» » » Cara Memasak Soto Bangkok Daerah Semarang

Soto Bangkok Semarang - Hobi dengan soto, sudah pernah mencicipi Soto Bangkok Semarang? Kalau belum dan jika anda tidak sempat jauh-jauh pergi ke Semarang anda bisa memasaknya sendiri di rumah. Bagaimana cara membuat Soto Bangkok ini, temukan jawabannya pada panduan resep berikut! Dijamin mudah dan lezat hasilnya.

Pertama kita siapkan bahan - bahan yang dibutuhkan, bahan dasar, bumbu juga pelengkap, jangan lupa disiapkan semua sesuai daftar berikut. Setelah itu kita bisa langsung ke proses memasak masakan khas Semarang tersebut. Bahan, bumbu dan pelengkap Soto Bangkok Semarang selengkapnya sebagai berikut:

Bahan - Bahan
3 sdm minyak, untuk menumis
2 lembar daun salam
2 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
1 ekor (800 g) ayam kampung, potong 4 bagian
1 1/2 sdt garam
1 sdm kecap manis
2 L air
100 g taoge, siangi, seduh dengan air panas, tiriskan
100 g suun, rendam dalam air panas hingga lunak, tiriskan
Bumbu, haluskan:
2 cm kunyit bakar
1 sdt merica butiran
6 siung bawang putih

Pelengkap
6 porsi (600 g) nasi putih
2 batang bawang daun, potong-potong 1 cm
2 buah jeruk nipis
3 sdm bawang merah goreng
50 ml kecap manis
Sambal rawit, rebus hingga matang, haluskan:
10 buah cabai rawit merah
10 buah cabai rawit hijau
1/8 sdt garam

Setelah siap dengan segala keperluan dan kebutuhan yang akan kita gunakan kita lanjut ke proses pembuatan atau proses memasak. 

Cara Memasak
Cara membuat Soto Bangkok Semarang ini tidaklah sulit. Hampir sama dengan soto lain, jadi silahkan langsung kita ikuti langkah demi langkah sebagai berikut:
  1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, daun salam, dan serai hingga harum. Masukkan potongan ayam, garam, dan kecap manis, aduk rata. Tuangi air, didihkan.
  2. Masak hingga ayam matang, angkat. Suwir-suwir ayam, masukkan kembali ke dalam kuah. Didihkan kembali. Angkat.
  3. Atur taoge dan suun dalam mangkuk saji, siram dengan kuah soto.
  4. Sajikan selagi panas bersama pelengkap dan sambal rawit. 
Mudah bukan, sekarang anda bisa mencoba sendiri Resep Soto Bangkok Khas Semarang di atas sebagai salah satu menu di waktu libur dan santai. Jika anda berminat, silahkan coba juga berbagai resep khas daerah Semarang lainnya yang ada di bagian bawah. 

Jangan lupa, selalu gunakan cinta sebagai bahan rahasia pada setiap masakan yang kita buat. Jadikan semua sajian menjadi perekat cinta kasih di antara keluarga. Selalu belajar dari website ini dan serahkan sisanya pada tangan terampil kita. Sampai bertemu esok!

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post