» » » » Resep Nasi Hainan Khas Cina dan Cara Membuatnya

Resep Nasi Hainan Khas Cina dan Cara Membuatnya - Menu yang satu ini merupakan menu yang sangat terkenal, menu ini berasal dari cina namanya nasi Hainan khas Cina. Jika anda ingin mencoba salah satu sajian khas luar negeri tersebut silahkan ikuti panduan cara membuatnya pada artikel masakan luar negeri kali ini. Lumayan kan, menu ini bisa dijadikan pelengkap atau pengganti menu roti kukus khas cina yang sebelumnya juga sudah kita coba.

Bahan-bahan untuk membuat nasi Hainan ini tidak banyak dan juga tidak sulit untuk disiapkan. Diantara bahan tersebut pastinya adalah beras sesuai dengan nama hidangannya. Selain bahan dasar beras hidangan khas cina ini juga menggunakan ketan putih, lalu bagaimana dengan bahan-bahan lainnya? Yuk langsung kita siapkan saja semua bahan yang dibutuhkan sesuai daftar bahan dasar di bawah ini.
  • 450 gr beras
  • 50 gr ketan putih
  • 5 cm jahe, dikupas kemudian dicincang
  • 6 siung bawang putih, kupas, cincang
  • 2 sdm minyak wijen, akan kita gunakan untuk menumis
  • 3 sdm minyak goreng, untuk menumis
  • 600 ml kaldu ayam
  • 1 sdt garam (atau sesuai selera)
Kurang lebih itulah bahan-bahan Nasi Hainan Khas Cina yang akan kita gunakan untuk membuat nasi spesial tersebut. Sekarang kita akan langsung memasuki proses pembuatan. Cara membuat nasi Hainan ini selengkapnya sebagai berikut!
  1. Rendam beras dan ketan selama 30 menit, tiriskan. Sementara itu didihkan air dalam dandang
  2. Tumis bawang putih dan jahe sampai harum menggunakan campuran minyak goreng dan minyak wijen, masukkan beras, aduk rata.
  3. Tuangi kaldu dan garam, aduk sampai terserap oleh beras.
  4. Kukus dalam dandang hingga masak (45 menit), angkat. 
  5. Hidangkan bersama Ayam Rebus Hainan.
Selain menggunakan dandang dalam mengukus kita juga dapat menggunakan alat yang lebih mudah yaitu misalnya menggunakan rice cooker. Jika menggunakan rice cooker tipsnya adalah masukkan beras yang telah ditumis bersama bumbu, tuangi kaldu, baru dimasak sampai matang.

Meski cuma kreasi nasi saya yakin sekali menu olahan luar negeri tersebut akan menjadi salah satu alternatif sajian yang dapat diandalkan, apalagi jika sebelumnya kita belum pernah menyajikannya.

Resep Nasi Hainan Khas Cina dan Cara Membuatnya
Sumber: daisycooking.wordpress.com

Masih banyak masakan lain yang patut untuk kita coba selain Nasi Hainan Khas Cina tersebut, misalnya kita bisa mencoba membuat roti cina yang juga lumayan mantaf untuk disajikan. Itu dulu edisi resep luar negeri kali ini, selamat mencoba dan sampai bertemu di hidangan spesial selanjutnya.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post