» » » Cara Membuat Resep Semur Ayam Enak Lezat

Biasanya kalau ingin hidangan ayam, anak-anak suka yang tidak berkuah dan paling suka kalau di goreng. Beda dari kebiasaan, kita masak semur ayam saja, mudah-mudahan bisa menjadi menu kejutan yang membuat mereka lahap makan. Yang ingin ikutan membuat semur ayam enak bisa bersiap-siap dengan buku resepnya karena hari ini kita akan belajar bersama-sama membuat hidangan istimewa tersebut.

Dari segi rasa, masakan ini tentu tak kalah dengan jenis masakan ayam lainnya, tentu saja ini juga masih tergantung dengan selera anda masing-masing. Meski banyak disukai dan diakui sebagai salah satu hidangan mantap namun masih ada beberapa yang tidak suka menyantap hidangan seperti Semur Ayam tersebut. Anda sendiri bagaimana, suka dan ingin belajar memasak menu ini?

Bisa dikatakan, Cara Membuat Semur Ayam ini tidaklah sulit, sama seperti pada proses pembuatan masakan-masakan tradisional lain yang sudah kita coba. Untuk kaum ibu seperti anda dan saya mungkin tidak akan ada kendala yang berarti meski ini baru pertama kalinya kita memasak semur. Bagi adik-adik remaja putri, yang belum pernah memasak ini mungkin akan mengalami sedikit kesulitan yang tentunya hal itu hanya masalah biasa atau tidaknya kita memasak masakan ini.

Tak kan ada kendala yang berarti mulai dari penyiapan bahan, bumbu bahkan sampai proses memasak pun saya yakin bisa berjalan dengan lancar. Hanya saja, jika anda belum terbiasa di dapur mungkin sebelum memasak anda harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
1. Pastikan semua alat masak yang akan digunakan bersih dan siap untuk digunakan
2. Pastikan anda menggunakan bahan-bahan dan juga bumbu yang berkualitas bagus
3. Pastikan semua dalam keadaan bersih
4. Tidak perlu gegabah dan buru-buru, memasak adalah pekerjaan yang menyenangkan
5. Santai dan berhati-hatilah, dapur bisa menjadi tempat berbahaya bagi anda yang ceroboh.

Sedikit mengingatkan saja ya khususnya bagi anda yang belum begitu terbiasa di dapur. Ya sudah, tidak perlu di dramatisir dan di besar-besarkan, kita langsung saja menuju ke Resep Semur Ayam Enak berikut ini. 

Bahan dan Bumbu Semur Ayam

Pada bagian ini anda akan mempersiapkan bahan-bahan dan juga berbagai bumbu masak yang akan digunakan dalam membuat semur. Yang perlu diingat dalam menyiapkan bahan ialah bahwa bahan dan juga bumbu yang kita siapkan harus benar-benar dalam keadaan baik dan berkualitas. 

Hal itu untuk menjaga masakan yang kita buat agar benar-benar sehat dan layak di konsumsi. Untuk bahan dasar daging ayam, akan lebih baik jika anda benar-benar menggunakan daging ayam segar, lebih bagus dari ayam yang baru di potong. Sekarang, silahkan disiapkan semua bahan-bahan serta bumbu yang dibutuhkan sesuai pada daftar berikut.
  • 1 ekor ayam, potong dengan tulangnya
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt cuka
  • Minyak secukupnya
  • 4 siung bawang putih
  • siung bawang merah
  • 4 cm lengkuas, memarkan
  • Garam, gula, merica, pala secukupnya
  • 5 sdm kecap manis
  • 2 buah tomat, potong - potong
  • 2 sdm bawang goreng
Tidak ada yang sulit bukan untuk menyiapkan bahan-bahan di atas? Kalau sudah siap semua berarti tinggal menuju ke proses memasaknya, mari kita lakukan dengan panduan berikut.


Cara Membuat Semur Ayam Enak dan Lezat

Apa saja sih sebenarnya syarat agar makanan yang kita buat itu rasanya lezat dan enak? Tentu ada beberapa hal yang sangat berpengaruh pada proses pembuatan masakan agar menjadi hidangan yang disukai, diantaranya yaitu yang pertama adalah bahan dan bumbu yang digunakan, kedua adalah cara atau teknik memasak yang digunakan dan yang terakhir siapa dan bagaimana orang yang memasak.

Ada orang yang bisa menciptakan masakan tanpa menentukan takaran bumbunya terlebih dahulu, dan hasil masakannya cukup lezat dan enak. Kenapa demikian, ternyata orang tersebut memasak dengan menggunakan cinta, dia mengukur bahan dan bumbu yang digunakan dengan feeling (perasaan) yang ternyata sesuai dan pas dengan selera yang diinginkan. Karena itu, tak salah jika anda memasak dengan penuh cinta kasih dan rasa bahagia.

Nah, untuk masakan yang satu ini, yaitu masakan spesial bahan dasar ayam, anda semua yang ingin mencobanya bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Ayam dilumuri garam, cuka. Diamkan 10 menit.
  2. Panaskan minyak. Tumis bawang sampai harum. Masukkan lengkuas, garam, gula, merica, pala, kecap manis, ayam, Beri 1 Liter Air. Masak Sampai Empuk 
  3. Masukkan tomat. Masak lagi sebentar.
  4. Sajikan dengan taburan bawang goreng untuk 6 porsi
Cara Membuat Resep Semur Ayam Enak Lezat

Pelajari saja terlebih dahulu Resep Masakan Semur Ayam di atas, setelah merasa paham dan bisa melakukannya anda bisa mulai mencobanya sendiri di rumah. Hei, jangan lupa, masih banyak menu-menu lain yang menunggu giliran tuh, silahkan dipilih saja mana yang ingin anda masak. 

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post