» » » Masakan Pindang Khas Kudus, Siapa yang Mau?

Masakan Pindang Khas Kudus - Sebenarnya sudah ada beberapa menu pindang yang sebelumnya kita pelajari namun untuk melengkapi berbagai koleksi resep masakan khas daerah yang ada kali ini kita akan mencoba lagi resep pindang khususnya yang khas asli dari daerah Kudus. Jika anda penyuka masakan pindang silahkan ikut mencobanya.

Masakan pindang merupakan salah satu jenis masakan yang banyak digemari. Siapa yang tidak tahu dengan pindang, dan siapa yang tidak mau dengan masakan ini? Yah, meski cukup populer namun masih ada banyak yang belum bisa menyajikan sendiri menu daerah ini khususnya versi khas Kudus.

Sedikit berbeda dengan beberapa pindang dari daerah lain, Resep Pindang Khas Kudus menggunakan bahan daging sapi dan bukan ikan. Untuk bumbu dan bahan lain tidak berbeda jauh namun yang perlu dicatat pada pindang kudus digunakan bahan tambahan seperti buah keluwak dan juga daun melinjo.

Anda ingin belajar memasak menu spesial ini? Tidak perlu khawatir, untuk membuat masakan Kudus ini caranya tidaklah sulit dan saya yakin anda pasti bisa membuatnya sendiri di rumah. Kalau anda ingin segera mencoba masakan ini silahkan ikuti panduannya berikut!

Bahan dan Bumbu Pindang Khas Kudus

Untuk memulai belajar memasak pindang Kudus silahkan siapkan dulu bahan-bahan serta bumbu yang dibutuhkan. Apa saja bahan dan bumbunya silahkan siapkan sesuai daftar di bawah ini'

Bahan dasar
400 gram daging sapi bagian sandung lamur
1 1/2 liter air
2 lembar daun salam
1 ibu jari lengkuas, memarkan
3 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus
7 bawang merah
3 bawang putih
3 buah keluwak, ambil daging buahnya, rendam air hangat sampai lunak, tiriskan
1 sdm ketumbar sangrai
2 cm jari kunyit
1 sdt terasi goreng, jika suka
2 sdt garam
1 sdm gula merah
300 ml santan
1 sdm air asam jawa
25 gram daun melinjo

Cara Membuat Masakan Pindang Khas Kudus

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, membuat masakan ini tidaklah sulit. Anda tidak percaya, silahkan coba saja sendiri langkah-langkah memasak pindang Kudus di bawah ini.

  1. Rebus daging bersama daun salam, dan lengkuas sampai empuk. Angkat, potong daging kecil-kecil. Sisihkan. Didihkan kembali kaldunya.
  2. Panaskan minyak di atas api sedang, tumis bumbu halus sampai harum dan matang. 
  3. Masukkan irisan daging, aduk sampai rata. Angkat, masukkan tumisan ke dalam rebusan kaldu.
  4. Beri santan dan air asam jawa. Masak sambil aduk-aduk sampai mendidih dan kuah kental. Masukkan daun melinjo, aduk sampai daun melinjo layu.
  5. Angkat sajikan untuk 6 orang
Jangan lupa, saya selalu mengingatkan kepada anda bahwa bahan dan bumbu yang paling penting dalam menyajikan suatu masakan adalah "cinta", jadi pastikan anda memasak pindang Kudus ini dengan penuh cinta. Mudah-mudahan dari tangan anda akan tersaji menu pindang kreasi yang sangat dinikmati oleh keluarga di rumah. Itu saja silahkan dicoba!

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post