» » » Kreasi Masakan Mie Kopyok Daerah Semarang

Masakan Mie Kopyok Semarang - Jenis masakan dengan bahan dasar mie memang banyak sekali kita jumpai, dan banyak juga memang yang menyukai masakan dari bahan dasar tersebut. Salah satu yang bisa kita nikmati adalah kreasi masakan mie yang berasal dari daerah Semarang yaitu "Masakan Mie Kopyok". Masakan ini bahan-bahannya berbeda dari yang lain, dan untuk yang belum pernah mencoba silahkan baca penjelasan saya berikut.

Saya mengatakan bahwa masakan mie yang satu ini berbeda dengan yang lain bukan karena tanpa alasan. Masakan ini tentunya mewakili keunikan atau ciri daerah asalnya baik dalam hal bahan dan bumbu maupun dalam segi rasa. Masakan Mie Kopyok Semarang ini menggunakan mie dan bahan lain seperti lontong dan juga tahu kopong.

Jika anda berkunjung ke kota Semarang tentunya anda akan dengan mudah berwisata kuliner disana mencari berbagai masakan khas daerah yang belum pernah di coba namun, jika anda sedang tidak ada di sana anda bisa belajar membuat sendiri masakan ini di rumah. Untuk panduan bagi yang ingin membuatnya, berikut saya sertakan lengkap Resep Masakan Mie Kopyok yang bisa dipelajari.

Perlu diperhatikan, untuk membuat masakan ini ada beberapa jenis bahan yang harus kita persiapkan. Bahan-bahan tersebut yaitu bahan dasar, bahan sambal, dan juga bahan kuah. Bahan-bahan tersebut selengkapnya dapat anda siapkan sebagai berikut.

Bahan dasar
Lontong, sudah jadi 
Mie basah (biasanya berwarna kuning) , seduh dengan air panas 
Tahu pong , iris-iris 
Taoge , seduh dengan air panas 

Bahan kuah / bumbu 
Bawang putih 
Garam 
Air 

Bahan Sambal
Cabe
Garam 

Sebenarnya masakan ini sangat mudah untuk dibuat, bisa dikatakan jika anda sudah selesai menyiapkan bahan-bahan di atas berarti anda sudah selesai menyiapkan Masakan Mie Kopyok Semarang tersebut karena pada intinya kita hanya perlu mencampur bahan-bahan yang ada karena bahan yang digunakan kebanyakan sudah siap santap.

Meski begitu anda perlu membaca panduan langkah demi langkah cara membuat Mie Kopyok yang akan dijelaskan berikut:
Pertama haluskan bawang putih dan garam (bawang putih tidak halus benar tidak apa-apa), beri air. 
Kemudian kita buat sambalnya dengan cara rebus cabe, haluskan dengan garam, beri sedikit air panas. 
Setelah itu siapkan seledri, iris-iris, bawang merah goreng, karag / krupuk gendar goreng dan kecap 
Selesai dengan tahap itu kita tinggal menyajikannya dengan cara letakkan / tata di piring : lontong, mie, taoge dan irisan tahu pong, beri kuah. 
Kemudian taburi seledri dan bawang merah goreng, beri krupuk gendar yang sudah di remas-remas, beri kecap dan sajikan dengan sambalnya.
Sajikan saat panas.

Kreasi Masakan Mie Kopyok Daerah Semarang


Praktis dan mudah bukan Masakan Mie Kopyok Semarang tersebut. Karena itulah tidak ada salahnya anda mencoba membuat sendiri masakan spesial Semarang tersebut untuk keluarga tercinta. Berbagai kombinasi dan kreasi masakan seperti juga masakan ini tentunya tidak lepas dari pengaruh tangan-tangan trampil yang kita miliki. 

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post