» » » Resep Udang Asam Pedas Enak dari Kalimantan Tengah

Resep Udang Asam Pedas - Enaknya berwisata kuliner ke daerah lain saja ya, kali ini pilihan jatuh pada daerah Kalimantan tepatnya daerah Kalimantan Tengah. Menu istimewa yang akan kita coba kali ini adalah sebuah masakan khas dengan bahan dasar udang. Yang alergi udang boleh coba menu lain saja, kalau yang suka bisa langsung ikuti resep dan panduan bagaimana cara membuat masakan spesial tersebut.

Menu seperti apa sih Udang Asam Pedas ini kalau di daerah aslinya? Untuk yang belum tahu, menu ini merupakan masakan udang khas yang biasa dihidangkan dalam acara pernikahan. Menu ini jelas sekali menu spesial karena dihidangkan pada acara besar pernikahan, seperti kita tahu dalam pernikahan biasanya akan disajikan menu terbaik sesuai daerah dan adat kebiasaan yang ada.

Kalau anda pecinta udang tentu masakan ini bisa menjadi tambahan variasi menu udang yang sudah sangat biasa disajikan di rumah. Udang goreng, udang kulit, tumis udang, udang asam, pokoknya menu udang di rumah pasti tambah ramai jika ditambah lagi satu menu dari Kalteng ini. Mau ikutan mencobanya?

Anda penasaran dan ingin ikutan mencoba masakan ini, bisa saja. Anda bisa langsung pergi ke daerah asalnya sambil jalan-jalan atau anda bisa belajar memasaknya sendiri dari Resep Udang Asam Pedas Enak tersebut. Bahannya tidak banyak, cara membuat-nya pun tidak sulit jadi pasti anda bisa memasak sendiri di rumah.

Bahan dan Bumbu Udang Asam Pedas 

Pertama-tama tentu kita akan siapkan peralatan memasak yang akan digunakan. Pastikan semua bersih, steril dan siap di gunakan. Ingat, kesehatan berawal dari dapur kita lhoe, jadi kita mulai sesuatu yang baik dengan cara yang baik pula. 

Kalau semua itu sudah siap kita akan langsung mencari berbagai bahan dan juga bumbu yang akan dimasak. Apa saja bahan dan bumbu tersebut, berikut dibawah ini merupakan bahan-bahan, bumbu beserta takaran yang dibutuhkan masing-masing.

Bahan-bahan
1 ¼ liter air
500 gram udang jerbung, kupas, sisakan ekornya
4 siung bawang putih, iris tipis
6 butir bawang merah, iris tipis
4 lembar daun jeruk purut, buang tulangnya
1 sdm air asam jawa

Bumbu halus
5 buah cabai merah keriting
5 buah cabai rawit merah
½ sdt merica
1 sdt terasi, bakar
1 sdt garam
1 sdt gula merah

Cara Membuat Udang Asam Pedas Enak

Bismillah, berdoa dulu lah sebelum memulai masak, apalagi jika ini pertama kalinya kita akan menyajikan menu Udang Asam Pedas tersebut. Dengan berbagai langkah yang ada kita akan membuat masakan ini menjadi menu enak sedap dan ditunggu oleh keluarga di rumah. Semoga tangan terampil dan ajaib ini bisa membuat mereka semua tersenyum puas dan makin cinta pada kita. 

Yuk kita mulai memasak masakan khas daerah spesial yang berasal dari Kalimantan ini. Bagaimana caranya, berikut langkah demi langkah memasak udang asam pedas tersebut:
  1. Di panci, rebus air, kulit dan kepala udang sampai udang berubah warna.
  2. Angkat, saring kaldu udang sejumlah 1 liter. Didihkan lagi kaldu udang.
  3. Masukkan bawang putih, bawang merah, daun jeruk purut, dan bumbu halus ke dalam kaldu.
  4. Masak sampai harum.
  5. Masukkan udang kupas dan air asam jawa, rebus sampai udang berubah warna. Angkat, sajikan.
Sebagai catatan kreasi, anda bisa mulai melakukan modifikasi bahan atau bumbu yang digunakan setelah mencoba resep asli masakan ini. Anda bisa melakukan kreasi untuk menciptakan sebuah menu turunan yang lezat-nya sesuai dengan selera lidah keluarga tercinta.

Resep Udang Asam Pedas Enak dari Kalimantan Tengah

Dengan Resep Udang Asam Pedas Enak dari Kalimantan Tengah ini kita bisa menciptakan sebuah masakan enak yang rasanya tentu khas daerah. Mudah-mudahan dalam mencoba dan belajar memasak dari panduan di atas anda semua tidak menemukan kendala apapun dan yang pasti bisa menghasilkan sajian istimewa. Sampai disini saja, silahkan dicoba!

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post