut.
  3. Didihkan santan dengan bumbu-bumbu lainnya
  4. Kemudian masukan potongan kikil dan masak sampai santan mengental dan keluar minyak.
  5. Angkat dan sajikan.

Mudah bukan? Meski menu baru saya yakin kita semua tidak akan kesulitan untuk memasak gulai yang satu ini. Apalagi kita memasak dengan panduan yang sudah disiapkan. Tinggal ikuti saja sesuai langkahnya. Nanti setelah mencoba bisa berkreasi agar hasil akhirnya bisa lebih sesuai.

Membuat Masakan Gulai Tunjang Khas Palembang

Lain waktu akan diperlengkap lagi info mengenai "Masakan Gulai Tunjang Palembang" ini. Sementara ini sampai disini dahulu. Silahkan lanjut dengan menu lainnya. Selamat mencoba dan sampai bertemu di resep Khas Palembang lainnya.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post