» » » » Cara Membuat Bubur Ketan Hitam

Cara Membuat Bubur Ketan Hitam - Kalau kata orang kita, bosan makan nasi makanya cari cemilan yang menyenyangkan dan sehat dan juga enak. Butuh ide jika memang  kita tidak memiliki cukup koleksi berbagai hidangan khususnya hidangan dari negeri sendiri.

Kalau anda sedang mencari ide hidangan enak yang ringan dan bisa dikombinasikan dengan es maka Resep Pudding Ketan Hitam atau yang sering kita sebut bubur ketan hitam bisa menjadi salah satu pilihan yang patut dicoba. Sajian ini banyak disukai, anak-anak, remaja bahkan orang dewasa sekalipun.

Untuk membuat sajian ini tidak sulit jadi anda yang belum pernah memasaknya tidak perlu khawatir. Cuma ada beberapa langkah, dan bahan-bahannya juga tidak sulit untuk disiapkan. Gimana, mau mencoba membuat sajian enak yang satu ini?

Meski sudah banyak dikenal namun jangan salah, membuat Bubur Ketan Hitam  atau Black Rice Pudding ini juga tetap harus belajar dulu, jangan sampai karena asal-asalan nanti hasilnya tidak sesuai harapan.

Untuk membuat bubur ini kita menggunakan beras pulut hitam yang kulit arinya dikupas sebagian, karena lebih lembut dan cepat dimasak. Pertama kita pastikan bahwa beras tersebut benar-benar bersih dari sisa sekam yang ada. Jika anda ingin mencobanya, anda bisa menggunakan panduan dari resep bubur ketan hitam berikut.

Bahan - bahan
150 gr beras ketan / pulut hitam
1500 ml air
4 - 5 sdm gula putih
1 sdt garam
2 lembar daun pandan

Bahan Santan
400 ml santan sedang atau kental
1 sdt tepung maizena
1 sdt garam
1/2 sdt gula
1 daun pandan

Cara Membuat Bubur Ketan Hitam

  1. Cuci beras sampai bersih (4 - 5 kali), tiriskan
  2. Rendam beras dengan 1500 ml, sekurangnya selama 3 jam, lebih baik lebih lama
  3. Didihkan beras bersama air rendamannya dan pandan selama 15 menit, aduk sekali-sekali. Masukkan gula dan garam. Lanjutkan memasak dengan api kecil selama 15 - 20 menit atau sampai beras lembut. Jika masih terlalu kental bisa ditambah air sampai didapatkan kekentalan yang diinginkan.
  4. Membuat saus santan / Preparing the coconut milk sauce
  5. Larutkan tepung maizena dengan sedikit air.
  6. Campurkan larutan maizena dengan santan, gula dan garam
  7. Didihkan santan dan aduk terus, segera matikan api.
Untuk penyajian, Bubur Ketan Hitam dapat disajikan hangat atau sesuai selera. Terkadang kami juga menyajikan masakan ini dalam keadaan dingin dengan menggunakan tambahan es.

Cara Membuat Bubur Ketan Hitam

Singkat saja untuk edisi kudapan khas kali ini, semoga Cara Membuat Bubur Ketan Hitam ini bisa menjadi tambahan inspirasi bagi anda semua yang sedang mencari berbagai ide masakan yang akan disajikan untuk keluarga di rumah. 

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post