» » » Gulai Rebung Asam Bengkulu

Hari ini kita akan berbicara mengenai Gulai Rebung Asam khas Bengkulu dan juga bagaimana cara membuat masakan tersebut supaya dapat kita kreasikan atau kita coba di rumah. Bagi yang rindu kampung halaman atau yang ingin mencoba resep lezat gulai rebung ini mari kita ikuti uraian berikut.

Seperti anda tahu, resep sayur sering kali menjadi hal yang banyak dipertimbangkan. Pasalnya jenis sayuran yang tersedia di sekitar kita tidak terlalu banyak sehingga bisa saja membosankan. Maka dari itu sesekali kita bisa menyadikan sebuah menu sayuran yang jarang disajikan, contohnya masakan sayur rebung. 

Rebung adalah batang tunas bambu muda yang biasa digunakan masyarakat lokal untuk dimasak menjadi sayur. Rebung ini bahkan juga menjadi salah satu jenis sayuran yang cukup dikenal di beberapa daerah di Indonesia. Karakteristik rasanya yang unik dan harganya yang relatif murah membuat bahan rebung cukup disukai.

Namun begitu, dalam memasak sayur rebung tersebut tentunya harus dipilih resep masakan yang benar-benar sesuai. Sebagai contoh, umumnya rebung dimasak santan dengan kuah yang cukup kental dan gurih. Lalu bagaimana dengan resep dari Bengkulu yang akan segera kita coba, apakah cukup lezat?

Ya, tentu saja untuk mengetahui lezat dan tidaknya sayur gulai rebung tersebut anda harus berani mencobanya sendiri. Jangan khawatir, anda bisa mencoba memasak salah satu aneka sayur rebung dengan panduan yang disediakan. Lebih jelas, mari kita mulai saja!

Rebung adalah bahan makanan nabati yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Rebung mengandung energi sebesar 27 kilokalori, protein 2,6 gram, karbohidrat 5,2 gram, lemak 0,3 gram, kalsium 13 miligram, fosfor 59 miligram, dan zat besi 1 miligram. 

Selain itu di dalam Rebung juga terkandung vitamin A sebanyak 20 IU, vitamin B1 0,15 miligram dan vitamin C 4 miligram. Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Rebung, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 65 %. (Source: http://keju.blogspot.com)

Menurut Amelinda Angela, STP, peneliti dari Nutrifood Research Centre, dalam satu cangkir irisan rebung hanya mengandung 14 kalori dan sepertiga lemak. Dalam porsi yang sama justru mengandung 1,2 gram serat. Setara dengan setengah porsi nasi merah. 

Serat dibutuhkan oleh tubuh sebagai pelancar pencernaan dan bisa mencegah timbulnya berbagai penyakit kardiovaskular. Seperti penyumbatan pembuluh darah, hipertensi, penyakit jantung koroner, serta kolesterol berlebih. (Source: http://www.readersdigest.co.id)

A. Bahan untuk Gulai Rebung Asam

Sebelum kita sampai pada menyiapkan bahan-bahan untuk gulai asam ini saya akan sedikit mengingatkan beberapa kandungan gizi yang terdapat dalam bahan utama masakan rebung asam ini yaitu rebung bambu. Bahan lain yang digunakan pada masakan ini selain rebung adalah ikan bawal atau ikan kakap. Bahan-bahan selengkapnya dapat disiapkan sebagai berikut:
  • ½ kg rebung, potong korek api
  • ½ kg ikan bawal/kakap atau lainnya
  • 1 ltr santan dari 1 btr kelapa
  • 2 cm jahe, memarkan
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 3 lbr daun salam
  • 1 btg serai
  • 2 btg daun bawang, potong 1 cm
  • 3 btr asam kandis
  • 1 papan petai
Bahan bumbu yang dihaluskan
  • 3 siung bawang putih
  • 3 bh bawang merah
  • 7 bh cabai keriting
  • 2 cm kunyit
  • 1 sdm garam

Sudah disiapkan semua yang dibutuhkan? Buruan, kita akan segera membahas langkah-langkah berikutnya untuk menyuguhkan menu gulai tersebut. Jangan sampai ketinggalan ya, apalagi malas mencoba.

B. Cara Membuat Gulai Rebung Asam Bengkulu

Di atas telah kita siapkan semua bahan dan bumbu yang akan kita gunakan untuk memasak sayur rebung kali ini. Nah, lalu pertanyaan selanjutnya bagaimanakah proses pembuatan gulai rebung ala Bengkulu tersebut?

Ya, tidak jauh berbeda dengan beberapa menu sayur dari bahan rebung yang lain. Agar lebih jelas kita ikuti langkah demi langkah berikut.
  1. Rebus santan sambil diaduk hingga mendidih.
  2. Masukkan bumbu halus dan bumbu yang dimemarkan.
  3. Tambahkan ikan, masak sambil diaduk.
  4. Masukkan rebung masam dan petai. 
  5. Setelah matang tambahkan daun bawang, aduk sebentar lalu angkat dan hidangkan.

Tidak begitu sulit bukan? Nah, yang terpenting adalah dengan mencoba resep tersebut maka kita memiliki tambahan resep lain yang bisa kita gunakan untuk masakan sehari-hari. Dengan demikian kita akan memiliki lebih banyak resep untuk keluarga tercinta.
resep sayur rebung

Mudah bukan untuk membuat menu gulai rebung tersebut? Jika sobat juga ingin mencoba yang lain, saya juga sebelumnya telah membahas mengenai Membuat Ikan Pais Khas Bengkulu yang Lemak Rasonyo yang juga lengkap dengan panduan memasaknya. Semoga masakan dari bengkulu yang satu ini dapat mengobati kerinduan netter yang berada di perantauan. Terima kasih, selamat menikmati

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post