» » » » Ikan Bakar Sambal Kecap

Resep Cara Membuat Ikan Bakar Sambal Kecap - menu bakar merupakan salah satu masakan yang banyak disukai karena rasanya yang lezat tanpa minyak. Bagi anda yang suka dengan ikan bakar dan sering membuat masakan seperti ini bisa mencoba resep yang akan kita bahas sekarang.

Untuk resep ikan bakar kecap ini bisa digunakan untuk berbagai jenis ikan yang anda suka, bisa ikan gurameh, ikan mas, nila dan berbagai ikan lain yang anda suka. Ikan bakar lezat dan gurih akan menjadi masakan yang sangat kita nikmati apalagi dengan penggunaan bumbu rempah segar yang khas. 

Dulu paling sering menyajikan masakan bahan dasar ikan hanya di goreng dengan resep yang sudah sangat sering digunakan. Awalnya keluarga di rumah sangat menikmati masakan sederhana tersebut namun lama kelamaan mereka jenuh dan bosan. 

Perlu ada kreasi masakan dengan bahan dasar ikan, jika biasanya dimasak goreng atau model tumisan atau dibakar dengan resep seadanya maka sekarang perlu berkreasi menciptakan menu ikan bakar baru dari bahan dasar ikan tersebut.

A. Bahan dan Bumbu

Jika anda ingin juga mencoba menu masakan yang satu ini anda bisa mencobanya bersama disini. Bahan-bahan yang dibutuhkan tidak banyak dan mudah disiapkan. Bumbu rempah yang diperlukan juga tidaklah sulit untuk disiapkan.

Cara memasak menu ini pun dijamin mudah seperti menu bakar lainnya.  Kalau anda sudah siap membuat masakan tersebut mari mulai langsung dengan menyiapkan bahan dan bumbu yang di butuhkan.

Bahan - Bahan
1 ekor Ikan ukuran sedang
5 sdm Kecap Manis
3 sdm Minyak untuk tumis
2 sdm Air Jeruk Nipis
1 sdm Air Asam Jawa

Bahan Bumbu
3 Cabe Merah Keriting
2 buah Cabe Rawit
7 siung Bawang Merah
4 siung Bawang Putih
2 sdt Ketumbar bubuk
1 ruas jari Jahe
1 sdt Garam

Bahan Sambal 
Kecap Manis
Tomat
Cabe Rawit
Bawang Merah
Air Jeruk Nipis

Kalau dikelompokkan bahan dan bumbunya bisa dibagi menjadi tiga. Pertama yaitu yang termasuk bahan dasar, semua ada di atas. Kedua adalah bahan untuk bumbu rempahnya. Ada cabai, bawang dan seterusnya.

Setelah itu kita juga harus menyiapkan bahan atau bumbu sambalnya. Apa saja, silahkan langsung disiapkan sesuai daftar di atas. Setelah siap semua bisa langsung mulai masak dengan langkah-langkah di bawah.

B. Cara Membuat Ikan Bakar Sambal Kecap

Yang paling lama adalah menyiapkan bumbu dan proses memanggang atau membakar. Supaya tidak menunggu terlalu lama dan bisa segera disajikan kita mulai saja langsung memasak menu spesial tersebut dengan langkah sebagai berikut.
  1. Bersihkan bagian perut ikan kemudian cuci bersih.
  2. Masukkan ikan ke dalam wadah rendam dengan perasan air jeruk, aduk secara merata lalu diamkan selama 20 menit.
  3. Tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai harum kemudian tambahkan air asam jawa dan kecap manis dan aduk sampai rata. Angkat
  4. Olesi ikan dengan bumbu yang telah matang kemudian bakar ikan sambil kembali dioles menggunakan sisa bumbu sampai matang.

Apa lagi yang di tunggu, selain lezat dan gurih masakan seperti ini memang terkenal murah dan mudah disiapkan. Mudah-mudahan dengan tambahan koleksi resep ikan bakar yang satu ini bisa menambah variasi menu yang bisa disajikan.

Resep Ikan Bakar Sambal Kecap

Semakin banyak jenisnya maka kita tidak akan bosan menyantapnya. Terakhir pastikan anda tambahkan sedikit cinta sebagai bumbu pamungkas. Berkreasi di dapur akan lebih menyenangkan dengan menu pilihan. Selamat mencoba!

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post