» » » Resep Babat Gongso Semarang

Panduan Resep Babat Gongso Khas Semarang - Pengen jalan-jalan ke Semarang tapi belum ada waktu, sebagai gantinya bikin masakan babat gongso ciri khas kota tersebut. Yang mau ikutan belajar membuat masakan khas daerah tersebut bisa mengikuti saya dengan panduan yang akan diberikan. Lumayan, bisa untuk tambahan koleksi resep nusantara yang sudah ada di rumah.

Masakan ini adalah satu masakan khas yang menggunakan bahan dasar babat, dimasak dengan kombinasi bubu rempah yang beragam membuat rasa masakan menjadi khas dan melekat dilidah yang menikmatinya.

Makanan yang sudah terkenal ini tidak susah untuk disiapkan, hanya beberapa langkah dan kita bisa menikmatinya sendiri di rumah kita. Yuk ikuti langsung panduan untuk Resep Babat Gongso tersebut.

Siapkan buku catatan resepnya ya, kita akan langsung mulai memasak masakan ini. Kita mulai dari menyiapkan semua bahan-bahan dan bumbu yang akan kita olah. Bahan dan bumbu tersebut selengkapnya seperti dalam daftar berikut.

Bahan dan Bumbu Babat Gongso
600 gram babat 
4 siung bawang putih yang dihaluskan 
4 butir bawang merah yang diiris tipis 
4 buah cabai merah besar yang dihaluskan 
4 sendok makan kecap manis 
1 sendok teh garam 
1/2 sendok teh merica bubuk 
1 sendok teh gula pasir 
500 ml air 
1 sendok makan minyak untuk menumis 
2 sendok makan bawang merah goreng untuk taburan 
2 lembar daun salam 
4 cm jahe yang dimemarkan 
2.000 ml air 

Cara Membuat Babat Gongso
Seperti yang sudah saya singgung di awal, Resep Babat Gongso ini tergolong mudah untuk dibuat. Jika anda tidak percaya, silahkan langsung baca cara membuat masakan babat gongso yang akan dipaparkan langkah demi langkah sebagai berikut:

  1. Pertama didihkan air, rebus babat, daun salam, jahe, dan air sampai empuk. Angkat. 
  2. Kemudian, potong babat menjadi berukuran 4?4 cm. 
  3. Selanjutnya, panaskan minyak. Tumis bawang putih, bawang merah, dan cabai merah sampai harum. 
  4. Masukkan babat ke dalam tumisan. Aduk rata, 
  5. Tambahkan kecap manis, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Aduk rata. 
  6. Tuang air dan masak hingga semua bumbu meresap. Angkat. 
  7. Babat Gongso Khas Semarang siap disajikan. Lengkapi dengan taburan bawang goreng agar lebih nikmat. 
  8. Untuk 5 Porsi
Agar lebih nikmat dalam penyajiannya, kita bisa menambahkan taburan bawang goreng saat menyajikan masakan tersebut. Ternyata tidak sulit bukan Resep Babat Gongso ini, makanya saya ajak anda semua untuk mencobanya di rumah. Pasti bisa jadi menu pilihan keluarga.

Resep Babat Gongso Semarang

Besok saya akan menyiapkan resep lain yang bisa kita pelajari, jadi jangan lupa besok berkunjung lagi ke blog masakan ini. Semakin banyak kita belajar resep khas maka akan semakin banyak pula pilihan sajian sedap yang bisa kita berikan untuk seluruh anggota tercinta. Jangan lupa, taburkan cinta dalam setiap masakan anda. Sampai disini, selamat mencoba!

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post