» » » Resep Puding dari Buah Segar yang Mantap

Biasanya anak-anak paling senang dengan puding, kalau di daerah biasanya agar-agar yang menjadi padanannya. Saya sendiri mengakui bahwa resep puding ini merupakan hidangan yang segar mantap dan banyak yang ingin belajar membuat puding sendiri di rumah.

Menu penutup khas ini sekarang sudah banyak dikreasikan dengan penggunaan bahan-bahan yang tidak biasa. Sebagai contoh sudah ada puding yang dibuat dari bahan daun tanaman lidah buaya. Hal ini disebabkan karena puding merupakan salah satu menu penutup yang paling umum dan banyak digemari. 

Dalam kreasi resep, puding yang biasanya dibuat dengan dominasi bahan agar-agar sebagai bahan dasarnya telah banyak dikembangkan misalnya dengan memberikan tambahan bahan dasar lain seperti buah-buahan segar.

Buah segar yang dikenal banyak memberikan manfaat bagi kesehatan dan kebugaran dipilih sebagai alternatif kreasi untuk sajian puding.

Tertarik mencoba? Jangan buru-buru menghambur ke restoran. Sebab, Anda juga bisa membuat pudding tersebut dari rumah. Berikut cara membuat pudding buah segar mantap yang kami sajikan khusus untuk Anda.

Bahan-bahan Puding Buah

Adapun bahan-bahan yang diperlukan dalam membuat pudding buah terdiri dari dua jenis bahan. Bahan-bahan tersebut antara lain:

Bahan Pertama
  • Agar-agar berwarna merah (atau warna lain sesuai selera Anda) sebanyak 1 bungkus.
  • Buah kalengan leci (Anda bisa memilih buah lainnya). Pisahkan leci dari airnya, tapi jangan buang airnya sebab nikmat dicampurkan dengan pudding. Jika Anda tak mendapatkan buah kalengan, bisa juga memilih buah yang ada seperti jeruk atau semangka. Rendam di dalam larutan air selama 1 jam.
  • Air matang sebanyak 200 mililiter.
  • Vanila bubuk sebanyak 1 sdt.

Bahan Kedua
  • Agar-agar tanpa warna sebanyak dua bungkus.
  • Gula pasir sebanyak 150 gram.
  • Susu cair, jangan pilih yang terlalu kental, sebanyak 600 mililiter.
  • Selai rasa buah strawberry sebanyak 2 sdm.
  • Apel Malang (atau jenis apel lainnya) sebanyak 100 gram.
  • Air perasan jeruk sebanyak 1 sdm.
  • Pisang Ambon (atau jenis pisang lainnya) sebanyak 1 buah.
Sebagai catatan, dalam kreasi resep puding khas daerah anda dapat melakukan rotasi dan penggantian atas bahan-bahan tersebut dengan bahan lain sesuai selera. Bahan yang dapat diganti misalnya bahan buah dan juga selai yang sesuai dengan keinginan.

Cara Membuat Puding Buah Segar yang Mantap

Setelah selesai dengan persiapan bahan yang dibutuhkan kita langsung akan memasak puding tersebut. Jangan lupa kita perlu menyediakan sebuah Loyang. Sebaiknya gunakan yang bentuknya bundar dengan bagian tengah yang bolong. Adapun cara membuat pudding buah segar, langkah demi langkah sebagai berikut.

  1. Bahan Pertama; Agar-agar dimasak dengan air, vanili, gula dan juga air buah leci kalengan. Aduk sampai mendidih dan kemudian angkat.
  2. Susun buah leci di dalam Loyang dan selanjutnya, bahan pertama yang telah mendidih dituangkan ke dalam Loyang. Tunggu hingga mengeras.
  3. Bahan Kedua; buah pepaya, apel dan juga buah pisang dihaluskan dan dicampurkan hingga menyatu. Masukkan air jeruk nipis ke dalam adonan buah tadi dan aduk merata.
  4. Campurkan agar-agar berwana putih bersama dengan susu dan juga selai strawberry. Aduk hingga merata sempurna. Kemudian masak hingga mendidih. Selanjutnya masukkan buah halus tadi ke dalamnya. Kembali aduk hingga rata.
  5. Setelah itu, masukkan kedalam Loyang tempat Bahan Pertama tadi. Setelah uap panasnya hilang, segera masukkan di dalam lemari pendingin. Setelah beberapa saat, pudding buah siap disajikan. 

Puding dari buah segar yang mantap tersebut akan terasa lebih nikmat jika disantap dalam keadaan dingin. 



Demikian cara membuat pudding buah yang tentu praktis untuk Anda coba di dapur Anda. Jangan lupa untuk mencoba resep spesial lain yang juga tak kalah mantap dan segar. Selamat mencoba ya!

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post