» » » Panduan Resep Soto Udang Daerah Medan

Resep Soto Udang Medan - Kursus masak gratis ya hanya di situs ini, seperti sekarang dimana kita akan belajar dari sebuah masakan khas daerah yaitu "Resep Soto Udang Medan". Sesuai dengan judulnya, masakan yang satu ini tentu berasal dari daerah Medan tersebut. Apa saja bahan dan bumbu masakan ini dan bagaimana cara membuat-nya, simak panduan lengkapnya berikut.

Sedikit mengingatkan sebelum kita sampai ke intinya, untuk menghasilkan sebuah cita rasa yang lezat dan sesuai dengan selera kita memang harus banyak belajar dari berbagai menu baik itu menu lokal maupun menu luar negeri. Salah satu yang kaya akan kelezatan dan keunikan adalah resep warisan nusantara yang sudah terkenal bahkan sampai keluar negeri.

Sajian-sajian tersebut memiliki keunikan tersendiri berkat berbagai rempah bumbu yang digunakan. Begitu banyak variasi masakan dari lokal ini dan saya rasa cukup untuk kita jadikan menu dasar yang bisa disajikan sehari-hari. Salah satunya seperti Soto Udang Medan yang akan segera kita coba bersama.

Bahan dan Bumbu

Jenis masakan berkuah seperti Soto Udang Medan ini memang menggunakan banyak bahan dan bumbu rempah. Hal inilah yang menyebabkan rasa dari sajian ini begitu beragam dan lezat sehingga sangat menggugah selera.

Jika anda ingin belajar menyajikan sendiri masakan soto khas daerah yang satu ini anda bisa memulainya dengan menyiapkan berbagai bahan dan bumbu yang di butuhkan. Bahan dan bumbu-bumbu tersebut selengkapnya seperti tertulis pada daftar berikut.

Bahan Dasar
1 ekor ayam kampung, potong-potong
1 sdt garam
1/2 sd air
300 gr udang, kupas
1 lbr daun salam
1 btg serai, memarkan
2 lbr daun jeruk
300 ml santan kental dari 1 btr kelapa
1 sdt garam
1/4 sdt lada bubuk
1/2 sdt gula pasir
1 btg daun bawang, potong-potong
3 sdm minyak untuk menumis

Bahan Bumbu
6 bh bawang merah
4 siung bawang putih
1/2 sdt ketumbar
3 cm kunyit bakar
1 cm jahe
2 cm lengkuas

Cara Membuat Soto Udang Medan

Karena ini merupakan panduan resep maka sudah tentu kita akan kupas juga cara memasak sajian ini. Yang sudah menyiapkan bahan serta bumbunya silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Rebus ayam berserta lada dan garam hingga ayam lunak, ukur kaldunya 750 ml, angkat lalu suwir-suwir daging ayam, sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus, daun salam, serai dan daun jeruk sampai harum. Masukkan udang, aduk hingga berubah warna.
  3. Tambahkan kaldu, santan, garam, ? sdt lada dan gula pasir, didihkan sambil diaduk.
  4. Tata ayam suwir ke dalam mangkuk, tambahkan daun bawang, siram dengan kuah panas lalu hidangkan untuk 5 orang 
Dalam membuat Resep Soto Udang Medan ini yang perlu diingat dan jangan sampai lupa adalah tambahkan juga bumbu "cinta" dan "kasih sayang" dengan sentuhan tangan-tangan terampil kita sehingga sajian sedap tersebut bisa menjadi sajian yang sempurna dan dinantikan oleh seluruh keluarga. 

Mudah-mudahan dengan belajar memasak Soto Udang Medan ini anda semua mendapatkan satu resep baru yang bisa menjadi pilihan untuk disajikan. Jangan lupa coba lagi berbagai resep khas daerah lain yang anda belum pernah memasaknya. Terima kasih, selamat memasak.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post