» » » Kue Semprong, Enak dan Mudah Dibuat

Sebagian besar dari kita pastinya tahu dengan kue tradisional ini bukan? Kue Semprong, sebagai salah satu kue enak yang akan segera kita pelajari bagaimana cara membuat kue tersebut dengan mudah. Anda ingin tahu bagaimana prosesnya, anda bisa belajar dengan panduan resep yang akan diberikan pada website masakan khas daerah kali ini. Mau?

Ngobrol-ngobrol sedikit mengenai kue khas ini, kalau dilihat dari namanya "Kue Semprong" cukup unik ya, kata "semprong" sendiri berasal dari tabung gelas yang digunakan pada lampu minyak yang dulu banyak kita jumpai. Nostalgia sedikit, kue ini dulu sangat terkenal, jadi rebutan dan banyak sekali di suka oleh anak-anak. Meski sangat populer di jaman-nya namun sekarang di desa-desa sudah sedikit jarang berganti dengan jenis kue-kue modern.

Meski sedikit tertinggal namun kue ini masih banyak di jajakan, tapi kita tidak usah membahas mengenai hal itu. Yang jelas, jika anda ingin menikmati sajian kue kering ini yang asli buatan sendiri maka anda bisa mempelajari Resep Kue Semprong Enak yang akan diberikan.

Karena inti dari pembahasan ini adalah mengenai cara membuat kue semprong maka dari itu anda akan diajak untuk belajar membuat kue enak tersebut. Anda akan diberi penjelasan baik itu mengenai bahan-bahan yang digunakan maupun proses pembuatan-nya. Penasaran? Anda bisa langsung praktek dengan menggunakan panduan di bawah ini.

Bahan - Bahan Kue Semprong Enak
Siapkankan langsung bahan yang dibutuhkan. Semua bahan untuk membuat kue ini bisa anda siapkan sesuai pada daftar berikut.
  • 1 sendok teh kayu manis bubuk
  • Minyak untuk oles secukupnya
  • 850 ml santan kental
  • 500 gram tepung beras
  • 300 gram gula pasir
  • 6 butir telur
Cara Membuat Kue Semprong Mudah
Siap dengan bahannya, sekarang mari menuju ke proses pembuatan kue semprong. Jika anda ingin membuat kue ini sendiri maka silahkan anda ikuti langkah-langkah sebagai berikut:
  • Pertama kocok telur hingga menjadi naik
  • Kemudian tepung dicampurkan dengan telur yang sudah di kocok tadi
  • Masukkan juga gula dan kayu manis lalu aduk rata sambil terus dituangkan santan sampai gula menjadi larut
  • Siapkan cetakan semprong lalu panaskan diatas api, kemudian oles permukaan cetakan dengan minyak
  • Masukkan adonan sebanyak 2 sendok makan lalu diratakan dan segera tutup
  • Terus panggang adonan hingga menjadi matang sambil cetakan terus di bolak balik, lalu angkat
  • Ketika kue semprong baru diangkat dari cetakan, segera bentuk sesuai selera.
Kue Semprong, Enak dan Mudah Dibuat

Hampir semua pasti bisa membuatnya, tapi yang jadi kendala bagi anda mungkin mengenai cetakan yang akan digunakan. Jika anda tidak memiliki cetakan kue semprong anda bisa meminjam nya pada rekan yang memilikinya. Atau anda bisa membelinya di toko, sekalian untuk koleksi dalam menyiapkan menu kue bagi keluarga di rumah.

Ooh iya, selain kue khas di atas masih ada juga beberapa kue lain yang wajib anda coba. Rasanya tidak kalah dengan Kue Semprong Enak ini, karena itu silahkan pelajari cara membuatnya dan praktikan di rumah masing-masing.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post