» » » Panduan Membuat Resep Kroket Kentang Lezat

Panduan Membuat Resep Kroket Kentang Lezat - Apa yang paling nikmat kita santap saat santai di sore hari? Sambil minum kopi atau teh enaknya kita siapkan juga kue jajanan yang gurih lezat, salah satu yang bisa kita siapkan adalah "Kroket Kentang". Suka dengan penganan ini, belum tahu bagaimana membuatnya? Tenang, disini akan diberikan paparan mengenai menu jajanan spesial tersebut.

Sudah tentu, sesuai dengan namanya Kroket ini adalah sebuah sajian yang di buat dengan bahan dasar kentang. Selain menggunakan kentang, kue ini juga menggunakan bahan lain seperti tepung, daging serta wortel pada isiannya. Selain itu ada beberapa bahan lain juga yang tentunya dapat dengan mudah disiapkan oleh yang ingin membuatnya.

Kue ini merupakan salah satu yang sederhana dan untuk membuatnya tidak sulit. Hampir sama dengan membuat tahu isi, yang pertama disiapkan adalah bagian isian kemudian bagian lainnya. Jika anda penasaran dengan lezat dan enaknya kue khas ini anda bisa belajar membuatnya sendiri dengan panduan yang akan diberikan pada Resep Kroket Kentang berikut.

Belajar membuat jenis sajian ini bukan hanya akan menghasilkan sajian yang akan disukai keluarga akan tetapi anda akan memiliki tambahan referensi untuk berbagai hidangan dan masakan yang bisa anda sajikan. Mau ikutan belajar membuatnya?

Bahan Kroket Kentang Lezat

Berbicara mengenai bahan maka akan menyiapkan dua jenis bahan yaitu yang pertama adalah bahan dasar untuk kulit dan yang kedua adalah bahan untuk isian. Apa saja bahan yang dibutuhkan tersebut dan seberapa banyak takarannya, anda bisa menyiapkannya sesuai pada daftar bahan kroket. Bahan-bahan untuk kroket ini selengkapnya sebagai berikut.

Bahan kulit:
  • Kentang dikukus, dikupas dan dihaluskan: ½ kilogram.
  • Telur: 2 butir.
  • Susu bubuk: 25 gram.
  • Tepung panir secukupnya.
  • Garam, merica dan minyak goreng secukupnya.
Setelah menyiapkan bahan kulit anda juga harus menyiapkan bahan isian untuk kue ini. Bahan isian dan takarannya bisa anda siapkan sebagai berikut.

Bahan Isi:
  • Bawang merah, dipotong halus: 3 siung.
  • Bawang putih.
  • Mentega: 1 sendok makan.
  • Daging cincang: 200 gram.
  • Wortel, dipotong dadu kecil-kecil: 500 gram.
  • Susu: 125 mililiter (bisa diganti dengan air).
  • Tepung terigu: 1 sendok makan.
  • Garam dan merica secukupnya.
Setelah anda mencoba resep ini dan merasakan bagaimana rasanya maka kemudian anda bisa juga berkreasi dengan melakukan sedikit modif pada bahan yang ada. Misalnya anda menambah atau mengganti bahan seperti daging cincang dan juga wortel yang digunakan, semua terserah anda.

Panduan Membuat Resep Kroket Kentang Lezat

Sudah siap? Kalau anda sudah siap sekarang saatnya anda belajar bagaimana proses pembuatan kroket spesial ini. Sebenarnya memang tak sulit namun jika anda belum pernah membuatnya anda bisa mengikuti panduan langkah memasaknya. Sebagai panduan, berikut langkah-langkah membuat kroket kentang tersebut:
  1. Siram wortel dengan air panas, tiriskan.
  2. Tumis bawang merah dan bawang putih dengan mentega, setelah harum baunya, masukkan daging cincang dan wortel.
  3. Tuangi susu, masukkan garam dan merica, sambil sesekali diaduk supaya jangan gosong.
  4. Masukkan tepung terigu sambil diaduk.
  5. Angkat dan dinginkan.
  6. Campurkan kentang dengan susu bubuk, mentega, garam, merica dan 1 butir telur, aduk sampai rata dan sisihkan
  7. Ambil 2 sendok makan kentang yang sudah dihaluskan tadi, taruh di atas tangan membentuk setengah bulat lonjong, lalu diisi dan kepalkan menjadi bulat.
  8. Ambil putih telur yang satunya dan masukkan bulatan kroket ke dalamnya lalu gulingkan di tempat tepung panir.
  9. Goreng dalam minyak panas, sampai berwarna kuning kecoklat-coklatan.
Cukup mudah bukan, ya...setidaknya semua akan sesuai dengan hasil yang akan anda nikmati. Sebuah sajian untuk teman santai saat minum teh atau kopi. Bisa anda sajikan di sore atau pagi hari, Kroket Kentang Lezat ini pasti akan menambah nuansa kehangatan yang ada.

Panduan Membuat Resep Kroket Kentang Lezat

Jangan lupa sempatkan diri anda untuk mencoba beberapa panduan lain yang sudah dibahas sebelumnya. Semoga, Panduan Membuat Resep Kroket Kentang Lezat ini bisa bermanfaat dan menjadi tambahan referensi untuk ide-ide masakan enak yang bisa disajikan untuk keluarga.

Sekarang anda bisa langsung praktek dan mencoba resep yang baru saja anda pelajari. Sekedar tambahan info saja, disini anda bisa mempelajari berbagai resep masakan baik itu sayuran, kue dan berbagai hidangan nusantara dari berbagai daerah. Itu saja, selamat mencoba!

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post