» » » Bahan Bumbu dan Cara Membuat Sate Khas Kudus

Masakan Khas Daerah - Masih dengan berbagai kuliner Nusantara asli kali ini kita akan berwisata kuliner ke daerah Kudus Jawa Tengah dengan masakan nikmatnya yaitu "Sate Khas Kudus". Untuk penggemar sate anda harus mencoba satu kreasi sate dari Kudus ini, enak dan banyak yang suka. Kalau mau, bisa datang ke Kudus atau membuatnya sendiri di rumah dengan panduan memasak Sate Khas Kudus yang akan diberikan.

Untuk sate khas Kudus bahan daging yang digunakan bukan daging ayam atau daging kambing tapi daging kerbau. Belum pernah menyantap sate daging kerbau kan? Makanya kali ini kita belajar dulu cara membuat sate kudus tersebut.

Siapkan bahan-bahannya, siapkan juga bumbunya dan ikuti langkah membuatnya, mudah kok, yang namanya sate ya seperti itulah cara memasaknya. Tidak usah lama-lama langsung siapkan buku resep yang ada untuk mencatat panduannya berikut.

Bahan - Bahan Sate Khas Kudus

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahan dasar sate ini adalah daging kerbau. Bagi yang jarang atau belum pernah menyantap nikmatnya sate kerbau tentu sajian ini akan menjadi pilihan yang mantap untuk dinikmati. Selain daging ada bahan lain yang digunakan, selengkapnya yaitu seperti pada daftar berikut:

Bahan Dasar
1 sdt asam jawa, larutkan dengan 50 ml air
3 sdm kecap manis
2 sdm minyak goreng
400 gram daging kerbau, potong dadu

Bumbu Halus
Saus kacang
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Saus Kacang
3 siung bawang putih
7 buah cabai merah keriting
1 sdt garam
2 lembar daun jeruk purut
100 gram kacang tanah kulit, goreng, haluskan
500 ml air
5 sdm kecap manis
1 sdm gula merah
1 sdt garam
1/4 butir kelapa setengah tua, sangrai, haluskan

Cara Membuat Sate Khas Kudus

Sudah siap semua, mari kita langsung mulai saja, caranya mudah, anda tinggal ikuti seperti langkah yang dijelaskan di bawah ini. Yuk langsung dimulai membuat sate kudus tersebut!

  1. Pertama panaskan minyak, tumis bumbu halus dan daun jeruk purut sampai matang dan harum. 
  2. Masukkan kacang tanah,air, kecap manis, gula merah, garam, dan kelapa setengah tua. 
  3. Aduk rata, masak sampai saus kental dan sedikit berminyak, angkat.
  4. Campur air asam, kecap manis, dan minyak goreng. 
  5. Aduk bersama potongan daing kerbau. 
  6. Diamkan selama 1 jam. 
  7. Tusuk 4-5 potong daging dengan tusukan satai. 
  8. Bakar di atas bara api sambil diolesi dengan sisa bumbu. Bakar sampai matang. 
  9. Angkat dan sajikan untuk 15 tusuk
Mudah bukan, sekarang anda bisa mencobanya sendiri di rumah. Mudah-mudahan resep sate khas Kudus tersebut bisa berkenan di hati seluruh anggota keluarga di rumah. Pastikan semua bahan, bumbu dan cara pembuatan sesuai.

Hasil akhir setiap resep akan berbeda rasanya, semua tergantung pada tangan kita masing-masing. Pastikan anda selalu membubuhkan cinta dalam setiap sajian sedap yang anda siapkan. Sampai disini saja selamat mencoba menu sate Kudus tersebut!

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post