» » » Resep Kue Cucur Yang Enak

Resep Kue Cucur Yang Enak - Membuat kue cucur sebenarnya sudah tidak jaman lagi, karena kebanyakan masyarakat sekarang lebih suka penganan yang berbau modern, apalagi yang berbau luar. Meski begitu, sebagai pecinta kuliner asli nusantara kita tentu akan tetap merindukan keunikan dan juga ke-khas-an rasa dari masakan tersebut. 

Salah satu kue Betawi Jakarta ini memang pesonanya sudah mulai memudar, padahal jika kita bisa menghargai dan mempertahankan warisan budaya ini maka bukan tidak mungkin masakan ini bisa bersaing dengan masakan modern lainnya. 

Untuk anda yang menggemari kue khas ini pada kesempatan ini kita akan coba belajar membuat sendiri kue tersebut dengan panduan resep kue cucur mudah yang akan diberikan. Dengan bisa membuat sendiri tentu kita tidak akan lagi harus tergantung pada orang lain jika ingin menikmati kue tersebut. 

Untuk yang belum tahu, kue cucur atau cucur adalah salah satu makanan tradisional Indonesia. Kue ini dapat ditemukan di berbagai daerah, tetapi khusus di daerah Jakarta (Betawi) makanan ini termasuk makanan adat artinya pada upacara-upacara adat budaya Betawi, cucur wajib dihidangkan. Rasanya manis, gurih, empuk di tengah dan renyah di bagian pinggirnya. 

Cara membuat kue ini cukup mudah yaitu dengan di goreng. Bagaimana, anda ingin belajar membuat kue tersebut? Kalau mau silahkan coba dengan panduan pada Resep Kue Cucur Yang Enak berikut

Bahan - Bahan Kue Cucur
Gampang sekali untuk menyiapkan semua bahanyang dbutuhkan untuk membuat kue ini. Hanya ada beberapa bahan dan pastinya ada disekitar kita, harganya pun tidak mahal. Bagi yang ingin membuat kue daerah yang satu ini silahkan siapkan bahannya sebagai berikut:
450 ml air.
150 gram gula merah, disisir halus.
100 gram gula pasir.
300 gram tepung beras.
30 gram tepung terigu.
Minyak goreng untuk menggoreng.

Sedikit bukan bahan-bahannya? Namanya juga kue tradisional jadi ya tidak terlalu  banyak variasi bahan. Tapi jika anda sudah mencoba dengan resep asli ini anda boleh lho berkreasi dan membuat berbagai perubahan agar kue cucur betawi ini bisa lebih sesuai. 

Cara Membuat Kue Cucur Yang Enak
Nih, kalau sudah siap dengan semua bahan di atas sekaranglah waktunya mempraktekkan Resep Kue Cucur ini, untuk caranya silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Didihkan air, gula merah, dan gula pasir lalu saring.
  2. Tuang ke dalam tepung beras dan tepung terigu sambil diuleni selama 15 menit.
  3. Kocok-kocok dengan sendok sayur selama 20 menit.
  4. Diamkan adonan selama 2 jam.
  5. Panaskan minyak goreng dalam wajan kecil lalu tuang satu sendok sayur adonan.
  6. Siram-siram lalu tusuk tengahnya dengan tusuk sate sampai kering.
  7. Angkat lalu tiriskan.
Resep Kue Cucur Yang Enak

Sekarang anda sudah mencoba membuat kue cucur, waktunya bagi anda melihat beberapa kue lain yang tak kalah menarik. Selagi masih ada waktu, jika kita sering belajar dan mencoba membuat kue-kue enak dari berbagai daerah bukan tidak mungkin kita bisa membuka toko kue sendiri di rumah. Ya sudah, silahkan dilanjutkan.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post