» » » Belajar Resep Masakan Brongkos Yogyakarta

Resep Brongkos Yogyakarta - Pernah dengar masakan khas Yogyakarta yang namanya "Brongkos"? Kalau anda berasal dari Jogja pasti kenal dengan kuliner daerah yang satu ini, hari ini secara khusus kita akan belajar bagaimana memasak menu Brongkos tersebut dengan panduan resep yang akan diberikan secara detail. Masakan ini cukup enak kok dan banyak juga yang suka jadi tidak ada salahnya kita belajar.

Kita tidak akan membahas mengenai asal usul masakan Brongkos atau sejarah makanan Brongkos, jika anda ingin tahu mengenai hal itu anda bisa cek di google saja. Disini kita akan langsung belajar masak supaya bisa cepat mencicipi kuliner nikmat tersebut. Untuk memulainya mari kita siapkan langsung bahan dan bumbu yang dibutuhkan.

Bahan - Bahan Brongkos Yogyakarta
150 gram kacang tolo
200 gram daging sapi, potong-potong kecil
150 gram tempe, potong kecil-kecil
750 ml santan dari 1/2 butir kelapa
4 sdm minyak, untuk menumis

Bumbu Masakan Brongkos
5 butir bawang merah
4 siung bawang putih
8 buah cabai merah keriting
3 buah keluwak
3 buah kemiri
1/2 sdt ketumbar
1 cm kencur
1 1/2 sdt garam
10 buah cabai rawit merah, biarkan utuh
2 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk purut
2 batang serai, memarkan
3 cm lengkuas, memarkan
1 sdm irisan gula merah

Panduan Cara Membuat Resep Brongkos Yogyakarta
Setelah kita siapkan semua bahan dan bumbu yang dibutuhkan kita tinggal mulai memasak masakan ini. Yang belum pernah mencobanya silahkan ikuti langkah memasak brongkos yaitu sebagai berikut:
  1. Rebus kacang tolo sampai empuk. Angkat dan sisihkan. Rebus daging sapi, rebus sampai empuk. Angkat dan sisihkan. Goreng tempe sampai kuning kecoklatan. Sisihkan.
  2. Tumis bumbu halus sampai harum dan matang. Tambahkan cabai rawit, daun salam, daun jeruk, serai, lengkuas.
  3. Masukkan kacang tolo dan daging, aduk rata. Beri santan masak sampai santan berkurang. Masukkan tempe goreng, masak dan biarkan sampai bumbu meresap dan kuah tinggal sedikit, angkat, sajikan.
Bagaimana, cara membuat brongkos memang mudah bukan? Pastinya anda dengan gampang bisa menyajikannya sendiri di rumah masing-masing. Jangan lupa untuk mencatat resep ini karena jika baru sekali dua kali mungkin masih bisa lupa. Setelah selesai dengan sajian tersebut anda bisa juga belajar membuat beberapa resep khas Yogyakarta lain yang anda sukai.

Karena besok masih ada acara masak lagi maka saya tunggu anda semua kembali lagi besok untuk belajar masakan baru lainnya. Itu saja, selamat memasak!

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post