» » » » » Resep Sop Ikan Gurame Spesial Untuk Berbuka

Resep Sop Ikan Gurame Spesial Untuk Berbuka - Bulan puasa memang bulan yang cukup sibuk terutama untuk kita kaum ibu. Kenapa demikian, pada bulan ini kita harus ekstra untuk mengatur segala menu yang kita hidangkan agar tubuh keluarga kita semua tetap fit selama menjalankan puasa. Pada bulan puasa kita harus pintar memilih berbagai menu masakan, resep yang sehat, sajian yang enak. 

Untuk menambah referensi Masakan Khas Daerah akan berbagi satu resep spesial yang cocok untuk kita hidangkan sebagai hidangan berbuka yaitu Resep Sop Ikan Gurame Spesial. Jika anda sedang mencari ide untuk menu utama berbuka silahkan coba masakan ini.

Sop Ikan Gurame Spesial dibuat dengan menggunakan bahan dasar ikan gurami dengan berbagai bumbu rempah yang bervariasi. Masakan ini cocok untuk berbuka puasa karena merupakan masakan kuah yang segar dan lezat. Ingin mencoba masakan ini?

Bahan dan Bumbu Sop Ikan Gurame Spesial

Ingin mencoba masakan ini, silahkan langsung mulai disiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Bahan dan semua bumbu yang dibutuhkan yaitu seperti pada daftar berikut!

Bahan dasar dan bumbu
1 ekor gurame
4 siung bawang merah, diiris tipis
2 siung bawang putih, iris tipis, goreng
2 siung bawang putih, memarkan
1 buah tomat hijau 
5 cm jahe, dimemarkan
500 cc air
1/2 sdt gula pasir atau secukupnya
1 sdt garam atau secukupnya
1 sdt lada bubuk atau secukupnya
Penyedap rasa, jika diperlukan
1 sdm kecap ikan
2-3 tangkai daun kemangi
2 batang daun seledri, iris-iris
5 buah cabai rawit merah
1 sdm kecap asin
1 batang sereh dikeprek

Cara Membuat Sop Ikan Gurame Spesial Untuk Berbuka

Untuk membuat sop ini tidak berbeda jauh dengan membuat sop lain, anda yang masih sedikit bingung dengan Resep Sop Ikan Gurame Spesial Untuk Berbuka ini silahkan ikuti langkah-langkah membuatnya sebagai berikut!

  1. Ikan dibersihkan kemudian dipotong dan dilumuri air jeruk, parutan bawang putih beserta parutan jahe, lalu diamkan selama 30 menit.
  2. Siaplkan wajan lalu tumislah irisan bawang merah dan bawang putih sampai harum. Tumisan dihaluskan dan pisahkan.
  3. Kembali lagi, tumis bawang putih yang dikeprek, sisihkan.
  4. Air dimasak sampai mendidih, tambahkan bawang putih yang dikeprek, jahe dan sereh. Tambahkan juga bawang, bawang putih dan bawang merah goreng yang dihaluskan, kaldu, lada bubuk, kecap ikan, kecap asin dan gula pasir ( penyedap rasa bila suka ).
  5. Setelah diaduk-aduk kemudian masukkan ikan gurame dan masaklah sampai matang. setelah matang matikan api kompor dan tambahkan potongan tomat, perasan jeruk agar segar dan seledri jika anda suka. Apabila anda suka pedas anda dapat menambahkan cabe rawit. 
Sebagai masakan spesial berbuka puasa Sop Ikan Gurame mengandung sejumlah vitamin, protein dan omega 3 yang baik untuk kesehatan anda. Pada Bulan Puasa Ramadhan anda diharuskan menjaga keseimbangan tubuh dengan pola makanan dengan masakan sehat. Silahkan coba Resep Sop Ikan Gurame Spesial Untuk Berbuka tersebut sebagai salah satu hidangan pilihan untuk berbuka puasa. 

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post