» » » » Cara Membuat Arem Arem Lezat Mantap

Cara Membuat Arem Arem Lezat Mantap - Pernah dengar nama jenis masakan daerah yang satu ini bukan? Ya, arem-arem adalah jenis masakan kreasi nasi dengan pengolahan khas dan bahan serta bumbu yang memiliki ciri kedaerahan. Masakan ini enak dan lezat, kalau anda belum pernah mencoba masakan ini sebaiknya anda segera mencobanya. 

Dikenal di banyak daerah, masakan yang satu ini menjadi salah satu alternatif menu spesial yang tentunya bisa kita pilih untuk hidangan pada acara tertentu atau hari spesial. Biasanya masakan ini banyak disajikan untuk teman ngopi atau teman minum teh di sore hari saat santai bersama keluarga. 

Masakan khas arem-arem ini terbuat dari bahan dasar beras (nasi) dengan beberapa tambahan seperti santan dan juga daging. Sederhananya, masakan ini merupakan kreasi masakan nasi isi khas daerah dengan bahan kulit dan isian di dalamnya. 

Untuk membuat masakan ini tidaklah sulit dan jika anda sering menyajikan resep khas daerah saya rasa menu ini juga akan bisa dengan mudah anda sajikan. Bagi yang ingin mencoba sajian ini namun belum pernah membuatnya sendiri bisa belajar dengan Resep Arem Arem Lezat yang akan diberikan disini.

Bahan-Bahan Arem Arem

Yang ingin belajar membuat arem-arem dengan mudah bisa langsung menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Bahan tersebut terdiri dari 4 jenis bahan yaitu selengkapnya seperti dalam daftar berikut.

Bahan nasi
500 gr beras, cuci tiriskan.
300 ml santan encer.
700 ml air
1 sdt garam.
2 lbr daun salam.

Bahan Isi
350 gr daging cincang.
1 buah wortel, potong dadu kecil-kecil.
300 ml santan.

Bumbu halus
4 siung bawang putih.
4 siung bawang merah.
5 buah cabai merah.
1 buah tomat (yang ini cincang saja).
2 cm lengkuas.
2 sdt gula pasir.
1 sdt garam.
10 cm serai dimemarkan.

Bahan lain
Daun pisang, potong kira2 10x20 cm, jika daunnya keras, rendam dalam air panas terlebih dahulu.

Cara Membuat Arem Arem Lezat Mantap

Sudah siap dengan bahan-bahan yang akan dimasak, anda bisa baca lagi sedikit petunjuk memasak berikut sebelum mencoba membuat sendiri. Seperti yang sudah diungkapkan di awal, untuk membuat masakan ini tidak sulit, cara mudahnya silahkan ikuti langkah berikut:
  1. Aduk beras bersama air, santan, garam, dan daun salam, didihkan dengan api sedang sampai menjadi nasi lembek. Sesekali diaduk karena santan pada bawah panci akan cepat matang.
  2. Tumis bumbu halus, masukan daging halus, aduk sampai air daging habis dengan api sedang
  3. Tuangi santan dan wortel, aduk, didihkan dengan api kecil sampai santan susut
  4. Siapkan daun, ambil nasi, letakkan di tengah-tengah, tekan-tekan hingga padat, merata, dan melebar.
  5. Isi dengan 1 sdm daging, gulung nasi sampai daging tertutup nasi.
  6. Gulung daun sambil ditekan hingga padat
  7. Lipat kedua sisi sambil ditekan hingga padat
  8. Kukus 1 jam. Sajikan dingin, kalau panas nasi masih belum memadat.

Arem Arem Lezat Mantap

Kalau anda suka dengan sajian ini mudah-mudahan Cara Membuat Arem Arem Lezat Mantap dapat menambah referensi aneka sajian yang ada di rumah. Jangan lupa, selain arem-arem masih ada beberapa kuliner khas lainnya yang juga patut anda coba. Lihat dan pelajari saja di bagian bawah.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post