» » » Cara Membuat Masakan Ayam Sisit Khas Bali

Cara Membuat Masakan Ayam Sisit Khas Bali - Wisata kuliner Nusantara kali ini akan kembali hadir dengan sebuah masakan tradisional daerah Bali. Nama masakan ini kalau diinggriskan yaitu Balinese Shredded Chicken atau biasa dikenal dengan sebutan ayam sisit Bali.

Yang belum pernah mencicipi masakan ini pasti mau ikutan mencoba bersama-sama bukan? Menu masakan yang terbuat dari bahan dasar ayam kan memang banyak digemari tapi kalau kita masak-nya dengan resep yang itu-itu saja tentu akan membuat bosan.

Supaya terhindar dari parno menyantap masakan yang membosankan maka kita bisa menambahkan Resep Masakan Ayam Sisit ini kedalam salah satu koleksi resep ayam yang bisa disajikan untuk keluarga.

Jenis masakan khas daerah yang satu ini cukup unik, dan rasanya pun menarik. Yang paling seru, bahan-bahannya mudah dicari dan proses memasaknya mudah diikuti.

Hal ini tentu tidak akan menjadi penghalang bagi kita yang suka modifikasi resep untuk mencari dan menemukan menu baru sesuai selera.

Masakan ini adalah salah satu hidangan alternatif untuk acara tertentu seperti makan bersama keluarga besar, prasmanan atau acara lainnya seperti arisan dan sebagainya. Bagaimana dengan rasanya?

Untuk masalah rasa anda harus mencicipinya sendiri, tak akan cukup kata dan kalimat untuk menggambarkan nikmatnya sebuah sajian. Jika anda berminat anda bisa belajar cara membuat ayam sisit khas Bali ini dengan panduan yang akan diberikan, mau?

A. Bahan dan Bumbu Masakan Ayam Sisit 

Bahan dan bumbu tidak berbeda, bisa dibilang sama percis dengan berbagai bahan dan bumbu yang biasa digunakan untuk memasak ayam, khususnya untuk bumbu rempahnya. Kalau bahan mungkin bisa saja ada kombinasi atau kreasi lain.

Untuk anda yang ingin menikmati rasa khas dari masakan daerah tersebut bisa menggunakan resep ini. Pertama siapkan bahan dan juga bumbu-bumbunya sesuai daftar di bawah ini.

Bahan - Bahan / Ingredients
- 500 gr dada ayam
- 1 jeruk nipis ambil airnya, atau pakai secukupnya
- 4 sdm minyak

Bumbu yang dihaluskan 

  • 8 - 10 bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 5 - 7 cabe merah
  • 10 cabe rawit merah
  • 2 sdt terasi atau secukupnya
  • 1 batang sereh, ambil dalamnya
  • 5 daun jeruk purut
  • 3 cm kunyit
  • garam dan merica secukupnya

B. Cara Membuat Masakan Ayam Sisit Khas Bali

Gampang deh, anda tidak perlu takut jika ingin mencoba memasak masakan dari Bali ini. Yang perlu diingat sebaiknya anda menggunakan resep asli terlebih dahulu,

baru nanti setelah mencoba dan mengetahui bagaimana keunikan rasa yang dihasilkan anda bisa mulai melakukan kreasi menciptakan rasa yang lebih pas di lidah.

Asli gampang, tidak sulit seperti membuat masakan lain, kalau tidak percaya anda bisa langsung belajar memasak masakan ini dengan panduan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Bakar ayam sampai matang, dinginkan kemudian di suwir. Sisihkan
  2. Tuangkan minyak panas ke dalam bumbu yang dihaluskan, aduk rata
  3. Campur ayam suwir dengan bumbu. 
  4. Tambahkan jeruk nipis aduk dengan tangan atau sendok kayu sampai bumbu tercampur rata dengan ayam.
  5. Siap untuk disajikan
Bagaimana kita akan bosan kalau setiap minggu-nya selalu ada saja menu kejutan yang kita sajikan, bisa-bisa kalau kita sering belajar dan rajin mencoba berbagai resep yang ada disini anda bisa jadi koki handal di rumah.

Cara Membuat Masakan Ayam Sisit Khas Bali
Cara Membuat Masakan Ayam Sisit Khas Bali
[Lihat Video]

Kalau sudah selesai dengan Cara Membuat Masakan Ayam Sisit Khas Bali ini anda bisa lihat-lihat beberapa masakan Bali lainnya di bagian bawah. Jika tidak anda juga bisa mencari beberapa tips memasak yang penting untuk anda ketahui seperti misalnya cara menyimpan daging yang ayam, tips membersihkan dapur dan lain sebagainya. Semua ada disini, khusus untuk anda!

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post