» » » Cara Membuat Opor Ayam Spesial untuk Lebaran

Cara Membuat Opor Ayam Spesial untuk Lebaran - Salah satu menu wajib di hari lebaran idul fitri adalah masakan berkuah kental yang lezat, salah satunya masakan opor ayam. Masakan ini dipilih sebagai pendamping untuk menu ketupat lebaran. Disini kita akan mencoba salah satu Resep Opor Ayam yang tentunya spesial untuk disajikan di hari lebaran idul fitri.

Jenis kreasi masakan bahan dasar ayam ini sebenarnya cocok disajikan tidak hanya saat lebaran saja melainkan bisa kita sajikan di acara dan kesempatan lain seperti misalnya syukuran, acara keluarga dan lain sebagainya. Tetapi apapun acaranya yang terpenting adalah kita berusaha menyiapkan sebuah menu atau sajian yang lezat, nikmat dan disukai.

Bagi anda yang sedang mencari ide menu masakan dan ingin sesuatu yang baru bisa mencoba masakan ini. Kalau belum pintar memasaknya anda bisa mengikuti panduan Cara Memasak Opor Ayam yang akan dijelaskan pada kesempatan ini. 

Bahan Untuk Membuat Opor Ayam Spesial 

Sebenarnya anda tidak perlu khawatir dan ragu untuk menyajikan menu ini. Karena bahan dan bumbu yang digunakan sudah umum ditemui, cara membuatnya pun tergolong mudah. Anda ingin mencoba memasaknya sendiri? Silahkan mulai dari menyiapkan bahan-bahan serta semua bumbu yang dibutuhkan sesuai pada daftar berikut.

Bahan Dasar
1 Ekor Ayam
1 Buah Kelapa

Bumbu Halus
10 btr bawang merah
5 siung bawang Putih
1 ruas laos
2 lembar daun Salam
5 btr Kemiri
1 btg Sereh
1 sdm ketumbar
1/2 sdm jinten
Garam secukupnya
1/2 sdt lada

Cara Membuat Opor Ayam untuk Lebaran

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, untuk membuat masakan ini caranya tidak sulit. Anda bisa langsung memulainya dengan panduan langkah demi langkah yang akan dijelaskan. Dijamin bisa, dan dijamin tidak susah, silahkan baca panduan cara memasak berikut.
  1. Daging ayam dibersihkan kemudian dipotong dengan .
  2. Kelapa diparut kemudian ambil santannya, pisahkan santannya antara yang kental dan yang cair.
  3. Masukkan bumbu halus ke dalam santan kental kemudian masak hingga mendidih.
  4. Tambahkan daging ayam yang telah dipotong ketika mendidih, tambahkan santan cair dan rebus terus hingga daging menjadi empuk dan matang.
Masakan ini akan mantap disajikan dengan ketupat - kebiasaan umum di hari lebaran - atau bisa juga dengan tambahan variasi lain yang mungkin anda miliki. Semoga ide ini bisa menjadi tambahan referensi bagi anda semua yang sedang mencari Resep Masakan Lebaran yang enak dan lezat dan mudah di masak. Jangan lupa lihat juga beberapa menu lain di bawah.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post