» » » Cara Membuat Tahu Campur Khas Daerah Lamongan

Tahu Campur Khas Lamongan - Sobat remaja putri dan kaum ibu semua di rumah, kali ini kita akan belajar membuat satu sajian spesial lagi, sajian ini berasal dari daerah Lamongan Jawa Timur, namanya "Masakan Tahu Campur Khas Lamongan". Sudah pernah mencicipi masakan ini? Bisa membuatnya tidak?

Tenang saja, kalau anda belum pernah mencoba enaknya sajian ini dan belum bisa membuat Tahu Campur Lamongan ini anda bisa belajar memasaknya dengan panduan yang akan diberikan. Resep Khas Lamongan adalah salah satu resep yang banyak di cari dan sudah lumayan terkenal. Karena itulah kali ini khusus bagi yang belum mengenal kuliner ini akan kita bahas tentang masakan ini lebih dalam.

Tahu Campur Lamongan terbuat dari beragam bahan dan juga bumbu rempah. Masakan ini menggunakan bahan tahu, perkedel singkong dan juga tetelan sapi. Bukan cuma itu, masakan ini juga menggunakan kikil sapi rebus dengan kombinasi bumbu rempah yang beragam. Untuk membuat masakan ini mudah, tidak ribet dijamin anda bisa dengan mudah mengikuti langkah-langkahnya.

Untuk rasa, menu ini memberikan sajian rasa yang cukup lezat dengan khas rasa masakan Jawatimuran. Saya tak begitu pandai mengungkapkan bagaimana rasa nikmat saat menyantap masakan ini tapi satu kata adalah Tahu Campur Lamongan ini "enak" rasanya.

Bahan dan Bumbu Tahu Campur Khas Lamongan

Makin penasaran dengan masakan ini, ya sudah kita mulai siapkan saja berbagai bahan serta bumbu yang di butuhkan. Semua bahan dan bumbu lengkap dengan takarannya bisa langsung disiapkan sesuai daftar di bawah ini.

Bahan
350 gram tetelam sapi rebus, potong-potong
1 liter kaldu (air sisa rebusan tetelan) 
200 gram kikil sapi rebus, potong-potong 
4 lembar daun jeruk, buang tulang daun 
2 tangkai serai, memarkan 
3 cm lengkuas, memarkan 
2 lembar daun salam

Bumbu
5 siung bawang putih 
1 sdm ketumbar 
3 cm kunyit 
1 sdt merica butir 
2 sdt garam 
2 sdm petis udang 
100 gram tauge, seduh air panas 
100 gram mi basah, seduh air panas 
4 buah tahu, goreng 
4 buah perkedel singkong 
Daun selada, potong-potong 
Bawang goreng 
Kerupuk udang

Cara Membuat Tahu Campur Khas Lamongan

Sudah siap semua, mari langsung sajikan masakan ini. Langkah-langkah memasak Tahu Campur ini seperti dijelaskan di bawah ini.

  1. Didihkan air kaldu, tetelan, kikil, daun jeruk, serai, lengkuas, daun salam, dan bumbu halus sampai harum. Angkat.
  2. Letakkan 1 sendok makan petis udang di piring, atur mi basah, tauge, tahu, perkedel singkong, dan daun selada. 
  3. Siram dengan kuah daging dan taburi dengan bawang goreng sajikan bersama kerupuk udang untuk 6 Porsi
Mudah-mudahan Resep Tahu Campur Khas Lamongan ini bisa menjadi salah satu resep andalan untuk disajikan pada saat-saat spesial di rumah. Nantikan juga berbagai menu Lamongan lain yang tak kalah nikmat dari yang ini. Sampai disini, selamat memasak

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post