» » » Cara Membuat Tum Daging Khas Bali

Cara Membuat Tum Daging Khas Bali - Sore itu keluarga di rumah bunda terlihat murung, entah kenapa mereka sepertinya tidak terlalu bersemangat padahal suasana masih begitu ramai. Karena tidak mampu menerka ada apakah gerangan maka kami hanya diam, membisu bahkan sampai saat selesai makan malam keluarga. Ada ide masakan yang enak, pertanyaan Tante tiba-tiba menyeruak memecah lamunanku.

Begitulah, gambaran kebosanan orang-orang terkasih yang sangat kita sayangi, meski setiap hari dimanjakan dengan berbagai sajian dan suguhan yang sudah dipastikan sesuai dengan selera mereka namun ternyata masih ada saja kebosanan. Perlu ada sesuatu yang baru, perlu ada menu masakan kejutan yang tidak pernah diduga akan disajikan.

Tak ada hal paling menyedihkan bagi ibu kecuali menyaksikan keluarganya tidak bersemangat menyantap masakan yang dihidangkan, apalagi jika anak-anak kita yang kurang berselera.

Terpaksa mencari ide baru, Resep Masakan Khas Bali menjadi pilihan yang akan mengejutkan mereka, Masakan Tum Daging mudah-mudahan menyegarkan semangat yang sedikit layu.

Jika anda tidak ingin hal di atas terjadi pada anda ada baiknya mulai hari ini anda mempersiapkan diri dengan menu kejutan - berbagai menu spesial yang enak dan belum pernah disajikan sebelumnya. Khusus bagi anda yang memilih Resep Masakan Tum Daging Khas Bali namun belum pernah memasaknya sendiri anda bisa belajar memasak dengan panduan yang akan diberikan.

A. Bahan dan Bumbu Tum Daging

Masakan khas daerah yang satu ini adalah jenis masakan tradisional yang terbuat dari daging, bisa daging sapi atau daging babi. Di masyarakat daerah asalnya, Tum Daging banyak menggunakan dua jenis daging tersebut.

Bumbu yang digunakan adalah bumbu rempah yang sering digunakan dalam kebanyakan masakan tradisional nusantara. Untuk anda yang ingin mencoba membuat sendiri menu spesial ini anda bisa mulai dengan menyiapkan semuah bahan dan juga bumbu yang dibutuhkan. Selengkapnya bisa anda lihat pada daftar di bawah ini.

Bahan
1. Daging sapi/babi ¼ kg
2. Daun pisang 1 pelepah

Bumbu
1. Bawang merah 5 bh
2. Kencur 2 ruas jari
3. Bawang putih 5 siung
4. Garam 1 sdm
5. Cabe merah 6 buah
6. Minyak kelapa 4 sdm
7. Terasi 1 sdt

Untuk anda yang hobi berkreasi dengan resep asli tentu anda bisa menyesuaikan masakan ini dengan selera yang diinginkan. Sebagai contoh, dalam hal ini kita bisa mengganti bahan dasar daging yang digunakan dengan daging yang kita suka.

Untuk bumbu mungkin kita bisa pertahankan dari resep asli sehingga rasa khas tidak hilang. Meski begitu tetap saja semua tergantung pada ide kreasi anda, setiap resep akan menghasilkan rasa yang berbeda jika dimasak dengan tangan yang berbeda.

B. Cara Membuat Tum Daging Khas Bali

Untuk kita yang belum pernah memasak masakan ini tentu membuat tum daging bukan hal yang begitu mudah. Namun anda tidak perlu khawatir atau risau karena anda bisa mulai dengan mengikuti langkah memasak yang akan dijelaskan berikut. Untuk membuat masakan ini silahkan ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Daging dicincang halus.
2. Bawang merah dan 2 siung bawang putih diiris tipis, digoreng ½ matang.
3. Bawang putih sisanya tadi, kencur, cabe giling, garam dihaluskan, digoreng sebentar.
4. Sisa lombok diiris dan terasi digoreng sebentar.
5. Cincangan daging dicampur dengan semua bumbu yang telah digoreng berikut bawang goreng.
6. Dibungkusi daun pisang kira-kira besarnya seperti ½ telur bebek.
7. Dikukus hingga masak.


Tidak begitu sulit bukan, pastinya anda bisa dengan mudah mencoba memasaknya sendiri di rumah. Jangan sampai lupa, setiap masakan ada bumbu rahasianya, pastikan anda memberikan bumbu cinta pada setiap masakan yang anda buat.


Selain Cara Membuat Tum Daging Khas Bali anda bisa belajar beberapa resep Bali lain yang sudah banyak diberikan. Silahkah lihat resep-resep tersebut dibagian bawah tulisan ini. 

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post